Sukses

Curi Harta Karun Koin Emas dari Museum Jerman 9 Menit, Pelaku Diburu ke Berbagai Negara

Dalam kurun waktu sembilan menit saja, sindikat pencuri dilaporkan berhasil membobol museum di Kota Manching, Jerman. Mereka mengambil ratusan koin emas kuno, tanpa membunyikan alarm.

, Manching - Dalam kurun waktu sembilan menit saja, sindikat pencuri dilaporkan berhasil membobol museum di Kota Manching, Jerman. Mereka mengambil ratusan koin emas kuno, tanpa membunyikan alarm.

Mengutip laporan ABC Australia, Minggu (26/11/2022), kini aparat kepolisian melakukan pengejaran ke berbagai negara untuk menangkap pelaku dan hasil curiannya, yang terdiri dari 483 koin Celtic kuno dan sebongkah emas murni yang ditemukan pada tahun 1999 dalam penggalian arkeologi di pinggiran Manching.

Guido Limmer dari Kepolisian Negara Bagian Bavaria menjelaskan, pada hari Selasa 22 November pukul 01.17 pagi, kabel-kabel telekomunikasi terputus sekitar satu kilometer dari Museum Celtic dan Romawi di Manching.

Terputusnya kabel-kabel mengakibatkan jaringan komunikasi di wilayah itu tidak berfungsi.

Menurut Guido, sistem keamanan di museum mencatat pintu dibuka paksa pada Pukul 01.26 pagi dan kemudian pelaku meninggalkan lokasi pada Pukul 1.35.

Dalam tempo sembilan menit inilah pelaku dipastikan telah menghancurkan lemari pajangan dan mengambil harta karun itu.

Ia menambahkan ada "kesejajaran" antara pencurian di Manching dan pencurian permata tak ternilai di Kota Dresden serta koin emas besar di Kota Berlin dalam beberapa tahun terakhir.

Polisi Jerman menyebut kedua aksi pencurian tersebut dilakukan oleh sindikat kriminal yang berbasis di Berlin.

"Kami belum bisa memastikan aksi ini ada hubungannya. Tapi kami menjalin kerjasama dengan aparat di sana untuk menyelidiki semua ini," ucap Guido.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilakukan Para Profesional?

Menteri Sains dan Seni Bavaria, Markus Blume, menyebutkan bukti-bukti kejadian menunjukkan pelaku pencurian adalah para profesional.

"Jelas tidak mungkin mereka bisa datang begitu saja ke museum dan keluar membawa harta karun ini," katanya.Pihak berwenang telah mengakui bahwa pada malam kejadian tidak ada satu orang penjaga museum yang bertugas.

Kepala Arkeologi Bavaria Rupert Gebhard mengatakan sistem alarm dianggap dapat memberikan keamanan yang memadai.

 

3 dari 4 halaman

Koin Emas Bernilai Jutaan Euro

Menurut Rupert, timbunan koin itu sangat berharga, baik bagi masyarakat lokal di Manching maupun bagi para arkeolog di Eropa.

Dia mengatakan koin berbentuk mangkuk, yang berasal dari tahun 100 sebelum Masehi, terbuat dari emas Sungai Bohemian dan menunjukkan bagaimana permukiman Celtic di Manching memiliki hubungan melintasi Eropa.

Ia memperkirakan nilai harta karun itu sekitar 1,6 juta Euro.

 

4 dari 4 halaman

Semoga Koin dalM Kondisi Baik

"Para arkeolog berharap koin-koin ini tetap dalam keadaan aslinya," katanya, seraya menambahkan bahwa koin itu didokumentasikan dengan baik dan akan sulit untuk dijual.

"Pilihan terburuknya, mereka mencairkannya, yang berarti kerugian total bagi kami," katanya.Koleksi ini ditemukan di dalam karung yang terkubur di bawah fondasi bangunan, yang juga menjadi penemuan terbesar selama penggalian arkeologi di Jerman pada abad ke-20.

Kepala Polisi Bavaria Guido Limmer mengatakan pihaknya telah mengontak Interpol dan Europol tentang pencurian ini dan langsung membentuk unit investigasi khusus untuk menyelidikinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.