Sukses

Ribuan Orang Telanjang di Pantai Bondi, Kampanyekan Kesadaran Kanker Kulit

Spencer Tunick mengumpulkan 2.500 sukarelawan untuk pemotretan telanjang massal di Pantai Bondi, Australia.

Liputan6.com, Sydney - Sekitar 2.500 orang tanpa busana untuk pemotretan telanjang di Pantai Bondi Australia pada Sabtu 26 November 2022, yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan kanker kulit.

Menurut laporan CNN, yang dikutip Rabu (30/11/2022), kerumunan itu berkumpul untuk mengambil bagian dalam karya terbaru seniman fotografi AS Spencer Tunick, yang dikenal dengan pemotretan telanjang di tempat-tempat penting di seluruh dunia.

"Kami memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pemeriksaan kulit dan saya merasa terhormat... datang ke sini, membuat karya seni saya dan merayakan tubuh dan perlindungan," kata Tunick di pantai di Sydney, menurut Reuters.

Salah satu peserta foto telanjang itu, Robyn Lindner, mengaku sempat gugup mengikuti acara tersebut.

"Saya diam-diam ketakutan (dan) tadi malam saya harus mengakui bahwa saya sedang berpikir, 'Apa yang telah saya lakukan?' Tapi itu hebat, semua orang sangat baik, semua orang sangat menghormati dan itu terasa sangat menyenangkan," kata Lindner kepada agensi berita tersebut.

Foto telanjang di Pantai Bondi ini adalah proyek keempat Tunick di Australia, setelah syuting tahun 2010 di mana dia mengumpulkan sekitar 5.500 orang di Gedung Opera Sydney yang terkenal.

Tunick bermitra dengan Skin Check Champions, sebuah badan amal yang menjalankan klinik pemeriksaan kulit pendidikan gratis. Proyek teranyarnya bertepatan dengan National Skin Cancer Action Week atau Pekan Aksi Kanker Kulit Nasional Australia, ketika Scott Maggs, pendiri badan amal tersebut mendesak semua orang di negara tersebut untuk melakukan pemeriksaan kulit

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Kehilangan Teman Akibat Kanker Kulit

Maggs mendirikan Skin Check Champions pada tahun 2010, setelah temannya Wes Bonny meninggal karena kanker kulit pada usia 26 tahun. Badan amal tersebut telah menerima dukungan dari orang-orang seperti pengusaha Inggris Richard Branson -- dan berharap foto-foto mencolok Tunick akan menarik perhatian dunia atas penyakit kulit.

"Kami menargetkan minimal 2.000 peserta untuk mewakili 2.000+ warga Australia yang terbunuh oleh kanker kulit setiap tahun," kata Maggs dalam siaran pers.

"Jika Sydney Opera House bisa mendapatkan 5.500 pada pagi yang dingin di bulan Maret 2010, kami berharap dapat mencapai target 2.500," katanya.

"Semua orang dipersilakan untuk berpartisipasi, kami menyambut semua tipe tubuh, jenis kelamin, dan ras -- dengan semangat untuk menghentikan kanker kulit."

 

3 dari 4 halaman

Sebuah Kehormatan

Fotografer Tunick mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa itu adalah "suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari misi seni untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan kulit" - dan menambahkan bahwa dia sendiri akan mendapat manfaat dari kampanye tersebut, setelah diyakinkan untuk mendapatkan pemeriksaan kulit pertamanya dalam 10 tahun.

Tunick telah mementaskan sekitar 100 foto telanjang berskala besar di tempat umum di seluruh dunia, dari Munich hingga Mexico City, di mana ia melaporkan 18.000 peserta telanjang.

 

4 dari 4 halaman

Kendala

Tapi pemotretan ini tidak mudah.

Saat ribuan sukarelawan melepas pakaian, pejabat kota diketahui ikut campur - yang menyebabkan penangkapan Tunick beberapa kali.

Tunick pernah terjebak dalam perselisihan antara Mahkamah Agung AS dan wali kota New York saat itu Rudi Giuliani, yang percaya bahwa kota itu akan "rusak secara permanen" jika salah satu syuting dilakukan di sana.

Pada tahun 2018, jaringan supermarket Australia melarang Tunick melakukan pemotretan di tempat parkir salah satu tokonya di Melbourne — keputusan yang akhirnya dibatalkan setelah petisi pejabat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.