Sukses

Korea Utara Tembak 130 Peluru Artileri ke Lepas Pantai Timur-Barat, Korsel Kirim Peringatan

Militer Korea Selatan mengatakan Korut telah menembakkan 100 lebih peluru artileri dalam sebuah latihan militer.

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara menembakkan sekitar 130 peluru artileri ke laut lepas pantai timur dan baratnya pada Senin (5 Desember), kata militer Korea Selatan. Penembakan itu disebut terjadi dalam latihan militer terbaru di dekat perbatasan bersama mereka.

Beberapa peluru mendarat di zona penyangga dekat perbatasan laut yang menurut Seoul merupakan pelanggaran terhadap perjanjian antar-Korea 2018, yang dirancang untuk mengurangi ketegangan.

"Militer Korea Selatan mengirim beberapa komunikasi peringatan ke Korea Utara atas penembakan tersebut," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (5/12/2022).  

Korea Utara sejauh ini belum melaporkan tembakan artileri tersebut, tetapi telah melakukan peningkatan jumlah kegiatan militer, termasuk peluncuran rudal dan latihan oleh pesawat tempur dan unit artileri.

Korea Selatan dan Amerika Serikat juga telah meningkatkan latihan militer tahun ini, dengan mengatakan bahwa latihan itu diperlukan untuk mencegah Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Comprehensive Military Agreement (CMA) atau Perjanjian Militer Komprehensif 2018 adalah kesepakatan paling substantif yang dihasilkan dari pertemuan berbulan-bulan antara pemimpin Kim Jong-Un dan Presiden Korea Selatan saat itu Moon Jae-in.

Namun, dengan pembicaraan yang lama terhenti, latihan baru-baru ini dan unjuk kekuatan di sepanjang perbatasan berbenteng antara kedua Korea telah menimbulkan keraguan tentang masa depan tindakan tersebut. Korea Selatan menuduh Korea Utara berulang kali melanggar perjanjian dengan latihan artileri tahun ini.

Tahun ini, Korea Utara kembali menguji long-range intercontinental ballistic missiles (ICBM) atau rudal balistik antarbenua jarak jauh untuk pertama kalinya sejak 2017, dan Korea Selatan serta Amerika Serikat mengatakan telah membuat persiapan untuk melanjutkan uji coba nuklir juga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korut Eksekusi Mati 2 Remaja Penyebar Drama Korea Pakai Regu Tembak

Sebelumnya, Korea Utara (Korut) dilaporkan telah mengeksekusi tiga remaja secara terbuka menggunakan regu tembak. Dua di antaranya karena menonton dan mendistribusikan film Korea Selatan dan satu lainnya akibat membunuh ibu tirinya, dua sumber yang menyaksikannya mengatakan kepada Radio Free Asia (RFA).

"Dugaan kejahatan yang dilakukan oleh remaja, diperkirakan berusia 16 atau 17 tahun, sama-sama jahat," kata pihak berwenang kepada warga yang ketakutan, yang dipaksa untuk menonton, kata sumber tersebut.

"Mereka mengatakan, 'Mereka yang menonton atau mendistribusikan film dan drama Korea Selatan, dan mereka yang mengganggu ketertiban sosial dengan membunuh orang lain, tidak akan diampuni dan akan dihukum hukuman mati maksimum'," penduduk Kota Hyesan, di perbatasan dengan China, tempat eksekusi berlangsung, mengatakan kepada RFA untuk Korea.

Eksekusi mati dilakukan pada bulan Oktober di sebuah lapangan terbang di kota itu, kata penduduk tersebut.

"Penduduk Hyesan berkumpul berkelompok di landasan," katanya. "Pihak berwenang menempatkan siswa remaja di depan umum, menghukum mati mereka, dan segera menembak mereka."

Eksekusi semacam itu jarang terjadi di Korea Utara, tetapi bukannya tidak pernah terdengar. Pihak berwenang biasanya akan menggunakan eksekusi untuk menakut-nakuti orang agar berperilaku seperti yang mereka inginkan.

Eksekusi terjadi sekitar seminggu setelah pihak berwenang mengadakan pertemuan publik untuk memberi tahu publik bahwa mereka akan bersikap keras terhadap kejahatan yang melibatkan media asing, terutama dari Korea Selatan yang lebih makmur dan demokratis.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Ambisi Kim Jong-un Jadikan Korea Utara Miliki Kekuatan Nuklir Terkuat di Dunia

Belum lama ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan tujuan akhir negaranya adalah untuk memiliki kekuatan nuklir paling kuat di dunia, saat ia mempromosikan puluhan perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik terbesar Korea Utara baru-baru ini, media pemerintah melaporkan pada hari Minggu (27 November).

Dilansir Channel News Asia, Senin (28/11/2022), pengumuman itu muncul setelah Kim memeriksa uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) baru Hwasong-17 negara itu pada 18 November, dan berjanji untuk melawan ancaman nuklir AS dengan senjata nuklir.

Membangun kekuatan nuklir adalah untuk melindungi martabat dan kedaulatan negara dan rakyat secara andal, dan "tujuan utamanya adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ini", kata Kim.

Dia menyebut Hwasong-17 sebagai "senjata strategis terkuat di dunia" dan mengatakan itu menunjukkan tekad dan kemampuan Korea Utara untuk akhirnya membangun tentara terkuat di dunia.

Ilmuwan Korea Utara telah membuat "lompatan luar biasa dalam pengembangan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir pada rudal balistik", dan diharapkan untuk memperluas dan memperkuat kemampuan penangkal nuklir negara itu dengan kecepatan yang luar biasa cepat, lanjut Kim kemudian.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Xi Jinping Siap Bekerjasama dengan Kim Jong-un untuk Perdamaian Dunia

Sementara baru-baru ini Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bahwa Beijing bersedia bekerja sama dengan Pyongyang untuk perdamaian dunia, kata media pemerintah Korea Utara pada Sabtu (26 November).

Pesan dari Xi datang beberapa hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua dalam salah satu uji cobanya yang paling kuat, menyatakan akan memenuhi ancaman nuklir AS yang dirasakan dengan nukesnya sendiri.

Enam+02:44VIDEO: Pentagon Ungkap Estimasi Ekspansi Nuklir Tiongkok Korea Utara telah melakukan serangan kilat peluncuran rudal yang memecahkan rekordalam beberapa pekan terakhir dan kekhawatiran telah berkembang bahwa mereka sedang membangun uji coba nuklir ketujuh, yang pertama sejak 2017.

Dalam pesannya kepada Kim, Xi mengatakan Beijing siap bekerja sama dengan Korea Utara untuk "perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran kawasan dan dunia", demikian yang dilaporkan Korean Central News Agency (KCNA) resmi Pyongyang, dikutip dari Channelnewsasia, Sabtu (26/11/2022).

Xi mengatakan dia bersedia berkolaborasi dengan Pyongyang karena "perubahan di dunia, waktu, dan sejarah terjadi dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya", kata KCNA, mengutip dari pesan yang dikatakannya diterima sebagai tanggapan atas ucapan selamat dari Kim setelah Kongres Partai Komunis China bulan lalu memberi Xi masa jabatan ketiga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.