Sukses

Renggut Nyawa Pemain, Cirque du Soleil Hapus Aksi Akrobat `Maut`

"Awalnya banyak orang berpikir peristiwa itu merupakan bagian dari pertunjukan," kata penonton bernama Mosqueda.

Cirque du Soleil di Las Vegas, Amerika Serikat kembali mengadakan pertunjukkan, pasca-insiden maut yang menewaskan salah satu pemain akrobatnya, Sarah Guillot-Guyard. Sirkus kembali digelar Selasa 16 Juli 2013 besok, 17 hari pasca-tewasnya sang akrobatik.

Juru bicara sirkus, Renee-Claude Menard menyatakan, pertunjukan akan diulang tanpa aksi menari di udara, yang menyebabkan tewasnya Sarah.

"Pertunjukan ulang ini digelar setelah kami berdiskusi dengan manajemen pemain sirkus. Dan penampilan besok akan didedikasikan untuk mengenang Sarah," kata Renee-Claude, seperti dimuat News.com.au, Senin (15/7/2013).

Sarah yang berasal Prancis ini tewas saat tampil dalam pertunjukan berjudul "Ka" di panggung Hotel MGM Grand, Las Vegas, 29 Juni 2013 lalu.

Perempuan bertubuh lentur itu tewas setelah terjatuh dari ketinggian 15 meter saat menampilkan aksi menari bergelantungan di udara dengan menggunakan tali pengaman. Namun, rupanya tali pengaman yang mengikat ibu dua anak itu ternyata lepas dan membuatnya terjatuh.

Seorang penonton, Dam Mosqueda kepada harian The Las Vegas Sun mengatakan pesirkus 31 tahun itu sedang berayun ke sisi panggung,  lantas kemudian nampak ia terjatuh dari kabel pengaman menghunjam ke lantai.

"Awalnya banyak orang berpikir peristiwa itu merupakan bagian dari pertunjukan," kata Mosqueda, yang dimuat BBC.

Petugas medis secara resmi menyatakan, insiden yang menimpa Sarah ini murni kecelakaan.

Pendiri Cirque du Soleil, Guy Laliberte menyatakan pujiannya terhadap Sarah yang telah menjadi pemain akrobat selama 20 tahun lebih.

"Hati saya hancur. Saya berharap bisa sampaikan rasa duka cita lebih mendalam kepada keluarganya. Dengan insiden ini, kita diperingatkan betapa luar biasanya setiap penampilan seorang pemain sirkus setiap malam," kata Laliberte.

Pertunjukan Ka merupakan pertunjukan yang menampilkan tarian, akrobatik dan pertunjukan seni dengan kembang api serta akrobat udara yang rumit dan menjadi tontonan reguler di Las Vegas. Jutaan orang di seluruh dunia telah menyaksikan pertunjukan Cirque du Soleil setiap tahunnya. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.