Sukses

Sempat Diskors Saat Jadi PM, Prayut Chan-o-cha Maju Jadi Calon Presiden

Prayut Chan-o-cha mencalonkan diri jadi kandidat presiden.

Liputan6.com, Bangkok - Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan pada Selasa (6/12) bahwa dia ingin memerintah sampai tahun 2025. Ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa dia berencana untuk mencalonkan diri dalam pemilihan umum kerajaan yang akan datang.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (7/12/2022), Thailand akan mengadakan pemungutan suara awal tahun depan dan pada hari Selasa oposisi utama partai Pheu Thai meluncurkan beberapa tema kampanyenya.

Tanggal pemilihan belum diputuskan. Tetapi jika tidak dibubarkan lebih awal, parlemen akan mengakhiri masa jabatannya pada bulan Maret, dengan persiapan pemungutan suara pada bulan Mei.

Prayut berkuasa sebagai panglima militer dalam kudeta tahun 2014 sebelum memperkuat posisinya dalam Pemilu 2019 yang kontroversial, tetapi popularitasnya sedang lesu.

Pheu Thai naik tinggi dalam jajak pendapat tetapi konstitusi Thailand saat ini, yang dirancang di bawah pemerintahan militer, menyusun sistem yang mendukung partai-partai yang terkait dengan militer.

Pada bulan September, Mahkamah Konstitusi memutuskan batas masa jabatan delapan tahun Prayut sebagai PM akan berakhir pada tahun 2025 , dan ketika dia meninggalkan rapat kabinet mingguan pada hari Selasa dia ditanya tentang rencananya.

"Saya akan melakukan yang terbaik dalam dua tahun ini dan setelah itu, akan ada pilihan yang sesuai yang diterima publik untuk melanjutkan pekerjaan saya," katanya kepada wartawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Meninggalkan Partai

Prayut secara luas diperkirakan akan meninggalkan Partai Palang Pracharath, yang memimpin koalisi yang berkuasa saat ini, dan bergabung dengan partai baru yang diperkirakan dibentuk khusus untuknya, sebelum pemilihan.

Tetapi pada hari Selasa dia menolak untuk mengkonfirmasi rumor tersebut, dengan mengatakan "Saya akan membicarakannya nanti".

3 dari 4 halaman

Sempat Diskors

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi Thailand pada Rabu (24 Agustus) menskors Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha dari tugas resmi setelah memutuskan untuk mendengarkan petisi untuk meninjau batas masa jabatan delapan tahun yang diamanatkan secara hukum.

Pengadilan mengumumkan langkah itu dalam pernyataan tertulis yang dikirim ke media.

“Pengadilan telah mempertimbangkan permohonan dan dokumen yang menyertainya. Ia memandang fakta-fakta yang termasuk dalam petisi menghadirkan keraguan yang masuk akal bahwa petisi itu memiliki alasan," bunyi pernyataan itu.

"Oleh karena itu, mencapai suara mayoritas (5:4) bagi responden untuk menangguhkan tugas perdana menteri mulai 24 Agustus 2022 hingga pengadilan memberikan putusan."

Prayut diharuskan memberikan klarifikasi kepada pengadilan dalam waktu 15 hari setelah menerima salinan permintaan, tambah pengadilan.

Keputusan untuk mengadili kasus yang diajukan oleh pihak oposisi sudah bulat.

4 dari 4 halaman

Jabatan Lebih dari 8 Tahun

Konstitusi Thailand tahun 2017 melarang perdana menteri menjabat lebih dari delapan tahun secara total, dan partai-partai oposisi mengatakan Prayut, yang mengambil alih kekuasaan dalam kudeta 2014, telah mencapai batas.

Pendukung pemimpin berusia 68 tahun itu mengatakan dia telah menjadi perdana menteri sejak 2017 - ketika konstitusi rancangan tentara saat ini diterapkan - atau pada 2019, ketika dia secara kontroversial memenangkan pemilihan nasional yang tertunda.

Jika pengadilan mengikuti logika ini, Prayut secara teknis dapat terus menjabat hingga 2025 atau 2027 - jika dia memenangkan pemilihan umum yang dijadwalkan pada Maret.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.