Sukses

Korea Utara Tembak Rudal Balistik Lagi ke Arah Laut Jepang, Korsel Waspada

Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak pendek ke arah perairan di lepas pantai timurnya pada Rabu (9/11/2022), menurut Joint Chiefs of Staff (JCS) atau Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Liputan6.com, Sukchon - Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak pendek ke arah perairan di lepas pantai timurnya pada Rabu (9/11/2022), menurut Joint Chiefs of Staff (JCS) atau Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Mengutip CNN, rudal Korut itu ditembakkan pada pukul 15.31 waktu setempat dari daerah Sukchon di Provinsi Pyongan Selatan, menurut JCS. Selain itu disebutkan bahwa militer Korea Selatan telah memperkuat pengawasannya dan bekerja sama erat dengan Amerika Serikat.

Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan rudal itu terbang sekitar 250 kilometer (sekitar 155 mil) "pada ketinggian yang sangat rendah sekitar 50 kilometer (sekitar 31 mil) atau kurang," dan mendarat di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Menhan Yasukazu Hamada menambahkan bahwa pihak berwenang masih memeriksa rincian lebih lanjut seperti orbit rudal, dan mengutuk peluncuran itu sebagai ancaman "perdamaian dan keamanan negara kita, kawasan dan komunitas internasional."

Hari ke-32 Korut Uji Coba Rudal Tahun 2022

Menurut hitungan CNN, peluncuran rudal ini menandai hari ke-32 tahun ini Korea Utara melakukan uji coba rudal. Penghitungan itu mencakup rudal balistik dan rudal jelajah.

Sebaliknya, Korea Utara hanya melakukan empat tes pada tahun 2020, dan delapan pada tahun 2021.

Peluncuran rudal hari Rabu dilakukan selama pemilihan paruh waktu di Amerika Serikat, dengan suara masih dihitung ketika Demokrat dan Republik bersaing untuk menguasai Kongres.

Juga pada hari Rabu, militer Korea Selatan mengatakan rudal yang ditembakkan minggu lalu adalah rudal SA-5 era Soviet jenis surface-to-air missile – bukan rudal balistik jarak pendek, seperti yang diklaim pada saat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

23 Rudal Korut ke Timur dan Barat Semenanjung Korea

Pada 2 November, Korea Selatan mengatakan Pyongyang telah menembakkan sebanyak 23 rudal ke timur dan barat Semenanjung Korea, termasuk SA-5 yang sekarang diidentifikasi, yang mendarat di dekat perairan teritorial Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak pembagian wilayah Korea.

JCS mengatakan rudal itu mendarat di perairan internasional 167 kilometer (104 mil) barat laut pulau Ulleung Korea Selatan, sekitar 26 kilometer selatan Garis Batas Utara – perbatasan maritim antar-Korea de facto, yang tidak diakui Korea Utara.

Puing-puing dari rudal itu dievakuasi dari laut, dan ditampilkan kepada pers di Kementerian Pertahanan di Seoul pada hari Rabu.

 

3 dari 4 halaman

Korut-Korsel Menegang

Ketegangan di Semenanjung Korea terus meningkat tahun ini, dengan Korea Selatan dan AS menanggapi uji coba rudal Pyongyang dengan meningkatkan latihan bersama dan latihan militer, serta uji coba rudal mereka sendiri.

Korea Selatan juga saat ini melakukan latihan mandiri dalam latihan tahunan yang menekankan operasi pertahanan, menurut Kepala Staf Gabungan. Latihan diperkirakan akan berlanjut hingga Kamis.

Pada hari Senin, media pemerintah Korea Utara merilis gambar yang dimaksudkan untuk menunjukkan peluncuran rudal minggu lalu dengan peringatan bahwa apa yang disebutnya "histeria militer sembrono" AS dan sekutunya sedang menggerakkan semenanjung menuju "konfrontasi yang tidak stabil."

Rudal dan latihan angkatan udara Pyongyang membuktikan “keinginannya untuk melawan latihan udara gabungan musuh,” kata laporan itu.

AS dan pengamat internasional telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa Korea Utara tampaknya sedang mempersiapkan uji coba nuklir bawah tanah, dengan citra satelit menunjukkan aktivitas di lokasi uji coba nuklir. Tes semacam itu akan menjadi yang pertama bagi negara pertapa itu dalam hampir lima tahun.

4 dari 4 halaman

Korea Utara Bantah Tuduhan Kirim Pasokan Senjata untuk Rusia

Korea Utara telah membantah klaim oleh Amerika Serikat bahwa mereka secara diam-diam mengirimkan senjata ke Rusia untuk perangnya di Ukraina, dengan mengatakan bahwa mereka tidak pernah menjual senjata ke Moskow dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya.

Pernyataan hari Selasa di Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi muncul setelah Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pekan lalu bahwa AS memiliki informasi yang mengindikasikan Korea Utara memasok Rusia dengan sejumlah peluru artileri "signifikan".

Dilansir Al Jazeera, Selasa (8/11/2022), ia mengatakan Korea Utara berusaha untuk mengaburkan pengiriman dengan menyalurkannya melalui negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan bahwa Washington sedang memantau untuk melihat apakah pengiriman telah diterima.

Seorang pejabat kementerian pertahanan Korea Utara menyebut tuduhan itu hanyalah "rumor" dan mengatakan Pyongyang "tidak pernah memiliki 'urusan senjata' dengan Rusia" dan "tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan".

"Kami menganggap langkah AS seperti itu sebagai bagian dari upaya permusuhannya untuk menodai citra DPRK di arena internasional dengan menerapkan 'resolusi sanksi' ilegal dari (Dewan Keamanan PBB) terhadap DPRK," kata pejabat itu dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh KCNA, mengacu pada Korea Utara dengan inisial nama resminya.

Teguran itu datang di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea setelah Korea Utara melakukan serangkaian uji coba senjata pekan lalu, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM), saat AS dan Korea Selatan melakukan latihan angkatan udara terbesar mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.