Sukses

Gandeng 3 Negara, Singapura Bakal Daftarkan Kebaya ke UNESCO

Singapura akan menominasikan kebaya untuk intangible cultural heritage list atau daftar warisan budaya takbenda UNESCO, dalam upaya multinasional dengan Brunei, Malaysia dan Thailand.

Liputan6.com, Singapura - Singapura akan menominasikan kebaya untuk intangible cultural heritage list atau daftar warisan budaya takbenda UNESCO, dalam upaya multinasional dengan Brunei, Malaysia dan Thailand.

Mengutip laporan The Straits Times, Kamis (24/11/2022), National Heritage Board (NHB) atau Dewan Warisan Nasional pada Rabu 23 November mengatakan upaya ini akan menjadi nominasi multinasional pertama Singapura untuk UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity (Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO).

Upaya tersebut dijadwalkan untuk diserahkan pada Maret 2023.

"Kebaya adalah pakaian tradisional wanita yang populer di wilayah tersebut," kata NHB, dan "mewakili dan merayakan sejarah bersama di wilayah tersebut, mempromosikan pemahaman lintas budaya dan terus hadir dan secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di Asia Tenggara".

CEO NHB Chang Hwee Nee mengatakan: "Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, Peranakan dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami. sebagai kota pelabuhan multikultural, dengan hubungan lintas Asia Tenggara dan dunia.”

Dia menambahkan bahwa nominasi bersama "menggarisbawahi multikulturalisme ini dan akar bersama kita dengan wilayah tersebut".

NHB mengatakan Malaysia telah mengusulkan dan mengoordinasikan nominasi multinasional, dan gagasan itu dibahas sebagai bagian dari rangkaian rapat kerja di antara sejumlah negara pada 2022.

Brunei, Malaysia, Singapura dan Thailand setuju untuk bekerja sama dalam nominasi, kata dewan tersebut, seraya menambahkan bahwa keempat negara tersebut menyambut negara lain untuk bergabung dalam nominasi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Nominasi Kebaya

Antara Agustus dan Oktober, NHB mengadakan enam diskusi kelompok terarah dengan 48 peserta untuk mencari pandangan tentang nominasi tersebut.

Diskusi termasuk melibatkan praktisi budaya, perwakilan asosiasi budaya dan peneliti yang terlibat dalam pembuatan dan pemakaian kebaya.

Dari tanggal 1 hingga 3 November, perwakilan dari NHB dan masyarakat menghadiri lokakarya yang diselenggarakan oleh Malaysia di Port Dickson, di mana mereka mendiskusikan nominasi tersebut, termasuk apa yang harus disertakan dalam pengajuan tersebut.

NHB akan mengatur inisiatif penjangkauan publik dari Januari hingga Maret 2023 untuk meningkatkan kesadaran akan nominasi tersebut. Rincian lebih lanjut akan diberikan di situs web NHB dan saluran media sosialnya.

UNESCO akan menilai nominasi berdasarkan definisi warisan budaya takbenda, dan seberapa baik masing-masing dari empat negara akan memastikan promosi dan transmisi praktik terkait kebaya, tambah NHB.

Hasil nominasi diharapkan akan diumumkan pada akhir 2024.

 

3 dari 4 halaman

Kebaya, Apresiasi hingga Pakaian Lintas Ras

Kerajinan dan praktik terkait kebaya ditambahkan ke inventaris warisan budaya takbenda NHB pada Oktober 2022, bergabung dengan elemen lain seperti budidaya anggrek dan pembuatan kecap dalam daftar 102-strong local list atau 102 produk lokal terkuat.

Pengrajin Kebaya Ratianah Tahir, yang memiliki Kebaya By Ratianah di Kampong Glam, mengatakan bahwa pakaian tersebut telah menjadi bahan pokok di lemari pakaiannya sejak ia masih muda, dan ia ingat mengenakannya terutama saat festival dan pernikahan.

Wanita berusia 52 tahun yang telah menjual dan membuat kebaya selama 18 tahun ini berharap nominasi tersebut dapat membantu meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap pemakaian kebaya dan kebaya di kalangan generasi selanjutnya.

Putrinya, Putri Nadirah, yang berusia 29 tahun dan membantu menjalankan toko, mengatakan dia telah melihat lebih banyak pelanggan muda dalam beberapa tahun terakhir.

"Sebelumnya tidak banyak anak muda, tapi saya pikir akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mencoba mencari tahu lebih banyak tentang budaya dan warisan mereka, dan karena itu ada lebih banyak apresiasi dan adopsi praktik budaya," kata Ibu Putri menambahkan bahwa banyak anak muda yang membawa orang tuanya ke toko saat hari raya.

Ibu Ratianah mengatakan produksi kebaya merupakan usaha multinasional, dengan banyak hasil produksinya dikirim ke luar negeri, seperti ke pengrajin bordir di Malaysia dan Indonesia.

Pengrajin kebaya lainnya, Heath Yeo (51), mengatakan kebaya adalah pakaian yang menyatukan orang-orang lintas ras di Singapura. Meskipun sebagian besar dikenakan oleh orang Melayu dan Peranakan, orang Tionghoa dan Eurasia juga memakainya dan menyesuaikannya dengan budaya mereka melalui berbagai motif bordir, tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Street Food Singapura Masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Nominasi kebaya ini menyusul suksesnya budaya jajanan street food Singapura– elemen pertama Singapura dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO – pada 16 Desember 2020, setelah negara tersebut secara resmi mengajukan penawarannya pada Maret 2019.

Yeo Kirk Siang, direktur divisi warisan dan penelitian NHB, mengatakan nominasi bersama tersebut merupakan proyek terpisah dari nominasi nasional kedua Singapura untuk elemen warisan budaya takbenda dalam daftar UNESCO.

Pemerintah pada bulan Maret telah mengumumkan daftar pendek 10 elemen untuk nominasi kedua. Yeo mengatakan NHB masih berkonsultasi dengan publik dan berbagai komunitas dalam daftar pendek, dan akan memberikan pembaruan dalam waktu dekat tentang rencananya.

Pada 2021, 61 elemen multinasional telah ditambahkan ke daftar UNESCO. Mereka termasuk pengerjaan pembuatan jam mekanis dan mekanik seni – nominasi bersama oleh Swiss dan Prancis, serta kopi Arab, praktik dilakukan di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Oman dan Qatar.

Secara terpisah, Singapore Botanic Gardens masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.