Sukses

Moskow Kritik Balik Langkah Negara G7 Tetapkan Pembatasan Harga Minyak Rusia

Rusia mengatakan pada Sabtu (3/12) bahwa pihaknya akan terus aktif dalam mencari pembeli minyak mentahnya. Moskow menyebut tindakan pemerintah Barat untuk menerapkan batasan harga pada ekspor minyaknya sebagai upaya “berbahaya.”

Liputan6.com, Moskow - Rusia mengatakan pada Sabtu (3/12) bahwa pihaknya akan terus aktif dalam mencari pembeli minyak mentahnya. Moskow menyebut tindakan pemerintah Barat untuk menerapkan batasan harga pada ekspor minyaknya sebagai upaya “berbahaya.”

Koalisi negara-negara Barat yang dipimpin oleh kelompok negara-negara G7 sepakat pada Jumat (2/12) untuk membatasi harga minyak lintas laut Rusia di angka $60 per barel.

Mereka ingin membatasi pendapatan Moskow, dan mengekang kemampuannya untuk membiayai invasi ke Ukraina, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (4/11/2022).

Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat tinggi Kremlin telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan memasok minyak ke negara-negara yang menerapkan pembatasan harga.

Dalam komentar yang dipublikasikan di Telegram, Kedutaan Rusia di Amerika Serikat mengkritik apa yang dikatakannya sebagai "pembentukan kembali" prinsip pasar bebas dan menegaskan kembali bahwa minyaknya akan terus diminati meskipun ada langkah-langkah pembatasan tersebut.

"Langkah-langkah seperti ini pasti akan menghasilkan peningkatan ketidakpastian dan membebankan biaya yang lebih tinggi untuk konsumen bahan baku," katanya.

"Terlepas dari tekanan saat ini dengan instrumen berbahaya dan tidak sah (itu), kami yakin minyak Rusia akan terus diminati."

Batas harga G7 akan memungkinkan negara-negara non-Uni Eropa untuk terus mengimpor minyak mentah Rusia melalui laut. Namun, kebijakan itu akan melarang perusahaan pengiriman, dan asuransi, untuk menangani kargo minyak mentah Rusia di seluruh dunia, kecuali jika minyak tersebut dijual dengan harga kurang dari patokan yang telah disepakati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Negara G7

Dalam pernyataan bersama, G7 dan Australia mengumumkan penetapan batas harga minyak Rusia yang akan mulai berlaku pada 5 Desember atau "segera setelahnya".

Itu terjadi setelah Uni Eropa menyetujui batas harga setelah membujuk Polandia untuk mendukungnya, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (3/12/2022).

Rencana itu, yang menghentikan negara-negara membayar lebih dari $60 (€57; £48) per barel, membutuhkan persetujuan dari semua negara Uni Eropa.

Polandia mengumumkan dukungannya pada hari Jumat setelah diyakinkan bahwa batas akan dijaga pada 5% lebih rendah dari tingkat pasar.

Batas harga diajukan oleh kelompok negara G7 pada bulan September dan bertujuan untuk menghentikan Rusia mendapat untung dari ekspor minyak sambil menghindari lonjakan harga.

Telah dilaporkan bahwa UE ingin menetapkan batas pada $ 65-70 tetapi ini ditolak oleh Polandia, Lithuania dan Estonia karena terlalu tinggi.

Warsawa ingin nilainya serendah mungkin dan telah bertahan sementara itu memeriksa mekanisme penyesuaian yang akan menjaga batas di bawah tingkat pasar karena harga minyak berubah.

Pada hari Jumat, minyak mentah Ural Rusia diperdagangkan pada $ 64 per barel.

 

3 dari 3 halaman

Mencegah Rusia Mengambil Untung dari Perang Ukraina

Keputusan untuk memberlakukan batas harga diambil untuk "mencegah Rusia mengambil untung dari perang agresinya melawan Ukraina," bunyi pernyataan bersama itu.

Ia mengatakan langkah itu bertujuan untuk "mendukung stabilitas di pasar energi global dan untuk meminimalkan limpahan ekonomi negatif dari perang agresi Rusia, terutama pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, yang telah merasakan dampak perang Putin secara tidak proporsional".

Kesepakatan batas harga datang hanya beberapa hari sebelum larangan seluruh UE terhadap minyak mentah Rusia yang diimpor melalui laut mulai berlaku, juga pada 5 Desember.

Batas harga - yang dimaksudkan untuk mempengaruhi ekspor minyak di seluruh dunia - dimaksudkan untuk melengkapi itu.

Negara-negara yang mendaftar ke kebijakan yang dipimpin G7 hanya akan diizinkan untuk membeli minyak dan produk minyak bumi yang diangkut melalui laut yang dijual pada atau di bawah batas harga.

Sekutu barat Ukraina berencana untuk menolak asuransi untuk kapal tanker yang mengirimkan minyak Rusia ke negara-negara yang tidak mematuhi batas harga. Ini akan menyulitkan Rusia untuk menjual minyak di atas harga itu.

Para menteri keuangan G7 mengatakan pada bulan September bahwa rencana mereka untuk membatasi harga minyak mentah Rusia akan mengurangi pendapatan minyak Moskow dan kemampuannya untuk "mendanai perang agresinya".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.