Sukses

Tak Terima Kalah di Pemilu, Jair Bolsonaro Maju ke Pengadilan Tinggi

Mantan kandidat pemilu presiden Jair Bolsonaro mengajukan pengaduan ke Pengadilan Tinggi.

Liputan6.com, Brasilia - Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro tak terima akan kekalahannya dalam pemilihan bulan lalu dari saingan sayap kiri, Luiz Inacio Lula da Silva.

Dilansir Al Jazeera, Rabu (23/11/2022), sekutu Bolsonaro telah mengajukan pengaduan ke Pengadilan Tinggi Pemilihan (TSE) negara itu untuk meminta "verifikasi luar biasa" dari hasil pemilihan, menurut laporan CNN Brasil pada hari Selasa.

Mereka mengutip hasil audit mereka sendiri dalam pemilihan putaran kedua 30 Oktober, di mana Lula menambah kemenangan tipis atas presiden petahana. Sekutu Jair Bolsonaro mengklaim audit tersebut menunjukkan bukti “malfungsi” pada mesin pemungutan suara elektronik yang lebih tua.

“Ada tanda-tanda kegagalan serius yang menimbulkan ketidakpastian dan membuat tidak mungkin untuk memvalidasi hasil yang dihasilkan,” dugaan pengaduan tersebut, menyerukan agar surat suara yang diproses di mesin tersebut “dibatalkan”.

Dengan kemenangan Lula yang diverifikasi oleh TSE dan diakui oleh tokoh-tokoh politik di Brasil dan di seluruh dunia, keluhan tersebut sepertinya tidak akan mengubah hasil akhir.

Namun, langkah tersebut dapat menggembleng para pendukung presiden yang retorika anti-demokrasinya telah memicu kekhawatiran bahwa dia dapat mengganggu transisi kekuasaan yang damai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebar Klaim Tak Berdasar

Beberapa bulan menjelang pemilu, Bolsonaro menyebarkan klaim tidak berdasar bahwa sistem pemilu negara itu penuh dengan kecurangan. Kritikus khawatir bahwa ia akan berusaha untuk membatalkan hasil.

Kekhawatiran itu mereda saat pemilu berjalan tanpa masalah penting. 

Setelah hampir dua hari yang tenang setelah kekalahannya, Bolsonaro dilaporkan mengatakan kepada hakim Mahkamah Agung Brasil: “ Sudah berakhir ”.

3 dari 4 halaman

Tak Akui Kekalahan

Namun, meski Bolsonaro mengizinkan pemerintahannya untuk memulai proses transisi , dia tidak pernah mengakui kekalahan. Pendukung Bolsonaro turun ke jalan, menyerukan militer turun tangan untuk menghentikan kemenangan Lula.

Polisi Brasil mengatakan pengemudi truk, daerah pemilihan utama Bolsonaro, telah memblokir sebagian atau seluruhnya jalan raya di 271 titik sebagai bagian dari protes.

Mahkamah Agung memerintahkan agar penghalang jalan disingkirkan, tetapi beberapa pendukung Bolsonaro terus meminta presiden untuk menolak keinginan para pemilih. Pengaduan yang diajukan pada hari Selasa kemungkinan akan mendorong protes lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Audit Penuh

Alexandre de Moraes, hakim Mahkamah Agung yang memimpin TSE, mengatakan dalam sebuah keputusan bahwa koalisi elektoral sayap kanan Bolsonaro harus menyerahkan audit penuhnya untuk kedua putaran pemilihan presiden bulan lalu dalam waktu 24 jam, atau dia akan menolak pengaduan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.