Sukses

PM India Narendra Modi Bakal Kunjungi Lokasi Jembatan Ambruk di Gujarat

PM India Narendra Modi berencana mengunjungi lokasi jembatan ambruk.

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri Narendra Modi akan mengunjungi distrik Morbi di negara bagian Gujarat di India barat, di mana tragedi jembatan ambruk telah menewaskan lebih dari seratus orang dalam salah satu kecelakaan terburuk dalam beberapa tahun.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (1/11/2022), jembatan era kolonial ambruk ke sungai Machchu pada hari Minggu, beberapa hari setelah dibuka kembali setelah perbaikan.

Operasi pencarian dan penyelamatan di sungai dilanjutkan pada Selasa.

Sejauh ini, sembilan orang, termasuk karyawan sebuah perusahaan yang dikontrak untuk mengurus jembatan, telah ditangkap.

Laporan mengatakan bahwa ratusan orang berada di jembatan itu ketika runtuh sekitar pukul 18:40 waktu India (13:10 GMT) pada hari Minggu.

Saksi mata menggambarkan kekacauan yang terjadi ketika orang-orang berpegangan pada reruntuhan, menunggu tim penyelamat untuk menyelamatkan mereka. Beberapa dari mereka mencoba berenang ke tepi sungai dan berhasil bertahan hidup tetapi banyak yang lain tersapu oleh air yang bergerak cepat.

Polisi pada hari Senin mengatakan setidaknya 141 orang telah tewas, tetapi kemudian merevisi jumlah itu menjadi 135, tanpa memberikan alasan untuk jumlah korban yang diperbarui.Para pejabat mengatakan bahwa sebagian besar korban adalah wanita, anak-anak dan orang tua.

Jembatan sepanjang 230m (754ft) di sungai Machchu dibangun selama pemerintahan Inggris di abad ke-19. Jembatan itu telah menjadi daya tarik wisata lokal utama - disebut-sebut oleh situs pariwisata negara bagian sebagai "keajaiban artistik dan teknologi" - dan dibuka kembali hanya minggu lalu setelah ditutup selama berbulan-bulan untuk perbaikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Korban

Pada hari Senin, tim pekerja tanggap bencana dan militer India menjelajahi sungai dengan perahu kecil, mengayuh melalui perairan berlumpur dan semak bakau untuk mencari yang hilang. Ratusan penduduk setempat juga bergabung dalam upaya tersebut, sementara kerabat yang tertekan mencari orang yang mereka cintai. 

Menjelang malam, tim penyelamat berhasil menemukan 134 jenazah. Operasi pencarian dihentikan pada malam hari tetapi dilanjutkan pada hari Selasa, dengan peleton penyelamat mencapai tempat itu pada dini hari.

3 dari 4 halaman

Pencarian Akan Dilanjutkan

Seorang pejabat polisi yang hadir di lokasi mengatakan kepada BBC bahwa mereka akan melanjutkan pencarian.

Gujarat adalah negara bagian asal Modi, yang telah mengumumkan kompensasi bagi keluarga korban. 

Dia mengatakan dia "sangat sedih dengan tragedi itu".

Menjelang kunjungan Modi ke Morbi, pemerintah negara bagian telah mengumumkan hari berkabung di seluruh negara bagian pada hari Rabu.

Pihak berwenang telah menjanjikan penyelidikan penuh setelah pertanyaan diajukan tentang apakah pemeriksaan keamanan dilakukan sebelum jembatan dibuka kembali. Laporan mengatakan jembatan telah dibuka kembali tanpa "sertifikat" atau izin pihak berwenang.

4 dari 4 halaman

9 Orang Ditangkap

Polisi yang menyelidiki bencana itu mengatakan sembilan orang yang ditangkap semuanya terkait dengan kelompok Oreva, perusahaan yang dikontrak untuk memelihara dan mengoperasikan jembatan itu. Mereka termasuk dua manajer, dua petugas tiket, dua kontraktor dan tiga penjaga keamanan karena kelalaian yang menyebabkan tragedi itu.

Mereka sedang diselidiki atas pembunuhan bersalah yang bukan pembunuhan, kata perwira polisi senior Ashok Kumar Yadav.

Perusahaan tersebut telah dituduh melakukan beberapa penyimpangan, termasuk dugaan kegagalannya untuk mendapatkan sertifikat atau izin dari pemerintah kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.