Sukses

PM Kanada Justin Trudeau Nongkrong Bareng PM Inggris Rishi Sunak di Bali, Pesan Beer dan Mango Spritz

Justin Trudeau memesan beer sedangkan Rishi Sunak memesan mango spritz.

Liputan6.com, Nusa Dua - Ada penampakan menarik dari penyelenggaraan G20 di Bali. Dua perdana menteri muda dari Kanada dan Inggris kedapatan hangouts atau nongkrong bersama.

Uniknya, Justin Trudeau memesan beer sedangkan Rishi Sunak memesan mango spritz.

Keakraban keduanya tertangkap kamera lewat unggahan dari jurnalis Inggris Kitty Donaldson dengan akun Twitter-nya bernama @kitty_donaldson.

Dalam unggahannya, ia mengatakan bahwa ia menyaksikan PM Kanada dan PM Inggris memesan minuman di sebuah restoran di Bali.

PM Kanada Justin Trudeau Jadi Rebutan Selfie di G20

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjadi sasaran selfie oleh para delegasi G20 Bali. Justin Trudeau tiba di Bali pada Senin (14/11/2022). Pesawat Trudeau dikabarkan mengalami delay, sehingga ia langsung berangkat ke Nusa Dua untuk memberikan keynote speech di B20 summit.

B20 adalah salah satu rangkaian G20. Acara puncak B20 digelar pada 13-14 November 2022.

Dalam pidatonya, PM Trudeau membahas investasi Kanada, pentingnya kolaborasi antara bisnis, sipil, dan pemerintah, serta mendukung efek positif dari teknologi yang merata, dan menyorot pentingnya investasi ke sumber daya manusia.

Ia berpesan bahwa investasi kepada sumber daya manusia merupakan hal yang perlu dilakukan baik itu oleh perusahaan maupun pemerintah.

"Kita harus terus mengutamakan manusia dan para pekerja. Para pemimpin bisnis seperti kalian paham betul bahwa infrastruktur sosial sama pentingnya seperti membangun jalanan dan jembatan," ujar PM Justin Trudeau. 

"Pemimpin-pemimpin bisnis yang cerdas memahami bahwa mereka perlu berinvestasi pada pekerja mereka," tegas PM Trudeau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Invasi Rusia

Tak lupa, PM Trudeau ikut membahas dampak dari invasi Rusia ke Ukraina. Perang tersebut dianggap memicu masalah pangan dan energi.

"Perang brutal Rusia di Ukraina menciptakan krisis pangan dan energi, mengganggu rantai pasokan, menambah biaya hidup," ucap PM Trudeau.

Setelah selesai pidato, Justin Trudeau langsung dikerubungi para hadirin di penutupan B20 Summit. Para warga antusias ingin selfie dengan perdana menteri yang terkenal tampan itu.

Kerumunan warga terus mengelilingi PM Trudeau untuk meminta selfie saat ia berjalan hingga pintu keluar aula. 

3 dari 4 halaman

PM Kanada ke Nusa Dua Pakai Kendaraan Listrik

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20 pada 15-16 November di Nusa Dua, Bali. 

Ia hadir pada Senin (14/11/2022), tak lama setelah Presiden Xi Jinping. 

Dalam pantauan Liputan6.com melalui siaran Live Media Center KTT G20, PM Trudeau dan rombongan langsung bertolak menuju area Nusa Dua dengan kendaraan listrik dan dikawal dengan pengawalan ketat. 

Sebelumnya, Pesawat Air China yang ditumpangi oleh Xi dan rombongan tiba pada pukul 15.01 WITA.

Pesawat yang membawa rombongan tim pendahulu Presiden China Xi Jinping tampak telah tiba di Bali, Indonesia Senin (14/11). Hal ini tampak dari pantauan Liputan6.com di Media Center KTT G20, Nusa Dua Bali.

Pesawat Air China bergambar bendera Tiongkok itu tiba di Bali pada pukuln 13.43 WITA. Meski demikian, Xi Jinping belum tiba saat itu.

Rombongan yang dibawa oleh Air China tersebut merupakan tim advance dari pemerintah Tiongkok.

4 dari 4 halaman

Jokowi di KTT G20, Minta Negara Berkembang Dilibatkan Cari Solusi Masalah Kesehatan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta dunia lebih melibatkan peran negara berkembang dalam menciptakan solusi kesehatan. Menurut dia, dengan keterlibatan negara berkembang maka kesenjangan dapat diminimalisir.

"Negara berkembang harus diberdayakan sebagai bagian dari solusi. Kesenjangan kapasitas kesehatan tidak dapat dibiarkan. Negara berkembang perlu kemitraan yang memberdayakan," kata Jokowi saat pembahasan sesi kedua KTT G20 di Nusa Dua Bali, Selasa (15/11/2022).

Jokowi mendorong, negara berkembang harus menjadi bagian rantai pasok kesehatan global, termasuk pusat manufaktur dan riset. Caranya dengan jalan investasi industri kesehatan ditingkatkan, kerja sama riset dan transfer teknologi dan akses bahan baku produksi untuk negara berkembang yang terus diperluas.

"TRIPS Waiver harus diperluas pada semua solusi kesehatan termasuk diagnostik dan terapeutik. WHO juga harus merealisasikan komitmennya terkait hubs dan spokes solusi kesehatan," dorong kepala negara.

Jokowi berharap, dunia tidak mengulang kesalahan saat pandemi Covid-19. Tiga tahun mengatasi badai Covid-19 menjadi pelajaran berharga untuk menyiapkan dunia dari darurat kesehatan global.

"Never again harus menjadi mantra kita bersama. Saya menantikan pandangan dan kontribusi Yang Mulia bagi penguatan arsitektur kesehatan dunia," Jokowi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.