Sukses

9 November 1979: Salah Deteksi Nuklir, Alarm Palsu NORAD Hampir Picu Perang Dunia III

43 tahun silam, Perang Dunia III hampir saja berkobar ketika alarm nuklir palsu berbunyi di kompleks pertahanan AS, NORAD.

Liputan6.com, Denver - Kombinasi paranoia yang diilhami Soviet dan kesalahan besar oleh tentara Amerika di kompleks pertahanan rudal utama AS menyebabkan salah satu seruan yang sangat dekat dengan kecamuk Perang Dunia III (Perang Dingin) 40 tahun lalu, ketika alarm AS membunyikan serangan nuklir dari Rusia.

Peringatan itu berbunyi pada Selasa pagi, 9 November 1979, di Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara, atau NORAD, di Colorado, AS.

Mengutip dari laman UPI, Selasa (8/11/2022), apa yang para analis lihat di monitor mereka pada jam 3 pagi itu sungguh serius. Komputer itu menunjukkan bahwa Uni Soviet telah menembakkan ratusan rudal balistik nuklir ke Amerika Serikat.

Saat itu, alarm meraung-raung di beberapa lokasi pertahanan AS -- NORAD, instalasi Fort Ritchie Angkatan Darat AS di Maryland utara dekat perbatasan Pennsylvania, dan Wimex, lokasi-lokasi yang terhubung ke Sistem Komando dan Kontrol Militer Sedunia.

Wimex adalah otak elektronik canggih militer yang menghubungkan pos-pos pertahanan strategis AS yang jauh dan menyediakan data dari satelit dan radar perimeter. Diimplementasikan setelah ancaman nuklir dari Krisis Rudal Kuba 1962, itu juga memberikan dukungan operasional kepada NORAD.

Wimex sangat canggih dan memproses informasi pertahanan dengan sangat cepat, ia memiliki otoritas otomatis untuk memerintahkan persiapan perang secara sepihak -- termasuk meningkatkan kondisi pertahanan AS yang disebut DefCon, dan menempatkan pesawat pengebom di udara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terima Tiga Panggilan Menegangkan

Penasihat keamanan nasional Presiden Jimmy Carter, Zbigniew Brzezinski terbangun dengan beberapa panggilan telepon pagi itu. Yang pertama memberi tahu dia tentang ancaman itu dan yang kedua memberitahu bahwa komputer pertahanan melaporkan lebih dari 2.000 rudal Soviet yang masuk. Tampaknya itu adalah serangan pre-emptive (mendadak) yang telah lama ditakuti oleh militer AS dan tentunya publik Amerika.

Saat dia bersiap untuk menghubungi Carter dan merespons dengan mengacak Komando Udara Strategis, Brzezinski menerima panggilan ketiga. Yang satu ini mengatakan sistem peringatan dini Amerika Serikat -- instalasi yang mengukur pembacaan ilmiah, seperti aktivitas seismik yang terekam ketika ada peluncuran rudal balistik berbasis darat -- tidak melaporkan apa pun.

Pemeriksaan sistem tambahan akhirnya mengungkapkan kebenaran. Ketakutan itu adalah alarm palsu. Kejadian ini menjadi sejarah besar sebagai pengingat serius tentang campuran yang berpotensi berbahaya dari mesin perang terkomputerisasi dan kesalahan manusia.

 

3 dari 4 halaman

Alarm Palsu yang Menakutkan

Peringatan yang kemudian disebut sebagai alarm palsu yang menakutkan, telah dihasilkan dari kesalahan yang hampir sangat serius yang dilakukan oleh seorang perwira militer dan kegagalan komputer pertahanan AS untuk mengenalinya.

Seorang letnan kolonel di markas besar NORAD diberi akses ke mesin yang salah dan secara tidak sengaja menekan menu permainan perang ke dalam komponen peringatan misil Wimex. Sementara saat itu, sistem tidak bisa membedakan antara latihan dan kenyataan.

"Ini memberi tahu kami semua bahwa kami akan terkena serangan massal," kata seorang penyelidik kongres kepada UPI beberapa tahun kemudian. "Dibandingkan dengan serangan itu, Pearl Harbor adalah piknik hari Minggu."

"[Wimex] akan berperang," tambah seorang ilmuwan di Office of Technology Assessment. "Dan itu hampir saja membawa negara ini bersamanya."

Panglima NORAD kemudian mengatakan mode presisi atas kegagalan alarm yang tak tergantikan.

Kecelakaan itu menimbulkan kekhawatiran serius di kalangan masyarakat internasional dan pemimpin Soviet Leonid Brezhnev yang memarahi Carter atas "bahaya luar biasa" dari kesalahan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Mendahului Tiga Alarm Palsu Berikutnya

Meskipun insiden 1979 sepenuhnya unik, itu mendahului "peringatan-peringatan dini" lainnya selama periode yang mungkin paling genting dari Perang Dingin.

Sistem peringatan A.S. menghasilkan tiga alarm palsu lagi, yaitu pada bulan Mei dan Juni 1980, yang dikaitkan dengan chip komputer yang gagal dan "desain pesan yang salah", kemudian empat tahun setelah kesalahan 1979 -- mungkin yang paling terkenal dari semua.

Pada 26 September 1983, sistem deteksi berbasis satelit Moskow menunjukkan bahwa beberapa rudal nuklir Minuteman Angkatan Udara AS telah diluncurkan di Uni Soviet.

Peringatan tahun 1983 itu diterima oleh Letnan Kolonel Soviet Stanislav Petrov di fasilitas peringatan dini Oko dekat Moskow -- tetapi ia dengan tepat menilai bahwa peringatan itu salah.

Belakangan diketahui bahwa penyelarasan yang langka telah mengakibatkan silau matahari pada awan tinggi yang mengganggu satelit militer Rusia.

Petrov, yang meninggal pada 2017, dengan tepat menegaskan di tengah kekacauan itu bahwa peringatan komputer yang hanya menunjukkan lima rudal AS ini bertentangan dengan teori militer konvensional yang berpendapat bahwa serangan pendahuluan oleh Amerika Serikat kemungkinan akan melibatkan ratusan rudal.

Meskipun dia telah disebut "orang yang menyelamatkan dunia", Petrov kemudian mengatakan dia ditegur oleh atasannya dan dipindahkan setelah insiden tersebut. Kasus peringatan dini ini tidak menjadi pengetahuan publik sampai setelah runtuhnya Soviet pada 1991.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.