Sukses

Bikin Panik! Ular Piton Gigit dan Seret Bocah 5 Tahun ke Kolam Renang

Seorang anak laki-laki Australia berusia lima tahun digigit, dibelit, dan diseret ke dalam kolam renang oleh seekor ular piton yang berukuran sekitar tiga kali ukuran tubuhnya.

Liputan6.com, Sydney - Seorang anak laki-laki Australia berusia lima tahun selamat setelah digigit, dibelit, dan diseret ke dalam kolam renang oleh seekor ular piton yang berukuran sekitar tiga kali ukuran tubuhnya.

"Beau Blake sedang menikmati berenang di rumahnya ketika reptil sepanjang 3 meter itu menyerang," kata ayahnya kepada sebuah stasiun radio lokal seperti dikutip dari BBC, Jumat (25/11/2022).

Ular dan putranya dalam kondisi masih terjerat ditarik dari kolam oleh kakek Beau. Bocah laki-laki itu dibebaskan dari binatang itu oleh ayahnya, Ben.

Bocah Beau selamat hanya dengan luka ringan.

"Setelah kami membersihkan darah dan mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan mati karena itu bukan ular berbisa ... dia sebenarnya terlihat cukup baik," kata ayahnya, Ben kepada stasiun radio Melbourne 3AW pada hari Jumat tentang kejadian yang terjadi sehari sebelumnya.

"Dia benar-benar prajurit," Ben menambahkan, mengatakan keluarga - yang berbasis di kota pesisir Teluk Byron di New South Wales - akan memantau luka gigitan untuk tanda-tanda infeksi.

Meski beruntung lolos, saga dramatis itu masih merupakan "cobaan berat", katanya.

"[Beau] baru saja berjalan di sekitar tepi [kolam]... dan saya yakin ular piton itu di sana menunggu korban datang... dan Beau targetnya."

"Saya melihat bayangan hitam besar keluar dari semak-semak dan sebelum mereka mencapai dasar, ular itu benar-benar melilit kakinya."

Dengan "tanpa perlindungan diri apa pun", kakek Beau yang berusia 76 tahun, Allan, melompat ke kolam dan menyerahkan anak laki-laki dan ular itu kepada Ben.

"Saya bukan anak kecil... [jadi] saya membebaskannya dalam waktu 15-20 detik," kata Ben.

Ben kemudian memegang ular piton itu selama sekitar 10 menit saat dia mati-matian berusaha menenangkan anak-anaknya dan ayahnya, sebelum melepaskan ular itu kembali ke tumbuh-tumbuhan.

"Dia kembali ke TKP, hal yang nakal."

Ben mengatakan kepada stasiun radio ular piton adalah fakta kehidupan di daerah tersebut, sekitar 8 jam di utara Sydney, mengatakan "lihat...ini Australia".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkuak Ular Piton Bisa Telan Mangsa Sebesar Rusa dan Buaya, Ini Rahasianya

Bicara soal ular piton, Piton Burma sangat besar, bisa tumbuh hingga 5 meter (16 kaki) panjangnya. Namun ukurannya yang besar saja tidak menjelaskan bagaimana mereka bisa membuka mulutnya sangat lebar, yang dibutuhkan untuk menelan mangsa sebesar rusa atau buaya.

Sebuah studi baru menjelaskan bagaimana ular Piton Burma (Python molorus bivittatus) telah berevolusi, dengan keunikan pada rahangnya yang mampu meregangkan mulutnya cukup lebar untuk menelan mangsa yang enam kali lebih besar dari yang bisa dimakan oleh ular-ular lain yang berukuran sama.

Terlepas dari nafsu makan mereka yang rakus, ular Piton Burma liar sebenarnya rentan di negara asalnya di Asia Tenggara, sebagian karena hilangnya habitat yang disebabkan oleh manusia.

Di Florida, tempat ular-ular ini diperkenalkan, spesies asli mereka telah punah dan merusak ekosistem dengan memakan hampir semua yang ada di depan mata.

"Ekosistem Everglades berubah secara real-time akibat satu spesies, ular piton Burma," kata Ian Bartoszek, seorang ilmuwan lingkungan untuk Conservancy of Southwest Florida.

Dalam studi baru, Bartoszek dan tiga peneliti lainnya melihat lebih dekat biologi ular besar ini, khususnya kemampuannya untuk memakan hampir semua makhluk yang ditemuinya.

Untuk membantu mulut mereka yang sudah besar terbuka lebih lebar lagi, studi ini menemukan, ular Piton Burma berevolusi dengan ciri khusus: Kulit super elastis di antara rahang bawah mereka yang memungkinkan mereka melahap hewan yang bahkan lebih besar dari apa yang bisa dilakukan oleh rahang mereka yang sangat mudah bergerak.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Lomba Tangkap Ular Piton Digelar di Florida, Hadiahnya hingga Rp 36 Juta

Sementara itu, lomba ular piton digelar di Florida dengan hadiah ribuan dolar atau setara puluhan juta rupiah. Pemerintah negara bagian Florida juga mendukung perlombaan ini. 

Dilaporkan VOA Indonesia, Senin (8/8), perburuan ular ini secara resmi dimulai Jumat lalu (5/8) dan akan berakhir 15 Agustus mendatang. Ular sanca Burma menjadi sasaran.

“Perburuan ini penting karena setiap ular piton yang berhasil ditangkap berarti mengurangi satu spesies invasif yang memangksa burung, mamalia dan reptil kita,” ujar First Lady Negara Bagian Florida, Casey DeSantis.

Menurut rilis berita, sejak tahun 2000 ada lebih dari 17.000 ular piton yang dikeluarkan dari ekosistem Everglades. Ular piton Burma bukanlah spesies asli Florida. Hewan itu memangsa burung, mamalia dan reptile. Seekor ular sanca betina dapat bertelur hingga 100 butir dalam setahun.

Hadiah uang tunai hingga 2.500 dolar atau sekitar Rp 36 juta disediakan untuk kategori professional dan pemula, bagi mereka yang dapat menangkap ular sanca paling banyak. Hadiah tambahan diberikan untuk ular sanca terpanjang yang dapat ditangkap di setiap kategori. Setiap ular sanca yang ditangkap harus dibunuh, tetapi para pemburu berpotensi didiskualifikasi jika mereka membunuh ular-ular itu secara tidak manusiawi atau membunuh ular asli.

Sejauh ini pemburu yang terdaftar mewakili 32 negara bagian dan Kanada. Mereka yang telah mendaftar secara online dan membayar uang pendaftaran harus menyelesaikan kursus pelatihan online sebelum memulai perburuannya.

4 dari 4 halaman

Ular Piton Sepanjang 3 Meter Buat Geger Pengunjung Supermarket Australia

Sebuah supermarket di Sydney seketika dikejutkan dengan ular nyasar. Uniknya, ada aksi penyelamatan yang dilakukan oleh seorang wanita Australia.

Wanita tersebut beranama Helaina Alati (25) menemukan ular piton yang tidak berbisa sepanjang tiga meter itu keluar dari supermarket "Woolworths", yang berlokasi di tepi hamparan semak belukar yang luas di pinggiran barat laut kota Sydney.

Kebetulan Alati seorang yang kerap 'bergelut' dengan satwa liar dan akrab dengan ular. Alati pun mengambil ular dari etalase tersebut.

"Saya hanya menoleh dan dia sekitar 20 cm dari wajah saya, hanya menatap lurus ke arah saya," bebernya yang dikutip dari BBC pada Rabu (18/08/2021).

Alati dengan tenang menangkap ular. Ia dapat mengenal langsung ular berjenis "Diamond Phyton" yang tidak berbisa. Lantaran si ular menjulurkan dan menjentikkan lidahnya.

"Dia menatap lurus ke arahku sepanjang waktu sambil seolah berkata bisakah kamu membawaku keluar?" ungkapnya.

Alati memberi tahu staf dan mengatakan dia bisa membantu mengeluarkan ular. Dia pun segera mengambil tas ular dari rumahnya lalu kembali ke toko. Alati menerapkan trik dengan menepuk ekornya dan dia menyelinap masuk ke tas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.