Sukses

[VIDEO] Adu Panco Unik! Tak Pakai Tangan, Tapi Jempol Kaki

Aturannya hampir sama dengan adu panco tangan.

Tentu kita semua tahu adu panco dilakukan menggunakan tangan. Tapi kalau di Inggris, lain lagi ceritanya. Adu panco dilakukan menggunakan jempol kaki.

Tontotan unik lagi menarik itu bisa dilihat di Derbyshire, East Midlands, Inggris, dalam kejuaraan adu jempol kaki bertajuk 'Toe Wrestling Championships'.

Perlombaan ini tidak hanya menarik perhatian warga Inggris, tapi juga orang-orang di seluruh dunia. Ini lantaran jempol kaki yang digunakan untuk mengadu kekuatan, bukan tangan, tak lazim dilihat di tempat lain.

"Ini seperti adu panco. Tapi menggunakan jari kaki," kata juara bertahan 10 kali, Alan 'Nasty' Nash, seperti dilansir International Business Times, Selasa (11/6/2013).

Aturannya hampir sama dengan adu panco tangan. Tapi yang ini menggunakan jempol kaki. Jempol siapa yang berhasil menjatuhkan jempol lawan, dialah pemenangnya. Kaki saling beradu menggunakan media papan penyangga sebagai pembatas.

Sebelum adu panco jempol kaki dimulai, para pemain harus melepaskan sepatu dan kaus kakinya terlebih dahulu. Uniknya, pemain harus melepas sepatu dan kaus kaki lawannya. "Adu panco jempol kaki adalah olahraga yang unik. Tidak semua orang bisa memainkannya," jelas Alan Nash.

Sebelum aba-aba "toedown!" diteriakkan, para pemain harus menyatukan jari kakinya. Setiap kaki pemain harus berada pada posisi sama rata.

Kaki kedua pemain diletakkan pada sebuah bingkai yang terbuat dari kayu bernama toedium. Sedangkan tumitnya dipijakkan pada bingkai kayu yang disebut toesrac.

Setelah aba-aba diteriakkan, si penantang mencoba untuk melakukan pin atau gerakan menangkap alias menjerat kaki lawan selama 3 detik. Saat itu, sang lawan harus berusaha menghindarinya. Pinning dicapai dengan menempatkan satu kaki di kaki lawan yang sama.

"Adu panco jempol kaki merupakan olahraga minoritas, tapi banyak orang yang tertarik mengikutinya," kata wasit olahraga ini, Dave Mellor.

Kejuaraan dunia adu panco jempol kaki pertama kali dimulai di Wetton, sebuah desa kecil di Distrik Staffordshire, Inggris, pada sekitar 1970-an. Tahunini, kejuaraan digelar di Derbyshire, Inggris, pada 8 Juni lalu.

Pemenangnya adalah Becca Beech dalam kompetisi adu panco wanita dan Alan Nash untuk lomba antarpria. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini