Sukses

Banjir Sempat Tutup Jalan ke Makkah-Jeddah, 2 Orang Tewas

Setidaknya dua orang tewas pada Kamis 24 November 2022 saat hujan lebat melanda Arab Saudi barat, termasuk kota pesisir Jeddah, menunda penerbangan, dan memaksa sekolah tutup, kata para pejabat.

Liputan6.com, Jeddah - Setidaknya dua orang tewas pada Kamis 24 November 2022 saat hujan lebat melanda Arab Saudi barat, termasuk kota pesisir Jeddah, menunda penerbangan, dan memaksa sekolah tutup, kata para pejabat.

“Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan,” kata pemerintah daerah Makkah di halaman Twitter-nya seperti dikutip dari AFP, Jumat (25/11/2022).

Wilayah Makkah meliputi Jeddah, kota terbesar kedua di Kerajaan yang berpenduduk sekitar empat juta orang, dan Kota Makkah, kota paling suci dalam Islam tempat jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.

Jalan yang menghubungkan keduanya, yang digunakan banyak peziarah untuk mencapai Makkah, ditutup pada Kamis setelah hujan mulai turun, lapor media pemerintah, meski kemudian dibuka kembali, kata pihak berwenang.

Saluran Al-Ekhbariya yang berafiliasi dengan negara menunjukkan rekaman jemaah di Masjidil Haram di Makkah mengitari Ka'bah - struktur kubik yang merupakan titik fokus Islam - di bawah hujan lebat.

Di Jeddah, gambar yang diposting ke media sosial menunjukkan lalu lintas terhenti dan sebagian kendaraan terendam air banjir.

Pihak Bandara Internasional King Abdulaziz mengatakan bahwa "karena kondisi cuaca, keberangkatan beberapa penerbangan telah ditunda" dan mendesak penumpang untuk menghubungi operator untuk jadwal terbaru.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan sebelum fajar bahwa sekolah-sekolah di kota itu akan ditutup sementara karena hujan diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari.

Sekolah juga ditutup di kota terdekat Rabigh dan Khulais “untuk menjaga keselamatan siswa laki-laki dan perempuan,” kata SPA.

Arab Saudi berada di tengah ujian akhir, namun sekolah-sekolah telah ditutup secara nasional pada hari Rabu setelah Raja Salman mengumumkan hari libur menyusul kekalahan mengejutkan Arab Saudi dari Argentina di Piala Dunia.

Hujan badai musim dingin dan banjir terjadi hampir setiap tahun di Jeddah, di mana penduduk telah lama mengeluhkan buruknya infrastruktur.

Banjir menewaskan 123 orang di kota itu pada 2009 dan 10 orang lagi dua tahun kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Curah Hujan 179 MM, Tertinggi yang Pernah Tercatat di Jeddah

Dua orang tewas dalam banjir yang melanda kota pesisir Jeddah di Arab Saudi pada Kamis 24 November 2022 karena tingginya curah hujan.

Juru bicara pertahanan sipil Saudi di provinsi Makkah mengumumkan kematian tersebut di Twitter dan mendesak warga untuk tetap berada di dalam rumah kecuali untuk keperluan mendesak.

Banjir juga menyebabkan penundaan penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz, penutupan sekolah dan memblokir jalan menuju Makkah, kota paling suci bagi umat Islam, lapor media pemerintah.

Mengutip Middle East Eye Monitor, menurut National Center for Meteorology (Pusat Meteorologi Nasional) Arab Saudi, curah hujan di wilayah selatan Jeddah antara pukul 08.00 dan 14.00 pada hari Kamis, yang mencapai 179 milimeter, adalah "tertinggi" yang pernah tercatat. Itu melebihi jumlah curah hujan yang tercatat pada tahun 2009 ketika puluhan orang tewas dalam banjir bandang.

Gambar yang diposting ke media sosial pada hari Kamis menunjukkan mobil-mobil tersapu di sepanjang jalan melalui aliran air yang deras.

 

3 dari 4 halaman

Prakiraan Cuaca Badai

The National melaporkan, prakiraan cuaca untuk hari Jumat menunjukkan kemungkinan lebih banyak badai hingga sore hari.

Tidak jarang badai musim dingin menyebabkan banjir di Jeddah, menyebabkan masalah signifikan di lingkungan yang disebut dewan lokal sebagai lingkungan "kumuh" yang bermunculan dengan sedikit pengawasan dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah telah berjanji untuk membangun kembali 64 lingkungan untuk membersihkan perumahan dan infrastruktur yang berbahaya dan berkualitas buruk yang cepat rusak atau hancur akibat banjir.

4 dari 4 halaman

Keterangan Saksi Mata

Peter Kaminski, seorang pelatih kebugaran asal Inggris di Jeddah, mengambil foto sambaran petir dari gedung apartemennya. Dia keluar tanpa alas kaki untuk memeriksa mobilnya, yang dia temukan terendam air.

"Sungguh mengesankan menonton dari dalam sampai saya menyadari bahwa saya harus memeriksa mobil saya ... Saya mengarungi jalan dengan air setinggi lutut untuk menyelamatkannya! Bukan Kamis pagi seperti biasanya di Jeddah," katanya kepada The National.

Seperti banyak orang lain yang melakukan perjalanan di akhir pekan, Manal Ali, seorang guru Saudi di Jeddah, harus membatalkan rencananya.

“Kami akan berkendara ke Taif dan kemudian Riyadh pagi ini. Sudah hujan selama enam jam sekarang. Aku belum pernah melihat hujan seperti ini sebelumnya. Anak-anak saya ketakutan dan terbangun karena guntur yang keras - Anda masih bisa melihat kilat dan guntur,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.