Sukses

Korea Utara Tembak Rudal Lagi yang Kedua dalam 2 Hari, Jepang Geram

Korea Utara menembakkan rudal diduga jenis ICBM yang diduga ke laut lepas Jepang, menurut pejabat Korea Selatan dan Jepang.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara meluncurkan rudal yang diduga intercontinental ballistic missile (ICBM) atau rudal balistik antarbenua pada Jumat 18 November 2022. Ini merupakan uji coba rudal kedua oleh rezim Kim Jong-un dalam dua hari, merupakan tindakan yang dikutuk sebagai tidak dapat diterima oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

"Rudal yang diduga ICBM diluncurkan sekitar pukul 10.15 waktu setempat dari daerah Sunan di ibu kota Korea Utara, Pyongyang," kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan seperti dikutip dari CNN, Jumat (18//11/2022).

Kishida mengatakan rudal kemungkinan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, sekitar 210 kilometer (130 mil) barat pulau Jepang Oshima Oshima, menurut Penjaga Pantai Jepang. Rudal itu tidak terbang di atas Jepang.

“Korea Utara terus melakukan tindakan provokatif dengan frekuensi yang belum pernah terlihat sebelumnya,” kata Kishida kepada wartawan pada pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand hari Jumat.

“Saya ingin menyatakan kembali bahwa kami tidak dapat menerima tindakan seperti itu,” imbuh Kishida.

Pemerintah Jepang akan terus mengumpulkan dan menganalisis informasi dan memberikan pembaruan segera kepada publik, katanya. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan kapal di laut, tambah Kishida.

Pangkalan Udara Misawa mengeluarkan shelter in place alert atau peringatan berlindung setelah diketahui penembakan rudal, menurut Kolonel Angkatan Udara AS Greg Hignite, direktur urusan publik untuk Pasukan AS Jepang. Sekarang telah dicabut dan militer AS masih menganalisis jalur penerbangan, katanya.

Peluncuran itu terjadi satu hari setelah Pyongyang menembakkan rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timur Semenanjung Korea, dan mengeluarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat tentang "perlawanan militer yang lebih keras" untuk hubungan pertahanan yang lebih erat dengan Korea Selatan. dan Jepang.

Ini adalah peluncuran uji ICBM kedua yang dicurigai bulan ini – rudal sebelumnya yang ditembakkan pada 3 November tampaknya gagal, kata sumber pemerintah Korea Selatan kepada CNN pada saat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Tes Rudal

Percepatan agresif dalam pengujian senjata dan retorika telah memicu peringatan di kawasan, dengan AS, Korea Selatan, dan Jepang merespons dengan peluncuran rudal dan latihan militer bersama.

Leif-Eric Easley, profesor Kajian Internasional di Ewha Womans University di Seoul, mengatakan Korea Utara "mencoba untuk mengganggu kerja sama internasional melawannya dengan meningkatkan ketegangan militer dan menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan menahan kota-kota Amerika dari risiko serangan nuklir."

Korea Utara telah melakukan uji coba rudal selama 34 hari tahun ini, terkadang menembakkan beberapa rudal dalam satu hari, menurut hitungan CNN. Penghitungan tersebut mencakup rudal jelajah dan balistik, dengan yang terakhir menjadi mayoritas uji coba Korea Utara tahun ini.

Ada perbedaan substansial antara kedua jenis rudal ini.

Rudal balistik diluncurkan dengan roket dan bergerak ke luar atmosfer Bumi, meluncur di angkasa sebelum memasuki kembali atmosfer dan turun, hanya ditenagai oleh gravitasi ke sasarannya.

Rudal jelajah ditenagai oleh mesin jet, tetap berada di dalam atmosfer Bumi selama penerbangannya dan dapat bermanuver dengan permukaan kendali yang mirip dengan pesawat terbang.

 

3 dari 4 halaman

Analis: Upaya Modernisasi Kekuatan Nuklir Korea Utara

Ankit Panda, rekan senior dalam Program Kebijakan Nuklir di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan bahwa meskipun dia tidak akan melihat dugaan peluncuran ICBM hari Jumat "sebagai pesan, per se," itu dapat dilihat sebagai bagian dari "proses" Korea Utara. pengembangan kemampuan yang telah diidentifikasi Kim sebagai hal yang penting untuk modernisasi kekuatan nuklir mereka.”

Pengamat AS dan internasional telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa Korea Utara tampaknya sedang mempersiapkan uji coba nuklir bawah tanah, dengan citra satelit yang menunjukkan aktivitas di lokasi uji coba nuklir. Tes semacam itu akan menjadi yang pertama di negara terisolaso itu dalam lima tahun.

4 dari 4 halaman

Jepang: ICBM Korea Utara Memiliki Jangkauan Mencapai Daratan AS

Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) dengan jangkauan yang cukup untuk mencapai daratan AS, kata menteri pertahanan Jepang mengutip laporan BBC

Rudal itu mendarat di laut kira-kira 210 km (130 mil) barat Hokkaido.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menyerukan tindakan pencegahan yang lebih kuat terhadap Korea Utara.

Pada hari Kamis, Menlu Korea Utara Choe Son Hui memperingatkan tanggapan yang "lebih keras" terhadap setiap peningkatan kehadiran militer AS. Lalu diketahui pada hari yang sama terjadi peluncuran rudal balistik jarak pendek.

Peluncuran tersebut terjadi setelah pertemuan Minggu 13 November 2022 antara Presiden Yoon, Presiden AS Joe Biden dan PM Jepang Fumio Kishida di Kamboja. Biden kemudian mengatakan ketiga sekutu itu "lebih selaras dari sebelumnya" pada "perilaku provokatif" Korea Utara.

Korea Utara telah menembakkan lebih dari 50 rudal selama dua bulan terakhir, kebanyakan dari rudal jarak pendek. Peluncuran jarak jauh terpantau lebih jarang, dan menimbulkan ancaman langsung ke AS, karena rudal dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir ke mana saja di daratan AS.

ICBM yang diduga terbaru ditembakkan pada pukul 10:15 waktu setempat (02:15 GMT) dari dekat ibu kota Korea Utara, Pyongyang, kata kepala militer di Seoul.

Rudal tersebut bisa mencapai ketinggian 6.100 km pada lintasan tinggi dan menempuh jarak 1.000 km (621 mil), mencapai kecepatan Mach 22, kata militer Korea Selatan.

Lintasan yang lebih tinggi berarti rudal terbang jauh lebih tinggi ke luar angkasa tetapi melintasi jarak yang lebih pendek daripada jika ditembakkan pada lintasan normal.

Namun Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan rudal itu memiliki jangkauan yang cukup untuk mencapai AS.

“Berdasarkan perhitungan dengan mempertimbangkan lintasan, rudal balistik kali ini dapat memiliki kemampuan jangkauan 15.000 km, tergantung pada berat hulu ledaknya, dan jika demikian, berarti daratan AS berada dalam jangkauannya. " sambung Hamada.

"Kami telah mengatakan kepada (Pyongyang) bahwa kami benar-benar tidak dapat mentolerir tindakan seperti itu," kata Kishida kepada wartawan di Thailand.

Pola Penembakan Rudal

Pola Korea Utara selama beberapa bulan terakhir adalah meluncurkan rudal sebagai tanggapan atas aktivitas militer AS di sekitar Semenanjung Korea.

Korea Utara kabarnya sedang mengembangkan rudal jarak jauh jenis baru, Hwasong-17, yang lebih besar dari ICBM yang telah berhasil diuji di masa lalu.

Para ahli percaya bahwa beberapa upaya untuk meluncurkan Hwasong-17 telah gagal, dan Korea Utara belum dapat menerbangkannya secara penuh.Awal bulan ini Korea Utara meluncurkan ICBM tetapi gagal di tengah penerbangan, menurut militer Korea Selatan.

Pada bulan Oktober, Korea Utara meluncurkan rudal balistik di atas Jepang - pertama kali melakukannya dalam lima tahun.

Terlepas dari sanksi yang melumpuhkan, Pyongyang melakukan enam uji coba nuklir antara 2006 dan 2017 dan diyakini merencanakan yang ketujuh. Selain itu juga terus meningkatkan kemampuan militernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.