Sukses

Qatar Jadi Host Piala Dunia Pertama dalam Sejarah yang Kalah di Awal

Qatar mencetak sejarah usai kalah di pertandingan perdana piala dunia sebagai tuan rumah.

Liputan6.com, Doha - Qatar menjadi host piala dunia pertama dalam sejarah yang kalah di pertandingan pembuka. Seperti diketahui, Qatar melawan Ekuador pada Minggu (20/11) waktu setempat. 

Timnas Qatar gagal mencetak satu gol pun. Kiper Ekuador Hernan Galindez berhasil menjaga gawangnya hingga akhir pertandingan berkat pertahanan timnya yang kokoh. 

Striker Enner Valencia berhasil mencetak gol, padahal pertandingan baru berjalan beberapa menit saja.

Pada pertandingan berikutnya, Qatar akan menghadapi tim jawara dari Afrika, yakni Senegal. Selanjutnya, Qatar akan bertemu tim Belanda. 

Qatar berada di peringkat 50 di FIFA. Ekuador, Senegal, dan Belanda masing-masing ada peringkat 44, 18, dan 8 di dunia.

Menurut laporan Insider, Selasa (22/11/2022), Qatar berpotensi menjadi negara kedua dalam sejarah Piala Dunia yang tidak masuk 16 besar setelah Afrika Selatan. 

Pada pertandingan pembuka, Afrika Selatan berhasil menahan imbang Meksiko dengan skor 1-1. Afrika Selatan kemudian dikalahkan 3-1 oleh Uruguay, namun berhasil menang melawan Prancis dengan skor 2-1.

Piala Dunia Qatar 2022 juga diwarnai sejumlah kontroversi, terutama karena nasib para buruh migran yang tertindas dan diskriminasi Qatar terhadap LGBT. Selain itu, Qatar juga menuai pro dan kontra karena masalah larangan alkohol.

FIFA ikut membantu Qatar dengan melarang armband pelangi untuk dipakai. Para kapten timnas Eropa diancam kena kartu kuning apabila menggunakan simbol pelangi tersebut.

Para kapten, termasuk Harry Kane, Virgil van Dijk, dan Gareth Bale, lantas tidak jadi mengenakan armband pelangi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belanda Menang Lawan Senegal

Sebelumnya dilaporkan, Belanda memenangkan duel ketat melawan Senegal pada persaingan Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama Stadium, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB. Tim Oranye berjaya 2-0 berkat gol telat pemain muda berbakat Cody Gakpo dan Davy Klaasen.

Kedua tim tampil terbuka sejak awal laga yang disiarkan langsung SCTV dan Moji, serta juga dapat disaksikan melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola ini. Namun, mereka sama-sama gagal menguji kiper rival.

Tandukan Daley Blind masih melebar. Sementara Frenkie de Jong terlalu lama menguasai bola saat sudah berhadapan dengan penjaga gawang Edouard Mendy, sehingga si kulit bundar akhirnya dibuang bek Senegal.

Di sisi lain lapangan, Virgil van Dijk menggunakan kepalanya untuk memblok tendangan Ismaila Sarr. Kapten Tim Oranye itu lalu memenangkan duel udara pada sepak pojok. Sayang sundulannya melenceng.

Tendangan tepat sasaran baru tiba di menit ke-33. Bek Senegal Youssouf Sabaly berusaha dari jauh. Bola mudah dijinakkan kiper debutan Belanda Andries Noppert.

Steven Berghuis bernasib serupa. Percobaannya juga melambung. Skor 0-0 pada babak pertama Senegal vs Belanda.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Tempo pertandingan tidak berbeda selepas jeda. Van Dijk kembali memaksimalkan situasi bola mati untuk mengancam gawang Mendy. Tapi sundulannya kali ini terlalu tinggi.

Dengan laga berlangsung ketat, pelatih Belanda Louis van Gaal memasukkan Memphis Depay. Pemain Barcelona ini pulih cedera hamstring yang memaksanya absen sejak September lalu.

Namun, justru Senegal yang mengancam. Boulaye Dia lepas usai menerima umpan terobosan. Tapi tendangannya masih bisa dihentikan Noppert. Selanjutnya giliran Idrissa Gueye yang menguji sang kiper.

Dengan laga menuju hasil imbang, Gakpo menanduk bola ke gawang kosong karena blunder Mendy di menit ke-84. Senegal tidak tinggal diam. Pape Gueye memaksa Nobbert bekerja keras.

Saat Senegal coba menyamakan kedudukan, serangan balik Belanda berbuah gol kedua. Tendangan Depay bisa dimentahkan Mendy. Bola muntah lalu disambar Klaasen saat laga memasuki sembilan menit tambahan waktu. Tim Oranye pun menang 2-0. 

Belanda selanjutnya bersua Ekuador, Jumat (25/11/2022). Sedangkan Senegal meladeni tuan rumah Qatar di hari yang sama.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Senegal (4-3-3): Eduard Mendy; Pape Abou Cisse, Abdou Diallo (Ismail Jakobs 62), Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Cheikhou Kouyate (Pape Gueye 74); Ismaila Sarr, Boulaye Dia (Bamba Dieng 69), Krepin Diatta (Nicolas Jackson 74)

Belanda (3-5-2): Andries Noppert; Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Cody Gakpo (De Roon 90+4), Steven Berghuis (Teun Koopmeiners 79), Daley Blind; Vincent Janssen (Memphis Depay 62), Steven Bergwijn (Davy Klaassen 79)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.