Sukses

10 Ribu Lebih Pengunjung Nikmati Produk UMKM Lokal Berkualitas di SMEs Future Village

Side event G20 yakni SMEs Future Village telah memasuki hari terakhirnya.

Liputan6.com, Denpasar - SMEs Future Village, side event G20 yang digagas oleh KemenkopUKM telah memasuki hari terakhirnya. Acara yang memamerkan produk lokal UMKM ini diadakan bersamaan dengan momen G20, yang harapannya dapat menarik perhatian para delegasi KTT G20 yang hadir di Bali. 

Diselenggarakan sejak 10 November 2022, hari ini acara tersebut bakal resmi berakhir. 

Acara ini pun telah dihadiri oleh lebih dari 10 ribu pengunjung sejak awal pembukaannya diresmikan oleh Menkop Teten Masduki. Sementara selama pameran dibuka, sederet menteri yang telah hadir di antaranya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Side event ini mengambil tema "Future SMEs Village, Local Wisdom for Global Sustainability" dan merupakan bentuk kepedulian dari Kementerian Koperasi dan UMKM terhadap pengusaha lokal dan pengerajin dalam negeri.

Adapun, acara ini memiliki tujuan utama untuk memamerkan hasil karya anak bangsa demi bisa merambah pasar global. Harapannya, mereka dapat unjuk gigi dan memamerkan karyanya kepada delegasi maupun tamu-tamu yang hadir dalam ajang KTT G20 ini.

Pada momen tersebut, para pelaku usaha memiliki kesempatan untuk menunjukkan keragaman budaya lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Kegiatan yang Hadir

Selama penyelenggaraannya, berbagai kegiatan telah berhasil dilakukan. 

Ini termasuk kegiatan seni budaya dari berbagai daerah di Nusantara. Tari Bali Tradisi Ngelawang, Kolintang Ferdinand Soputan Ansamble, Amazing Gorontalo dan Gorontalo Innovatif Choir, Sound of Belitung, Makan bersama Tumpeng khas Banjar “Astakona”, fashion show bertajuk "The Magnificent Garut" yang merepresentasikan budaya Jawa Barat yang berkolaborasi dengan desainer ternama Poppy Dharsono dan fashion show Casual and Sporty dari Scarf Media.

Kegiatan lain yang juga diadakan adalah talkshow Teknologi Digital pengembangan UKM dan Migitasi Digital, Daur Ulang Sampah Save Earth Save Our Generation by Wahyu Lestari Buana Fondation, Sustainable Agricultural Development dan Manfaat Rempah Yayasan Taut Seni.

Kegiatan menarik lainnya Pameran Kendaraan Listrik, Sepedagi dan Diskusi lingkungan dan Ekonomi Hijau bersama Yayasan Bambu Lestari.

3 dari 4 halaman

Wadah Para UMKM

Future SMEs Village yang berlokasi di area Bali Collection Nusa Dua, dijadikan pusat para delegasi G20 untuk berkumpul dan berinteraksi serta menikmati ciptaan karya terbaik nusantara.

Di Future SMEs Village, para delegasi dapat menikmati Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, Future Food dan Future Wellness serta berbagai performance tradisional dan contemporer serta arsitektur berbahan bambu selama pelaksanaan Future SMEs Village.

Acara ini pun berhasil terselenggara dengan dukungan Kemenkop UKM, Smesco dan Bali Collection sebagai tuan rumah, Kemenkomarves, Kemendag, Yayasan Bambu Lestari, Yayasan Taut Seni, Telkomsel, Rumah BUMN, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, PELINDO, Pertamina, PLN, PIHC, SIG, Telkom Indonesia, PNM, Angkasapura, PT POS Indonesia, Honda, XL Axiata, PT POS Indonesia, LSPR, Datam Korea.

Ada pun acara ini juga mendapat dukungan dari Lembaga Asosiasi UKM , antara lain House of Craft Dekranas, Kadin, Gallery Semesta Kemenkop UKM, 13 Perwakilan daerah Smesco Hub Timur, Grab, Bagasi, W20, Human, Jasa Raharja, Eiger, dan juga Kantor Pos yang menyediakan merchandise edisi G20 yang berupa paket perangko bertemakan G20. 

4 dari 4 halaman

Hadirkan Berbagai Suguhan

Para pengunjung disuguhkan dengan berbagai makanan tradisional dan rempah Indonesia.

Dengan demikian, para tamu bisa dikenalkan dengan warisan otentik dan budaya Indonesia yang sangat menarik. 

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengalaman murni bagi pengunjung, yang mungkin tidak bisa dirasakan di tempat lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.