Sukses

Curhat Anak Anwar Ibrahim Jelang Pelantikan Ayahnya Jadi PM Malaysia ke-10

Menjelang detik-detik sang ayah dilantik menjadi perdana menteri Malaysia berikutnya, Nurul Izzah Anwar menyampaikan curahan hatinya di media sosial Instagram.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menjelang detik-detik sang ayah dilantik menjadi perdana menteri Malaysia berikutnya, Nurul Izzah Anwar menyampaikan curahan hatinya di media sosial Instagram.

Unggahan foto yang menyertakan Anwar Ibrahim seakan-akan menggambarkan sebuah perjuangan. Hal inilah yang diutarakan oleh Nurul Izzah.

"Dalam hidup di dunia, kita tidak mampu terlepas daripada dugaan.

Ketika kalah kita diduga,Ketika menang juga kita diduga.

Yang pasti, sejak tahun 1998 hingga sekarang - tugas kita untuk tetap pada garis batas perjuangan - menuntut keadilan bukan untuk diri kita sendiri, tetapi sebagai katalis untuk perlindungan bagi semua.

Tantangan masih menanti - dan setelah pengambilan sumpah - upaya untuk mempersatukan bangsa, mengkaji masalah ekonomi, menarik investasi melalui stimulasi ekonomi dan bakat lokal, serta membangun ummat dan bangsa berdasarkan keadilan sosial dan kenegaraan yang benar.

Saya mencintaimu ayah. Saya selalu bangga denganmu - bahkan saat Anda dipenjara sebagai tahanan hati nurani.

Warisan yang kita tinggalkan untuk anak cucu kita dan generasi mendatang bukanlah harta, pangkat atau uang, melainkan idealisme dan prinsip perjuangan yang tidak bisa dibeli dan dijual.

Jadikan masa depan, waktu kita bersama. Khayr, Insya Allah."

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nurul Izzah Anwar (@n_izzah)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Keluar Masuk Penjara

Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah telah menunjuk ketua Pakatan Harapan (PH) Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri (PM), mengakhiri hari-hari ketidakpastian menyusul hasil pemilihan 19 November 2022 yang memunculkan parlemen gantung.

Dilansir Britannica, Kamis (24/11/2022), pria kelahiran 10 Agustus 1947 ini memegang banyak jabatan pemerintahan pada akhir abad ke-20 sebelum dipenjara karena tuduhan korupsi pada 1999. Setelah dibebaskan dari penjara, Anwar memainkan peran kunci dalam redistribusi kekuasaan di badan legislatif Malaysia. Namun, karir politiknya kembali terhenti ketika ia divonis kasus sodomi pada 2014 dan dipenjara hingga 2018.

Anwar memulai karir politiknya pada akhir 1960-an di Universitas Malaya, Kuala Lumpur, di mana ia dikenal sebagai pemimpin mahasiswa Islam. Pada 1971 ia mendirikan Gerakan Pemuda Muslim Malaysia, menjabat sebagai presidennya hingga 1982.

Terlepas dari kritiknya terhadap koalisi Front Nasional (Barisan Nasional; BN) yang berkuasa dan komponennya yang paling kuat, United Malays National Organization (UMNO), Anwar pada 1982 menerima undangan dari perdana menteri saat itu Mahathir bin Mohamad untuk bergabung dengan UMNO dan pemerintahannya.

Karier politik Anwar Ibrahim melaju pesat. Ia menjabat sebagai menteri kebudayaan, pemuda, dan olahraga (1983), pertanian (1984), dan pendidikan (1986–91) sebelum diangkat menjadi menteri keuangan (1991–98) dan wakil perdana menteri (1993–98).

3 dari 4 halaman

Pimpin Malaysia

Memimpin kemakmuran ekonomi Malaysia yang luar biasa selama 1990-an, Anwar mendapatkan rasa hormat dari rekan-rekannya di seluruh dunia. Namun, selama krisis keuangan Asia pada 1997, dia berselisih dengan Mahathir atas penerapan langkah-langkah pemulihan ekonomi. 

Anwar diberhentikan pada 1998, dan pada 1999 dia dipenjara atas tuduhan korupsi, yang kemudian ditambah dengan tuduhan sodomi—tindak pidana menurut hukum Malaysia.

Mahathir digantikan sebagai perdana menteri oleh Abdullah Ahmad Badawi pada 2003, dan pada 2004 Pengadilan Tinggi Malaysia membatalkan hukuman sodomi Anwar, dengan alasan kurangnya bukti. 

Anwar kemudian memegang jabatan dosen di Universitas Oxford; Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland; dan Universitas Georgetown di Washington DC.

4 dari 4 halaman

Karir Politik

Pada 2007, dengan stagnasi pemerintahan Abdullah di tengah skandal dan gejolak sosial dan ekonomi, oposisi negara yang berbeda secara historis berkumpul di sekitar reformis Anwar. Awal 2008 Anwar mengambil alih kepemimpinan de facto dari koalisi oposisi tiga partai, the Aliansi Rakyat (Pakatan Rakyat; PR), terdiri dari Partai Keadilan Rakyat (PKR), Partai Islam Pan-Malaysia (Parti Islam SeMalaysia; Pas), dan Partai Aksi Demokratik (DAP).

Sebelum pemilihan umum untuk majelis rendah parlemen Malaysia pada Maret 2008, Anwar, meskipun dilarang mencari jabatan politik sampai April, aktif berkampanye atas nama PR.

Pesan koalisi tentang kesetaraan etnis, toleransi beragama, dan pasar terbuka—cita-cita reformis yang telah lama dianut oleh Anwar—mendapatkan dukungan yang cukup untuk mematahkan mayoritas dua pertiga BN yang berkuasa di parlemen, yang sebelumnya hanya dipatahkan sekali sejak Malaysia memperoleh kemerdekaan pada 1957.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.