Sukses

Tanzania Mulai Jatahi Pasokan Listrik Buntut PLTA Dilanda Kekeringan

Pihak berwenang Tanzania telah mulai menjatah pasokan listrik karena penurunan pasokan dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) akibat kekeringan yang melanda.

Liputan6.com, Dar es Salaam - Pihak berwenang Tanzania telah mulai menjatah pasokan listrik karena penurunan pasokan dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) akibat kekeringan yang melanda, kata perusahaan listrik negara pada Rabu (23/11). Beberapa wilayah akan mengalami pemadaman selama sembilan jam.

Negara Afrika Timur itu memiliki kapasitas untuk menghasilkan 1.695 megawatt listrik melalui tenaga air, gas alam dan lainnya.

Namun, negara itu tengah menghadapi kekurangan pasokan sebesar 300 hingga 350 megawatt, kata Maharage Chande, direktur pelaksana Tanzania Electric Supply Company Limited (Tanesco).

“Ada dua alasan utama yang menyebabkan kekurangan pasokan: kekeringan yang berkepanjangan dan pemeliharaan beberapa pembangkit kami yang sedang berjalan,” kata Chande kepada wartawan di Ibu Kota Dar es Salaam pada Rabu (23/11), dikutip dari VOA Indonesia.

Salah satu PLTA yang terdampak, Kihansi di bagian tenggara kota Morogoro, mengalami penurunan pasokan dari 180 megawatt menjadi hanya 17 megawatt, ujarnya.

“Tinggi permukaan air di sebagian besar sumber daya juga menurun, sehingga memaksa pembangkit-pembangkit kami untuk menghasilkan listrik di bawah kapasitasnya,” kata Chande.

Negara itu sedang berupaya meningkatkan kapasitas PLTA-nya, termasuk dengan membangun proyek dam Julius Nyerere yang kontroversial di Selous Game Reserve, yang diperkirakan dapat memproduksi 2.100 megawatt listrik setelah beroperasi.

Tanzania, seperti negara-negara tetangganya di Afrika Timur, sedang mengalami curah hujan yang buruk dan musim hujan yang tertunda, yang mendorong pihak berwenang menerapkan penjatahan air di kota Dar es Salaam bulan lalu akibat anjloknya tinggi permukaan air selama dilanda kekeringan.

Kenya, Somalia dan Ethiopia mengalami kekeringan terburuk dalam empat puluh tahun terakhir, setelah empat musim hujan yang buruk memusnahkan ternak dan menggagalkan panen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekeringan di China Bikin Sungai Yangtze Kering, Picu Kekurangan Tenaga Air

Kekeringan yang memecahkan rekor telah menyebabkan beberapa sungai di China - termasuk bagian dari Yangtze - mengering, mempengaruhi tenaga air, menghentikan pengiriman, dan memaksa perusahaan-perusahaan besar untuk menangguhkan operasi.

Dilansir The Guardian, Selasa (23/8/2022), peringatan kekeringan nasional dikeluarkan pada hari Jumat karena gelombang panas yang berkepanjangan dan parah di barat daya China yang berpenduduk padat diperkirakan akan berlanjut hingga September.

Hilangnya aliran air ke sistem pembangkit listrik tenaga air China yang luas telah memicu “situasi serius” di Sichuan, yang mendapatkan lebih dari 80% energinya dari pembangkit listrik tenaga air.

Pada hari Minggu pemerintah provinsi menyatakan itu pada tingkat peringatan tertinggi menjadi "sangat parah", dengan aliran air ke waduk pembangkit listrik tenaga air Sichuan turun setengahnya.

Permintaan listrik telah meningkat 25% musim panas ini, media lokal melaporkan.

Pengurangan tenaga air juga dilaporkan mempengaruhi populasi hilir, termasuk kota Chongqing dan provinsi Hubei.

Pekan lalu Sichuan menangguhkan atau membatasi pasokan listrik ke ribuan pabrik dan menjatah penggunaan listrik publik karena kekurangan tersebut. Toyota, Foxconn dan Tesla termasuk di antara perusahaan yang dilaporkan telah menghentikan sementara operasi di beberapa pabrik selama dua minggu terakhir. 

Bahkan, media South China Morning Post (SCMP) melaporkan rencana untuk memulai kembali produksi minggu ini telah ditunda.

3 dari 4 halaman

Sungai Yangtze Kering

Yangtze adalah sungai terbesar ketiga di dunia, menyediakan air minum untuk lebih dari 400 juta orang China, dan merupakan jalur air paling vital bagi perekonomian China.

Ini juga penting untuk rantai pasokan global, tetapi musim panas ini telah mencapai level air terendah, dengan seluruh bagian dan lusinan anak sungai mengering.

Aliran air di batang utama Sungai Yangtze lebih dari 50% di bawah rata-rata lima tahun terakhir. Rute pengiriman di bagian tengah dan bawah juga telah ditutup, SCMP melaporkan.

4 dari 4 halaman

Pasokan Air dan Listrik

Di seluruh wilayah yang terkena dampak, otoritas China bergegas untuk memastikan pasokan air dan listrik, karena wilayah tersebut mendekati musim panen untuk tanaman intensif air seperti beras dan kedelai. 

Pada hari Minggu, pihak berwenang mengeluarkan 980m kubik air dari waduk dalam upaya untuk mengisi tingkat yang lebih rendah dari sungai, kata media pemerintah.

Kekeringan telah mempengaruhi sedikitnya 2,46 juta orang dan 2,2 juta hektar lahan pertanian di Sichuan, Hebei, Hunan, Jiangxi, Anhui dan Chongqing.

Lebih dari 780.000 orang membutuhkan dukungan langsung pemerintah karena kekeringan, menurut kementerian manajemen darurat China. Air minum telah diangkut dengan truk ke daerah-daerah di mana persediaan perumahan telah benar-benar kering. 

Temperatur tinggi pada bulan Juli saja menyebabkan kerugian ekonomi langsung sebesar 2,73 miliar yuan (£ 340 juta), mempengaruhi 5,5 juta orang, kata kementerian darurat pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.