Sukses

Alasan Pagi Hari Burung Suka Berkicau

Ini sejumlah alasan mengapa burung suka berkicau di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Bangun pagi-pagi sekali dan tergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin akan mendengar 'paduan suara burung' yang berkicau dan itu sangat menentramkan hati.

Kicauan burung pada pagi hari ini adalah perilaku naluriah bagi hewan yang tergolong ungas ini. Tetapi mengapa? Apa yang mendorong mereka untuk mulai mengeong di pagi hari?

Menurut WIRED, nyanyian awal ini dikenal sebagai paduan suara fajar, dan dapat dimulai sejak pukul 4 pagi dan berlangsung selama beberapa jam.

Dikutip dari laman Mentalfloss, Senin (8/11/2022), burung melakukannya untuk menarik pasangan dan memperingatkan burung lain untuk menghindari wilayah mereka.

Satu teori mengapa mereka memilih waktu ini untuk mengkomunikasikan pesan penting tersebut karena jarak pandang yang rendah membuat sulit untuk melakukan aktivitas burung lainnya, seperti mencari makan.

Tingkat aktivitas mereka rendah, mereka memilih untuk bernyanyi. Teori lain menyatakan bahwa burung menggunakan vokal pagi untuk memproyeksikan citra kekuatan.

Dengan bernyanyi dengan penuh semangat, mereka membuat burung lain tahu bahwa mereka selamat malam itu. Tidak ada jaminan di alam dan akan menjadi pasangan yang sempurna.

Layaknya studio rekaman yang bagus, pagi hari juga memungkinkan burung mengirimkan nada yang jernih berkat udara yang lebih sejuk dan kering.

Karena burung memiliki kicauan yang khas, kejelasan tersebut membantu mereka lebih mudah dikenali oleh burung lain dalam jarak dengar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teori Lain Dibantah Peneliti

Dulu ada teori yang berlaku bahwa burung bernyanyi begitu banyak di pagi hari karena suara dapat menyebar lebih jauh karena turbulensi atmosfer yang lebih sedikit, tetapi itu dibantah oleh para peneliti di University of Western Ontario pada tahun 2003.

Mereka memutar rekaman burung pipit saat fajar dan tengah hari. Lagu-lagunya tidak bergerak lebih jauh, tetapi lebih konsisten.

Karena burung hanya memiliki begitu banyak energi untuk mengeluarkannya, bernyanyi saat mereka memiliki kesempatan terbaik untuk didengar adalah hal yang masuk akal.

Bagi seekor burung, sesi pagi hari seperti memiliki lingkungan akustik yang sempurna untuk pertunjukan mereka.

3 dari 4 halaman

Ribuan Burung Beo Australia Jatuh Mati dari Langit

Bicara soal burung, Lorikeet Paralysis Syndrome (LPS) atau Sindrom Kelumpuhan Lorikeet adalah penyakit musiman yang terjadi setiap tahun antara Oktober hingga Juni yang menyebabkan lorikeet jatuh dari langit dan tidak bisa bergerak.

Mengutip dari Odditycentral, Senin (7/11/2022), ahli ornitologi dan dokter hewan telah mengetahui tentang LPS selama bertahun-tahun, tetapi terlepas dari upaya terbaik mereka, penyebab penyakit ini tetap menjadi misteri.

Hal ini sangat mengkhawatirkan karena penyakit ini menyerang ribuan burung lorikeet setiap tahun dan terbukti berakibat fatal. Burung-burung yang terserang tidak bisa makan atau melarikan diri dari pemangsa.

Kasus LPS telah dilaporkan di Australia sejak 1970. Meskipun para ilmuwan telah mampu menentukan beberapa 'kemungkinan' penyebabnya, tetapi mereka masih belum mengetahui apa penyebab sebenarnya.

“Kami mengesampingkan hal-hal umum yang mungkin menyebabkan gejala pada burung-burung ini – kami tahu itu bukan racun yang dihasilkan sebagai akibat polusi, itu bukan racun yang terkait dengan pestisida atau semacamnya,” kata Profesor David Phalen dari School of Veterinary Science University of Sydney kepada The Sydney Morning Herald. “Kami juga tahu itu bukan penyakit menular.”

Selama bertahun-tahun, banyak teori telah mencoba memecahkan misteri sindrom kelumpuhan yang menyerang spesies burung beo ini, tetapi belum ada satupun yang terkonfirmasi. 

Beberapa teori mengaitkan penyakit ini dengan keracunan timbal, defisiensi tiamin, seng atau selenium, dan beberapa dokter hewan percaya bahwa itu disebabkan oleh kerusakan pada tulang belakang leher.

 

4 dari 4 halaman

Diduga Keracunan Makanan

Sementara itu teori yang paling banyak diterima menyebutkan, LPS disebabkan oleh tanaman yang dimakan lorikeet pada bulan-bulan antara Oktober dan Juni.

Fakta bahwa penyakit LPS musiman dan terjadi di wilayah tertentu di Australia tentu mengarah ke sana. Akan tetapi, sejauh ini tidak ada yang dapat mengidentifikasi tanaman apa itu.

"Ada sejumlah besar makanan alami di luar sana, bunga dari segala jenis, tapi entah bagaimana itu menyebabkan penyakit," pakar burung Darryl Jones dari Griffith University mengatakan kepada ABC News. "Kami tidak tahu hubungannya - kami tahu apa itu, tetapi kami tidak tahu apa yang menyebabkannya atau mengapa."

Menemukan penyebab penyakit mengerikan ini telah terbukti sangat rumit. Sehingga para ahli burung mulai mengimbau masyarakat umum, meminta mereka untuk mengambil foto setiap kali mereka melihat lorikeet memakan tanaman tertentu.

Melalui foto-foto itu, para ahli dapat menyelidiki dan setidaknya mempertimbangkannya sebagai daftar tanaman yang berpotensi beracun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.