Sukses

Sadis, Video Pastor Dipenggal Pemberontak Suriah Beredar

Video tersebut diketahui diambil dari kamera ponsel oleh pemberontak Suriah.

Perang saudara di Suriah terus berlanjut. Tembakan senjata api, bom, dan artileri kian bergema. Pembantaian sadis terhadap warga pun terjadi.

Seperti yang dilakukan pemberontak Suriah kepada seorang pastor yang jelas tidak bersalah. Kelompok penentang pemerintah Suriah itu tega memenggal kepala pastor bernama Francois Murad. Video pemenggalannya pun sengaja disebar di internet.

Seperti dimuat Daily Mail, Selasa (2/7/2013), video tersebut disebar di situs berbagi video LiveLeak. Video diketahui diambil dari kamera telepon seluler (ponsel) oleh pemberontak Suriah.

Dalam video itu terlihat Pastor Francois mengenakan jubah cokelat. Ia duduk bersila di padang rumput dengan tangan diikat dan dikelilingi sekelompok orang.

Tubuh pastor tersebut kemudian ditarik ke depan hingga wajahnya menyentuh rumput. Tak lama ia dipenggal. Saat itu, kerumunan orang langsung menutup kamera yang merekam adegan sebelumnya.

Kebenaran pemenggalan pembunuhan sadis terhadap pastor Francois ini dikonfirmasi oleh situs Catholic.org. "Teroris Suriah memenggal pastor Katolik yang dituduh membantu rezim (Presiden Suriah) Assad. Namun tuduhan tersebut belum bisa dibuktikan," demikian laporannya.

Fides News Agency menyebutkan, awalnya biara di dekat tempat pastor Francois menetap diserang kelompok anggota militan terkait kelompok Jabhat al-Nusra yang dikenal sebagai jaringan Al-Qaeda. Kemudian pastor Francois ditangkap.

Namun Fides News Agency tidak menyebutkan lebih lanjut tentang pemenggalan pastor Francois. Namun dipastikan sang pastor telah meninggal. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.