Sukses

Spanyol Atur Masalah Sampah dan Daur Ulang Lewat Undang-Undang

Spanyol memiliki undang-undang soal sampah dan daur ulang.

, Madrid - Diloloskan pada April lalu, undang-undang baru yang mengatur pembuangan sampah di Spanyol akan berlaku penuh pada tahun 2023. Restoran sekarang diharuskan menyediakan air keran gratis kepada pelanggan untuk mengurangi limbah dari botol air plastik.

"Namun, ada kesenjangan besar antara aspirasi dan kenyataan," kata Borja Mateu, yang bekerja di pusat penelitian INESCOP di Alicante, di mana dia mengelola sebuah pabrik daur ulang kecil. Dan di sini juga, di Costa Blanca, Anda bisa merasakan adanya bahan kimia di air keran. Uni Eropa telah berulang kali menegur Spanyol, memperingatkan bahwa proses pengolahan airnya tidak memadai.

Dilansir DW Indonesia, Selasa (22/11/2022), Spanyol adalah produsen botol sekali pakai terbesar kelima di Uni Eropa, demikian menurut riset Greenpeace. Dan sangat sedikit yang didaur ulang.

Indeks Sampah Global 2022 menemukan bahwa Jerman menghasilkan lebih banyak sampah daripada Spanyol — 632 kilogram dibanding 455 kilogram per kapita — tetapi setengah dari sampah ini didaur ulang, sedangkan kuota Spanyol hanya berjumlah 86 kilogram per orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengenaan Pajak

Pajak baru dikenakan pada wadah plastik sekali pakai dan satu lagi pada limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah atau untuk dibakar. Tujuannya adalah untuk membantu Spanyol mengurangi jumlah sampah yang dihasilkannya hingga 15% dari tingkat tahun 2010 pada tahun 2030.

"Undang-undang limbah yang baru juga melarang pemasaran produk plastik sekali pakai, serta produk kosmetik dan deterjen yang mengandung mikroplastik, dan membatasi penghancuran atau pembuangan produk tahan lama yang tidak terjual, termasuk tekstil, mainan, atau peralatan listrik," kata May Lopez, pakar lingkungan keberlanjutan di EAE Business School, Madrid.

3 dari 4 halaman

Tantangan Baru

Keadaan ini jadi tantangan bagi perekonomian Spanyol. Pemilu parlemen akan berlangsung musim gugur mendatang, dan situasinya tampak tidak terlalu baik bagi Perdana Menteri Sosialis Pedro Sanchez, terutama karena banyak pelaku bisnis yang mengeluh tentang peraturan dan pajak.

Banyak orang Spanyol, termasuk kaum oposisi, telah menyatakan skeptis tentang undang-undang tersebut. Isabel Diaz Ayuso, kepala pemerintahan daerah yang konservatif di Madrid, baru-baru ini menyamakan kebijakan Sanchez dengan sektarianisme dan komunisme.

Gerakan lingkungan tidak terlalu kuat di Spanyol. Meskipun demikian, undang-undang baru menetapkan bahwa restoran dan supermarket harus mengurangi limbahnya seminimal mungkin. Sisa makanan harus disumbangkan atau diolah menjadi pakan ternak. Pelanggan restoran sisa makanan mereka untuk dibawa pulang.

"Kami masih belum memiliki infrastruktur untuk mendukung beberapa sistem ini," kata Mateu.

4 dari 4 halaman

Hal Baru untuk Spanyol

Berbeda dengan Jerman, misalnya, Spanyol tidak memiliki sistem deposit universal untuk botol minuman.

Masalahnya terlihat saat Anda masuk ke pabrik daur ulang. Sebuah mesin memotong sepatu tua menjadi potongan-potongan kecil. "Kalau tidak, bisa berakhir di tempat pembuangan sampah akhir (TPA), padahal mengandung banyak bahan berharga," kata Mateu.

Spanyol juga merupakan rumah bagi dua raksasa industri mode cepat: Inditex dan Mango. Toko-toko seperti Primark, Bershka, Mango, Zara, dan Stradivarius berdiri berdampingan di jalan perbelanjaan Gran Via di Madrid. Setiap hari anak muda mengantre untuk membeli kaos dan jaket dengan potongan harga. Beberapa bulan kemudian, banyak dari barang-barang ini dibuang begitu saja atau ditinggalkan di jalan - dan hampir tidak ada orang yang tertarik untuk menggunakannya lagi.

Pakaian bekas dan pasar loak bukan hal umum di Spanyol. Meski banyak orang berbicara tentang pentingnya keberlanjutan, kata Mateu, hanya sedikit yang benar-benar mempertimbangkan apa artinya. Dalam hal ini, dia adalah pengagum sikap Jerman terhadap lingkungan.

Apotek di Spanyol, misalnya, membungkus kotak obat dengan kertas dan memasukkannya ke dalam kantong sebelum menyerahkannya kepada pelanggan. Ketika seorang pelanggan menolak kemasan ekstra untuk memasukkan kotak itu langsung ke dalam tasnya, pramuniaga itu tampak terkejut.

Kota-kota Spanyol tidak diragukan lagi lebih bersih daripada banyak kota di Jerman. Namun, ada ongkosnya untuk hal ini. Surat kabar El Diario menghitung bahwa biaya pengumpulan sampah dan layanan kebersihan kota di Madrid sekarang 70% lebih tinggi daripada sebelum pandemi. "Butuh lebih banyak waktu untuk mendidik masyarakat Spanyol," kata Borja Mateu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.