Sukses

Timor Leste Diakui Jadi Anggota ASEAN ke-11

Timor Leste kini diakui menjadi anggota baru dari ASEAN.

Liputan6.com, Phnom Penh - Timor Leste diakui sebagai anggota ke-11 dari ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) usai KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 Phnom Penh, Kamboja. 

Menurut pernyataan ASEAN Leaders' Statement on the Application of Timor-Leste for ASEAN Membership disepakati bahwa Timor Leste akan diberikan status observer atau pengamat dalam organisasi ini.

"Para Pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, berkumpul di Phnom Penh, Kerajaan Kamboja untuk KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 dan KTT Terkait, dengan mempertimbangkan hasil Misi Pencari Fakta ke Timor-Leste yang dilakukan oleh Badan Politik ASEAN - Komunitas Keamanan, Komunitas Ekonomi ASEAN dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN, dan menyepakati prinsip mengakui Timor-Leste sebagai anggota ASEAN yang ke-11," bunyi pernyataan tersebut. 

Para pemimpin telah membahas hal ini pada sesi pleno yang diadakan di ibu kota Kamboja pada Jumat (11/11). 

Para pemimpin ASEAN mengatakan bahwa semua negara anggota dan pihak eksternal akan sepenuhnya mendukung Timor-Leste untuk mencapai tonggak sejarah dengan memberikan "bantuan peningkatan kapasitas dan dukungan lain yang diperlukan untuk keanggotaan penuhnya di ASEAN".

Dalam pertemuan ini, para pemimpin militer Myanmar tidak hadir, karena mereka dilarang menghadiri pertemuan tingkat tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi dan Iriana Hadiri Upacara Pembukaan KTT ASEAN di Kamboja

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha, Phnom Penh, Jumat (11/11/2022).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba di Hotel Sokha sekitar pukul 07.50 waktu setempat. Kedatangan Jokowi disambut Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi dan Iriana kemudian menuju Ballroom Hotel Sokha untuk mengikuti upacara pembukaan. Setelah itu, dia bersama pemimpin ASEAN lainnya berkesempatan meninjau pameran foto dan peluncuran buku Cambodia’s Contribution to ASEAN.

Usai upacara pembukaan, Jokowi kemudian akan mengikuti Sidang Pleno KTT ASEAN ke-40 dan sesi Retreat KTT ASEAN ke-41.

3 dari 4 halaman

Didampingi Sejumlah Menteri

Pada pembukaan KTT ASEAN ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebelumnya, Jokowi mengawali agenda kerjanya di Phnom Penh dengan melakukan audiensi secara tertutup dengan Raja Kamboja Norodom Sihamoni di Istana Kerajaan Kamboja pada Kamis, 10 November 2022. 

Dia juga menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA) dan Presiden Asian Development Bank (ADB).

4 dari 4 halaman

Gelar Pertemuan Bilateral

Jokowi kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Kedua pemimpin negara menyampaikan kekecewaannya atas situasi di Myanmar saat ini.

"Kedua pemimpin menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya komitmen junta militer Myanmar dalam mengimplementasikan 5-point consensus," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (11/11/2022).

Dalam pertemuan itu, kata dia, Jokowi dan PM Lee juga membahas soal G20 dan rencana pertemuan leaders’ retreat tahun depan. PM Lee memastikan kehadiran di KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Mengenai G20, Singapura menyampaikan dukungan penuh terhadap Presidensi G20 Indonesia dan PM Singapura kembali memberikan konfirmasi akan hadir sebagai salah satu undangan," jelas Retno.

Terakhir, kedua pemimpin sepakat akan melakukan leaders’ retreat tahun depan di kuartal pertama. Adapun Singapura akan menjadi tuan rumah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.