Sukses

Qatar Selidiki Kematian Pekerja asal Filipina di Lokasi Piala Dunia

Qatar menyelidiki kematian seorang pekerja asal Filipina di lokasi Piala Dunia.

Liputan6.com, Doha - Qatar telah meluncurkan penyelidikan keselamatan kerja atas kematian seorang pekerja, kata pejabat Qatar pada Kamis (9 Desember), setelah laporan bahwa seorang pria Filipina meninggal di tempat pelatihan selama Piala Dunia sepak bola, ditandai dengan kontroversi atas perlakuan terhadap pekerja migran.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (9/12/2022), Nasser Al Khater, Kepala Eksekutif Piala Dunia 2022 di Doha, mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa seorang pekerja meninggal, tanpa memberikan rinciannya, dan menyatakan bahwa "kematian adalah bagian alami dari kehidupan" sambil menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya.

Sebuah publikasi olahraga online The Athletic melaporkan pada hari Rabu bahwa seorang pria Filipina yang dikontrak untuk memperbaiki lampu di tempat parkir di Sealine Resort, tempat latihan tim nasional Saudi, meninggal setelah dia "terpeleset dari tanjakan saat berjalan di samping kendaraan dan jatuh dengan kepala lebih dulu."

Mengutip beberapa sumber tanpa nama, dikatakan kecelakaan itu terjadi selama Piala Dunia, tetapi tidak menyebutkan kapan insiden itu terjadi. 

Namun, resor pun tidak segera menanggapi permintaan Reuters.

"Jika penyelidikan menyimpulkan bahwa protokol keselamatan tidak diikuti, perusahaan akan dikenai tindakan hukum dan sanksi keuangan yang berat," kata pejabat pemerintah Qatar lainnya dalam sebuah pernyataan saat dihubungi oleh Reuters.

"Tingkat kecelakaan terkait pekerjaan secara konsisten menurun di Qatar sejak standar kesehatan dan keselamatan yang ketat diperkenalkan dan penegakan hukum telah ditingkatkan," kata pejabat itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Qatar Diawasi Kelompok HAM

Qatar semakin diawasi oleh kelompok hak asasi manusia sejak diberikan hak tuan rumah Piala Dunia pada 2010 atas perlakuannya terhadap pekerja migran, yang merupakan mayoritas penduduk negara Teluk Arab itu.

Turnamen, yang pertama diadakan di Timur Tengah di mana negara-negara lain juga menghadapi kritik atas hak-hak pekerja migran, telah terperosok dalam kontroversi dengan beberapa bintang sepak bola dan pejabat Eropa yang mengkritik catatan hak asasi manusia Qatar, termasuk hak-hak buruh, LGBT+ dan perempuan. 

3 dari 4 halaman

Kematian Pekerja Migran di Piala Dunia

Penyelenggara Piala Dunia Qatar, Komite Tertinggi untuk Pengiriman dan Warisan, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak terlibat dalam penyelidikan Qatar karena "almarhum bekerja sebagai kontraktor, bukan di bawah wewenang SC".

Jumlah kematian terkait pekerjaan di Qatar masih diperdebatkan.

Guardian Inggris melaporkan tahun lalu bahwa setidaknya 6.500 pekerja migran - banyak dari mereka bekerja pada proyek Piala Dunia - telah meninggal di Qatar sejak memenangkan hak untuk menggelar acara tersebut, menurut perhitungan surat kabar dari catatan resmi.

4 dari 4 halaman

Kata Pihak Berwenang

Sebagai tanggapan, Qatar mengatakan jumlah kematian sebanding dengan jumlah tenaga kerja migran, dan termasuk banyak pekerja non-manual, menambahkan bahwa setiap nyawa yang hilang adalah sebuah tragedi.

SC mengatakan bahwa tiga kematian terkait pekerjaan dan 37 kematian tidak terkait pekerjaan telah terjadi pada proyek terkait Piala Dunia.

"Kematian adalah bagian alami dari kehidupan, baik itu di tempat kerja, maupun saat Anda tidur," kata Khater menyuarakan kekecewaan atas pertanyaan wartawan tentang laporan The Athletic.

"Kami berada di tengah-tengah Piala Dunia. Dan kami memiliki Piala Dunia yang sukses. Dan ini adalah sesuatu yang ingin Anda bicarakan sekarang?" katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.