Sukses

Austrade Undang Chef Terkemuka Indonesia Berkreasi dengan Produk Segar Australia Kelas Dunia

Acara ini berupaya untuk mendorong hubungan bisnis yang lebih erat antara Indonesia dan Australia pada rantai pasokan makanan premium.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah acara persembahan dari Negeri Kanguru yakni 'Taste and Create with Australia' akan diselenggarakan oleh Komisi Perdagangan dan Investasi Australia (Austrade) bersama para mitra kerjanya.

Perhelatan ini dirancang untuk menginspirasi chef eksekutif terkemuka di seluruh Indonesia, untuk mengembangkan kreasi inovatif dalam menu mereka dengan beragam variasi dan menampilkan produk segar Australia kelas dunia.

"Kami sangat senang menjadi tuan rumah acara ini dan berkolaborasi dengan mitra Indonesia kami untuk menampilkan produkdan bahan makanan Australia," ungkap Kuasa Usaha Kedutaan Besar Australia, Steven Scott, seperti disebutkan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Kedubes Australia, Rabu (30/11/2022).

"Kami berharap acara ini tidak hanya menunjukkan kualitas produk Australia kelas dunia, tetapi juga menyediakan platform penting untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara bisnis Indonesia dan Australia dalam rantai pasokan, serta mendukung pelatihan profesional berkelanjutan dari generasi baru chef Indonesia di restoran terkemuka," imbuhnya.

Austrade, bekerja sama dengan pemerintah negara bagian Victoria, Australia Barat, Queensland, dan New South Wales serta Meat & Livestock Australia (MLA), dan AUSVEG, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan di kalangan chef eksekutif Indonesia tentang ketersediaan produk Australia yang segar, variasi produk musiman, serta varietas dan inovasi baru – dengan tersedianya produk baru seperti 'kale pelangi'.

Acara ini juga berupaya untuk mendorong hubungan bisnis yang lebih erat antara Indonesia dan Australia pada rantai pasokan makanan premium – mulai dari chef, hingga distributor, pemasok, dan produsen.

Selain itu, ada program pelatihan teknis untuk sous chef Indonesia yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman praktis mereka dalam cara memotong daging sapi dan domba Australia, serta menyiapkan varietas buah dan sayuran Australia yang berbeda, juga akan menjadi bagian dalam acara ini.

Acara 'Taste and Create with Australia' ini akan diikuti oleh serangkaian kegiatan selanjutnya di Jakarta, Bali, dan Surabaya pada 2023, termasuk 'Chef’s Challenge' yang akan mengundang Chef terpilih untuk mengunjungi pertanian dan mitra Australia pada 2023.

Komisi Perdagangan dan Investasi Australia (Austrade) mempromosikan perdagangan, investasi, pariwisata, dan pendidikan Australia secara global, memberikan layanan untuk menghubungkan bisnis Australia ke dunia dan dunia ke bisnis Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

13 Perusahaan Australia Pamer Makanan dari Negeri Kanguru di Food Hotel Indonesia 2022

Sementara itu, sebelumnya produk makanan dan minuman Australia kembali dipromosikan di Food Hotel Indonesia (FHI), sebagai bagian dari program inovasi yang diselenggarakan oleh negara bagian New South Wales (NSW). Ini merupakan pertama kalinya sejak 2019 terkendala awal pandemi COVID-19.

Pada acara FHI tahun ini yang diadakan secara langsung, 13 perusahaan Australia dari NSW menampilkan berbagai produk makanan dan minuman berkualitas tinggi pada stan NSW di FHI yang diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran.

"Dengan perbatasan yang sudah dibuka saat ini, saya senang melihat perusahaan Australia masuk ke pasar dan mempromosikan berbagai produk makanan dan minuman berkualitas tinggi," kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM saat mengunjungi FHI Kamis 28 Juli 2022 untuk meninjau pameran dan bertemu dengan perwakilan perusahaan Australia yang berpartisipasi.

"Kami berharap dapat melihat kemitraan baru antara bisnis Australia dan Indonesia sebagai hasil dari penyelenggaraan FHI ini, serta mendapatkan manfaat dari implementasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia Australia (IA-CEPA) yang tengah berjalan," Duta Besar Penny menambahkan.

Stan NSW di Food Hotel Indonesia 2022 merupakan bagian terakhir dari program Going Global dengan pendanaan dari NSW yang memberikan peluang pada perusahaan-perusahaan dari NSW, untuk berpartisipasi di program 6 bulanan dengan fokus mempersiapkan mereka untuk ekspor.

"Kami melihat peluang untuk mempererat hubungan perdagangan dengan Indonesia setelah perbatasan kembali dibuka dan FHI memberikan kesempatan yang tepat untuk memperkenalkan berbagai produk dan merek Australia yang baru ke pasar Indonesia," ujar Yonathan Wijaya, Direktur Investasi NSW di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Daftar Perusahaan Australia yang Ikut Serta FHI 2022

Selain stan NSW, Almond Board of Australia juga berpartisipasi di FHI dan menyampaikan informasi mengenai penggunaan dan kualitas almond asal Australia kepada perwakilan industri dan importir Indonesia.

NSW dan Almond Board of Australia didukung oleh Komisi Perdagangan dan Investasi Australia (Austrade).

Berikut ini daftar perusahaan Australia yang berpartisipasi di pameran FHI 2022:

1. Bounce Foods

2. Nougat Limar

3. Earp Distillery

4. Windowrie Wines

5. The Bread Guys

6. Mrs. Toddy’s Tonic

7. Graincorp

8. Yosica Holding

9. Inspirited

10. Nectar Cold-pressed juice

11. Tulloch Wines

12. NH Foods

13. Beef Hokubee 

4 dari 4 halaman

Kepala Staf AL Australia ke Indonesia, Gali Peluang Kolaborasi Kedua Negara di Masa Depan

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut Australia yang baru, Laksamana Madya Mark Hammond, AM, RAN berkunjung ke Indonesia. Ini merupakan kunjungan resmi perdananya ke luar negeri.

Menurut informasi dari kedutaan besar Australia di Indonesia, yang dikutip Selasa (26/7/2022), ia akan mengadakan sejumlah pertemuan, termasuk dengan mitra kerjanya dari Indonesia, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Yudo Margono.

Pertemuan tersebut akan memberikan kesempatan bagi kedua Kepala Staf untuk membahas inisiatif hubungan dan mengidentifikasi peluang untuk kolaborasi di masa yang akan datang.

VADM Hammond mengunjungi Jakarta dari 24-26 Juli, walaupun singkat, namun kunjungan ini adalah sebuah kunjungan yang penting di awal masa jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Australia yang baru.

VADM Hammond memiliki karir yang panjang sebagai awak kapal selam dan mengomandani HMAS Farncomb. Dia memiliki pengalaman berlayar di kapal selam nuklir Prancis, Inggris dan AS, kapal selam Australia dan Belanda, dan berbagai kelas kapal permukaan.

VADM Hammond menyatakan, "Berkunjung ke Indonesia sesegera mungkin menjadi prioritas saya. Ini adalah hubungan luar negeri pertama saya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Australia, dan Indonesia adalah salah satu sahabat terdekat dan mitrastrategis terpenting kami. Saya sangat menantikan pertemuan dengan Laksamana Yudountuk membahas rencana mendatang dan kerja sama yang lebih erat."

 Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.