Sukses

Bertemu Xi Jinping, Presiden Palestina Sebut China Sahabat Sejati

Presiden China Xi Jinping pada Kamis bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Riyadh.

Liputan6.com, Riyadh - Presiden China Xi Jinping pada Kamis bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Riyadh.

Xi menunjukkan bahwa persahabatan China-Palestina sangat dihargai oleh rakyat mereka, menambahkan bahwa selama lima dekade terakhir dan lebih, kedua belah pihak selalu percaya dan mendukung satu sama lain.

Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, China selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan sah bangsa mereka, dan selalu berdiri bersama rakyat Palestina, kata Xi.

Dikutip dari Xinhua, Jumat (9/12/2022) Komunitas internasional harus memprioritaskan masalah Palestina dalam agenda internasional, tetap pada arah solusi dua negara dan prinsip "tanah untuk perdamaian", dan memfasilitasi dimulainya kembali pembicaraan damai berdasarkan resolusi PBB yang relevan dan Perdamaian Arab.

Inisiatif, kata Xi, menambahkan bahwa China akan terus bekerja untuk solusi awal, adil an berjangka panjang untuk masalah Palestina.

Tahun depan menandai peringatan 35 tahun hubungan China-Palestina, Xi menekankan perlunya kedua belah pihak membuat rencana yang baik untuk merayakan hari jadi tersebut.

Kedua negara menandatangani dokumen kerja sama pariwisata, secara aktif memajukan negosiasi untuk perjanjian perdagangan bebas China-Palestina dan berhasil mengadakan sesi kedua Komite Bersama untuk Kerjasama Ekonomi, Perdagangan dan Teknis, kata Xi.

Xi juga menambahkan bahwa China telah menyediakan sejumlah besar vaksin dan perlengkapan anti-COVID lainnya untuk pengungsi Palestina, dan akan terus melakukan apa yang dapat dilakukan untuk membantu Palestina mengembangkan ekonominya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

China Puji Partisipasi Palestina

China memuji partisipasi aktif Palestina dan upaya untuk mempromosikan kerja sama kolektif antara China dan negara-negara Arab, dan akan meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan Palestina dalam memajukan hubungan China-Arab dan menyampaikan Inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global, kata Xi.

Sementara itu, Abbas mengatakan bahwa orang-orang Palestina sangat bangga dengan hubungan persahabatan mereka dengan orang-orang China, menambahkan bahwa China adalah teman Palestina yang tulus dan dapat dipercaya dan selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina dengan menawarkan Palestina secara menyeluruh.

Semua rakyat Palestina memiliki kasih sayang yang tulus untuk rakyat China, katanya, mencatat bahwa posisi China di panggung internasional adil dan adil, dan inisiatif serta proposisinya positif dan konstruktif.

 

3 dari 3 halaman

Komitmen China-Palestina

Menunjukkan bahwa Palestina berdiri teguh dengan China, Abbas menegaskan kembali komitmen teguh Palestina terhadap prinsip satu-China dan dukungan kuat untuk posisi China yang adil dalam isu-isu yang berkaitan dengan Taiwan, Hong Kong, dan Xinjiang.

Palestina dengan tegas mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kerja sama Sabuk dan Jalan dan siap untuk bekerja dengan China untuk terus memperkuat kerja sama di semua bidang, kata Abbas, seraya menambahkan bahwa Palestina berharap dapat bekerja sama dengan China untuk mengadakan KTT Negara-negara China-Arab pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.