Sukses

Rendang dan Ayam Betutu Indonesia Masuk Daftar Makanan Pedas Paling Enak di Dunia

Menu asal Indonesia yakni rendang dan ayam betutu masuk ke dalam daftar makanan pedas paling enak di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang di dunia sangat menyukai makanan pedas, bahkan menyebut bahwa makanan terasa tidak enak tanpa rasa pedas. 

Berbagai cabai atau sumber pedas bisa menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan pedas. 

"Makanan pedas, atau setidaknya makanan berbumbu, jelas mendahului gagasan negara dan masakan mereka dalam waktu yang sangat, sangat lama," kata penulis India Saurav Dutt, yang menulis buku tentang makanan terpedas di anak benua India.

"Setiap bahan pedas memiliki nenek moyangnya masing-masing," katanya.

Salah satu makanan pedas terenak yang masuk daftar CNN World's best spicy foods adalah rendang yang disebutkan khas Indonesia serta Malaysia, lalu hidangan ayam betutu dari Bali dan Lombok Indonesia.

Dilansir CNN Indonesia, Selasa (8/11/2022), berikut adalah sejumlah makanan yang masuk dalam daftar makanan pedas di dunia, World's best spicy foods: 20 dishes to try:

1. Hot pot Sichuan, China

"Kegembiraan hidangan ini bukan hanya bahan hangat yang menyenangkan dari kayu manis, cengkeh, adas bintang dan, tentu saja, merica Sichuan, tetapi fakta bahwa Anda bisa memasak apa yang Anda suka dalam kaldu pedas yang menggelegak," kata koki kelahiran China Kwoklyn Wan, penulis "The Complete Chinese Takeout Cookbook.

Juga dikenal sebagai hot pot Chongqing, hidangan ini konon berasal dari makanan populer di kalangan tukang perahu Sungai Yangtze. Ini dinikmati oleh mereka yang dapat menahan pedasnya di seluruh China, belum lagi di tempat lain di seluruh dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rendang

Hidangan yang berasal dari Sumatera Barat, versi rendang daging sapi juga dinikmati di negara-negara tetangga Indonesia, termasuk Malaysia dan Brunei, serta Filipina.

Hidangan kari kering beraroma ini menggunakan daun jeruk purut, santan dan cabai merah, di antara rempah-rempah lainnya, untuk menghadirkan cita rasa yang kompleks. Hidangan ini sering disajikan kepada tamu dan disajikan dalam acara-acara besar.

3. Ayam Betutu

Populer di pulau Bali dan Lombok di Indonesia, khususnya, hidangan ayam utuh ini diisi dengan pasta rempah yang sangat aromatik ( betutu ) yang biasanya mencakup campuran cabai segar, lengkuas, kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit dan terasi, di antara bahan-bahan lainnya.

Ayam tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus, sehingga aromanya lebih harum dan membumbui ayam secara maksimal. Paling enak, ayam betutu sering disajikan pada upacara keagamaan di Bali, tetapi Anda juga akan menemukannya di restoran-restoran di sana. 

3 dari 4 halaman

4. Dakdoritang, Korea Selatan

Kimchi, hidangan dari kubis yang difermentasi mungkin merupakan hidangan pedas Korea yang pertama kali terlintas di benak Anda, tetapi jika Anda ingin tambahan rasa, dakdoritang adalah jawabannya.

Kenikmatan makanan secara maksimal, sup ayam ini pedas dengan bumbu gochugaru (bubuk cabai Korea) dan gochujang (pasta cabai Korea) yang dicampur dengan anggur beras, kecap, bawang putih, jahe, dan minyak wijen dalam saus yang direbus. Hidangan ini sering disajikan dengan wortel, bawang, dan kentang.

4 dari 4 halaman

5. Ayam Chettinad, India

Potongan ayam direbus dalam campuran bumbu panggang dan kelapa, dan secara tradisional disajikan dengan nasi kukus atau panekuk tipis India Selatan yang disebut dosa, chapati goreng atau naan.

6. Penne all'arrabbiata, Italia

"Arrabbiata" berarti "marah" dalam bahasa Italia. Dan penne all'arrabbiata memasangkan pasta penne yang relatif polos dengan rasa pedas dari sausnya (sugo all'arrabbiata) yang dicampurkan.

Daftar selengkapnya World's best spicy foods: 20 dishes to try:

  1. Egusi soup, Nigeria
  2. Sichuan hot pot, China
  3. Som tam, Thailand
  4. Piri-piri chicken, Mozambik dan Angola
  5. Chairman Mao's braised pork belly (olahan daging babi), China
  6. Jerk chicken/pork, Jamaika
  7. Ayam betutu, Indonesia
  8. Buffalo chicken wings, AS
  9. Shrimp aguachiles, Meksiko
  10. Pad ka prao, Thailand
  11. Beef rendang, Indonesia and Malaysia
  12. Dakdoritang, Korea Selatan
  13. Phaal Curry, Birmingham, England (disajikan di restoran Bangladesh)
  14. Penne all'arrabbiata, Italia
  15. Chicken Chettinad, India
  16. Doro wat, Ethiopia
  17. Mapo tofu, China
  18. Vindaloo, India
  19. Mafé, Senegal
  20. Chili, AS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini