Sukses

Eks PM Pakistan Imran Khan Tuduh Pendahulunya Terlibat dalam Upaya Pembunuhan

Mantan perdana menteri Pakistan Imran Khan menuduh penggantinya pada Jumat (4 November) terlibat dalam rencana untuk membunuhnya saat ia pulih di rumah sakit dari luka tembak setelahupaya pembunuhan.

Liputan6.com, Islamabad - Mantan perdana menteri Pakistan Imran Khan menuduh penggantinya pada Jumat (4 November) terlibat dalam rencana untuk membunuhnya saat ia pulih di rumah sakit dari luka tembak setelahupaya pembunuhan.

Khan mengatakan kepada wartawan bahwa Shehbaz Sharif, yang menggantikannya sebagai perdana menteri setelah mosi tidak percaya pada April, terlibat dalam plot yang mencakup Menteri Dalam Negeri Rana Sanaullah dan seorang komandan senior tentara.

"Ketiganya memutuskan untuk membunuh saya," kata Khan dalam penampilan publik pertamanya sejak serangan Kamis, menambahkan bahwa dua pria bersenjata terlibat, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (5/11/2022).

Pemerintah telah menyangkal bagian apa pun, dan menyalahkan upaya pembunuhan pada seorang pria bersenjata yang dipicu oleh ekstremisme agama.

Serangan terhadap konvoi Khan menewaskan satu orang dan melukai setidaknya 10 orang, secara signifikan meningkatkan taruhan dalam krisis politik yang telah mencengkeram negara Asia Selatan itu sejak penggulingan Khan pada April.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan Saat Kampanye

Mantan bintang kriket internasional berusia 70 tahun itu telah memimpin konvoi kampanye ribuan orang sejak pekan lalu dari Lahore ke ibu kota Islamabad.

Duduk di kursi roda - kaki kanannya di gips dan kaki kirinya diperban berat - Khan berbicara selama lebih dari satu jam, menentang pemerintah dan pendirian yang dia tuduh tidak mempengaruhinya.

Sebelumnya, protes yang tersebar pecah di seluruh negeri setelah shalat Jumat sore, yang paling penting minggu ini, dengan polisi mengerahkan gas air mata di beberapa kota untuk mengendalikan kerumunan.

Khan sedang melihat ke arah kerumunan ketika peluru disemprotkan ke truk kontainer modifikasinya saat perlahan-lahan menembus kerumunan tebal di Wazirabad, sekitar 170 km sebelah timur Islamabad.

"Semua orang yang berdiri di barisan paling depan dipukul," kata mantan menteri informasi Fawad Chaudhry, yang berdiri di belakang Khan, kepada AFP sebelumnya.

Dia menambahkan bahwa dia marah dengan prosesi yang bising karena mengganggu panggilan untuk sholat yang memanggil umat Islam ke masjid lima kali sehari.

Menteri Dalam Negeri Sanaullah mengatakan serangan itu adalah "kasus ekstremisme agama yang sangat jelas".

"Tuduhan yang dibuat oleh terdakwa dalam video itu sangat mengkhawatirkan dan sangat menakutkan," katanya dalam konferensi pers.

 

3 dari 3 halaman

Siapa Tersangka Penembakan Imran Khan?

Terdakwa, yang disebut oleh pejabat pemerintah Punjab sebagai Naveed Ahmad, berasal dari sebuah desa miskin di dekat lokasi unjuk rasa tempat Khan ditembak.

Tetangga mengatakan kepada AFP bahwa sang ayah adalah "anak sederhana" tanpa kecenderungan agama atau politik yang jelas.

Pakistan telah lama bergulat dengan militansi Islamis, dengan kelompok-kelompok agama sayap kanan memiliki pengaruh besar atas populasi.

Khan sebelumnya dituduh memicu sentimen agama untuk memperluas basis dukungannya.

Pakistan tidak asing dengan upaya pembunuhan selama beberapa dekade ketidakstabilan politik, dan militer yang kuat telah memimpin negara itu beberapa kali.

Perdana menteri pertama Pakistan, Liaquat Ali Khan, ditembak mati pada rapat umum di Rawalpindi pada 1951. Mantan perdana menteri lainnya, Benazir Bhutto, tewas pada 2007 ketika sebuah bom besar meledak di dekat kendaraannya saat dia menyapa para pendukung di kota Rawalpindi.

Truk kampanye Khan telah menjadi TKP untuk saat ini, dijaga dan dijaga oleh pasukan komando saat ahli forensik menyisir daerah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.