Sukses

Pipis Berceceran di Toilet Umum China Bakal Didenda

Pria mana yang pipis berceceran di toilet umum bakal didenda 100 yuan.

Pemerintah Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China memberlakukan aturan baru kepada para kaum adam. Pria mana yang pipis berceceran di toilet umum bakal didenda cukup besar.

Aturan ini mulai berlaku di Shenzhen pada September 2013 mendatang. Apabila ada lelaki yang kedapatan kencing berceceran, ia akan didenda 100 yuan atau sekitar Rp 1,1 juta.

"Ini dibuat untuk mencegah adanya pria yang pipis seenaknya di toilet umum," kata salah satu pejabat Kota Shenzhen, seperti dimuat BBC, Rabu (21/8/2013).

Meski pemerintah optimis, warga Shenzen justru banyak yang mengkritik aturan itu. Lewat Weibo, jejaring sosial serupa Twitter, para warga mengungkapkan tidak setuju.

Media Beijing Times menuliskan aturan ini belum perlu, karena lebih penting jika pemerintah menyosialisasikan atau memberi peringatan terlebih dahulu kepada para warga.

"Diharap pemerintah bisa memberlakukan aturan yang lebih simpel," tulis Beijing Times. (Riz/Ein)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini