Sukses

Usai Kunjungi Lokasi Jembatan Ambruk, PM Narendra Modi Perintahkan Penyelidikan Intensif

PM India Narendra Modi telah memerintahkan lokasi ambruknya jembatan.

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri India Narendra Modi telah mengunjungi kota Morbi di negara bagian Gujarat untuk melihat sendiri lokasi runtuhnya jembatan, yang menewaskan 135 orang.

Setelah Modi mengunjungi tempat kejadian pada hari Selasa, kantornya mengatakan bahwa dia menekankan perlunya "untuk melakukan penyelidikan rinci dan ekstensif". Ia juga menambahkan: "pembelajaran kunci dari penyelidikan harus dilaksanakan paling awal."

Dilansir BBC, Rabu (2/11/2022), jembatan berusia 140 tahun di atas sungai Machchu itu runtuh beberapa hari setelah dibuka kembali setelah perbaikan. Penyelam terus mencari korban lainnya. 

Sembilan orang, termasuk karyawan sebuah perusahaan yang dikontrak untuk memelihara jembatan, telah ditangkap. Jembatan 230m (754ft) dibangun pada tahun 1870-an selama pemerintahan Inggris.

Digambarkan oleh situs pariwisata negara bagian sebagai "keajaiban teknologi", jembatan itu dibuka kembali minggu lalu setelah ditutup selama berbulan-bulan untuk perbaikan.  

Pada Senin (31/10), tim pekerja darurat menjelajahi sungai dengan perahu kecil, mengayuh melalui perairan berlumpur dan semak bakau untuk mencari korban yang hilang. 

Ratusan penduduk setempat juga bergabung dalam upaya tersebut, sementara kerabat korban mencari orang yang mereka cintai.

Menjelang malam, tim penyelamat berhasil menemukan 134 jasad, dan operasi pencarian dilanjutkan pada Selasa pagi. 

Setidaknya 170 orang telah diselamatkan sejauh ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelidikan Penuh

Pihak berwenang telah menjanjikan penyelidikan penuh setelah pertanyaan diajukan tentang apakah pemeriksaan keamanan dilakukan sebelum jembatan dibuka kembali. 

Polisi mengatakan sembilan orang yang ditangkap semuanya terkait dengan kelompok Oreva, perusahaan yang dikontrak untuk memelihara dan mengoperasikan jembatan tersebut. Mereka termasuk dua manajer, dua petugas tiket, dua kontraktor dan tiga penjaga keamanan. 

Mereka sedang diselidiki atas pembunuhan bersalah yang bukan pembunuhan, kata perwira polisi senior Ashok Kumar Yadav.

Perusahaan tersebut telah dituduh melakukan beberapa penyimpangan, termasuk dugaan kegagalannya untuk mendapatkan sertifikat dan izin dari pemerintah kota.

Sementara itu, Oreva belum menanggapi pertanyaan tentang keruntuhan. Beberapa bertanya apakah manajer tingkat atas di perusahaan juga akan diselidiki.

3 dari 4 halaman

Kecelakaan

Tragedi itu telah menghancurkan orang-orang Morbi, sebuah kota kecil yang terkenal dengan industri keramiknya yang berkembang pesat.

Pada hari Senin, dua krematorium utama di kota itu penuh, bahkan ketika pencarian korban selamat terus berlanjut. 

Dalam kasus di mana seluruh keluarga tewas dalam kecelakaan itu, penduduk setempat mengambil tanggung jawab untuk melakukan ritual terakhir mereka.

Polisi telah mengatakan kepada BBC bahwa pencarian akan berlanjut sampai semua orang bertanggung jawab - tetapi beberapa orang masih hilang pada hari Selasa.

4 dari 4 halaman

Terus Cari Temannya

Siddique, yang pergi melihat jembatan bersama temannya, mengatakan bahwa dia telah mencarinya sejak Minggu malam.

"Kami berdiri di tengah jembatan ketika jembatan itu putus. Saya berpegangan pada bagian jembatan yang rusak dan entah bagaimana berhasil keluar, tetapi saya tidak tahu di mana teman saya berada," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.