Sukses

Pemindahan 1.000 Buaya dari Penangkaran India ke Kebun Binatang Milik Miliarder Picu Kritik

Pusat penangkaran buaya di India sedang dalam proses pemindahan 1.000 buaya ke kebun binatang yang terletak sekitar 1.931 km (1.200 mil) jauhnya - dan dimiliki oleh miliarder Mukesh Ambani.

Liputan6.com, Chennai - Pusat penangkaran buaya di India sedang dalam proses pemindahan 1.000 buaya ke kebun binatang yang terletak sekitar 1.931 km (1.200 mil) jauhnya - dan dimiliki oleh miliarder Mukesh Ambani.

Tahun lalu regulator kebun binatang India menyetujui pemindahan buaya mugger dari Madras Crocodile Bank Trust di negara bagian selatan Tamil Nadu ke Greens Zoological Rescue and Rehabilitation Centre di negara bagian barat Gujarat.

Sekitar 300 buaya telah dipindahkan ke Gujarat sejauh ini, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (3/12/2022).

Pejabat pusat penangkaran seluas 8,5 hektar itu mengatakan buaya-buaya itu sedang direlokasi karena kepadatan di rumah asli mereka menyebabkan perkelahian.

"Karena kelebihan populasi di bank, ratusan telur buaya dihancurkan setiap tahun," kata Nikhil Whitaker, kurator pusat tersebut.

"Keputusan untuk memindahkan buaya diambil untuk memberi mereka ruang yang lebih baik untuk ditinggali," tambahnya.

Selama bertahun-tahun, bank telah mengirim buayanya ke kawasan lindung dan kebun binatang di seluruh India. Namun, ini adalah pertama kalinya sejumlah besar buaya digeser.

Kebun binatang seluas 425 hektar, tiga tahun di Gujarat telah mengatakan dalam laporan tahunan terbarunya bahwa buaya "akan diberi ruang, makanan, dan perawatan yang memadai".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penangkaran Buaya Chennai

Pusat penangkaran di dekat kota Chennai dimulai pada tahun 1976 untuk melestarikan terutama tiga spesies buaya asli - mugger, buaya air asin, dan gharial.

Awalnya memiliki sekitar 40 buaya, dan tujuannya adalah untuk melindungi mereka sehingga mereka dapat berkembang biak dan populasi mereka dapat dilepaskan ke alam liar untuk mengisi kembali habitat alami mereka.

Perintah pemerintah federal pada tahun 1994 menghentikan buaya hasil penangkaran yang dilepaskan ke alam liar, kata Whitaker. Sejak itu, bank harus puas dengan merelokasi beberapa buaya sesekali ke kebun binatang dan suaka margasatwa.

Dengan kawasan margasatwa menyusut dan kebun binatang hanya dapat menerima buaya dalam jumlah terbatas, mereka telah kehabisan tempat untuk mengirim buaya surplus mereka, kata para pejabat.

Para pejabat di pusat penangkaran mengatakan buaya-buaya itu akan melakukan perjalanan ke Gujarat dalam kotak kayu dengan kendaraan yang dikontrol suhu.

 

3 dari 3 halaman

Memicu Kritik

Para konservasionis telah menimbulkan keraguan tentang relokasi sebagai solusi untuk kepadatan di pusat penangkaran. Ahli biologi satwa liar P Kannan mengatakan karena reptil akan disimpan di ruang tertutup di rumah baru mereka juga, masalahnya akan tetap ada.

"Belum ada metode sterilisasi [untuk buaya] yang tersedia dan buaya jantan dan betina tidak dapat disimpan di kandang terpisah untuk waktu yang lama karena ini mengarah pada perkelahian," kata Kannan.

BBC menghubungi kebun binatang di Gujarat untuk rincian lebih lanjut tentang langkah-langkah yang diambil untuk menjaga populasi buaya mereka tetap terkendali, tetapi belum menerima tanggapan.

S Jayachandran, sekretaris kehormatan Asosiasi Margasatwa dan Lingkungan Nilgiri, mengatakan bahwa alih-alih merelokasi hewan, India harus meningkatkan kawasan lindungnya untuk satwa liar.

"Jika ada cukup ruang untuk buaya di alam liar, mereka tidak perlu dipindahkan ke kebun binatang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.