Sukses

28 Oktober 2013: Tragedi Mobil Tabrak Turis di Tiananmen Square China, 5 Orang Tewas

Hari ini tragedi tercatat dalam sejarah modern China. Pada 28 Oktober 2013, sebuah mobil menabrak kerumunan orang di Tiananmen Square.

 

Liputan6.com, Beijing - Hari ini tragedi tercatat dalam sejarah modern China. Pada 28 Oktober 2013, sebuah mobil menabrak kerumunan orang di Tiananmen Square atau Lapangan Tiananmen.

"Kendaraan itu menabrak kerumunan dan terbakar, menewaskan lima orang," demikian menurut laporan BBC.

Kantor berita Xinhua yang dikelola pemerintah China mengatakan bahwa dari lima orang yang meninggal pada hari Senin 28 Oktober, tiga orang meninggal di dalam mobil.

"Seorang turis dari Filipina dan satu lainnya dari Provinsi Guangdong juga tewas. 38 orang lainnya terluka, termasuk tiga turis dari Filipina dan satu dari Jepang," kata polisi.

"Kami pikir jip itu menuju ke arah kami, dan ibu saya dan saya tidak punya cara untuk lari darinya. Jadi kami tidak bergerak," kata saksi mata Wang Dake, yang dikirim ke rumah sakit karena syok dan cedera lutut.

"Saya pikir jika mobil itu akan menabrak kami, maka kami akan mati di sana. Tapi kendaraan itu menabrak pagar marmer dan tidak menabrak kami," tambahnya.

Seorang turis yang tidak disebutkan namanya dari Provinsi Zhejiang mengatakan kepada Global Times yang dikendalikan pemerintah China: "Kendaraan itu berlari sangat cepat. Saya bisa mendengar orang-orang berteriak sepanjang jalan sementara kendaraan itu menerobos kerumunan."

Mobil polisi mengejar kendaraan itu sebelum jatuh, tambah turis dari Zhejiang itu.

Polisi menutup tempat kejadian - di ujung utara alun-alun di pintu masuk Forbidden City atau Kota Terlarang - tak lama setelah tragedi itu terjadi. Pun demikian dengan stasiun kereta bawah tanah dan jalan sekitarnya.

Seorang kru BBC yang mencoba merekam rekaman di lokasi ditahan sebentar, sementara di media sosial China beberapa gambar adegan itu tampaknya segera dihapus dan komentar disensor dengan ketat.

Saat itu tak langsung ada pernyataan resmi mengenai penyebab insiden tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Menetapkan Dua Tersangka

Polisi di China lalu menetapkan dua tersangka terkait dengan "insiden besar" di Beijing, setelah kecelakaan mobil mematikan di Lapangan Tiananmen, lapor media pemerintah.

Polisi kemudian mengeluarkan pemberitahuan ke hotel-hotel di Beijing untuk mencari informasi tentang dua orang dari provinsi Xinjiang, kata media China.

Catatan itu juga menggambarkan sebuah kendaraan dan empat plat nomor dari Xinjiang, tempat terjadinya insiden kekerasan sporadis.

"Sebuah insiden besar telah terjadi pada hari Senin," kata pemberitahuan polisi, tanpa merinci apa. Mereka kemudian menetapkan dua penduduk dari Pishan dan Shanshan di Xinjiang sebagai tersangka.

Pemberitahuan itu, telah beredar luas di media sosial China, juga meminta hotel untuk mewaspadai "tamu yang mencurigakan" dan kendaraan.

Global Times mengatakan mendapat konfirmasi dari polisi Beijing bahwa pemberitahuan itu asli, meskipun polisi tidak mengomentari "insiden besar" itu sendiri.

Zhao Fuzhou, seorang pejabat keamanan di hotel Xinjiang Dasha Beijing, mengatakan bahwa polisi telah mengedarkan pemberitahuan ke hotel-hotel yang mencari informasi tentang dua tersangka dengan nama Uyghur, kantor berita AP melaporkan.

Xinjiang adalah rumah bagi kelompok minoritas Muslim Uyghur, beberapa di antaranya mengeluhkan penindasan budaya dan agama di bawah pemerintahan Beijing. Ada wabah kekerasan sporadis di Xinjiang, termasuk di Pishan dan Shanshan. China mengatakan itu memberi orang-orang Uyghur kebebasan luas.

Pada bulan Juni, kerusuhan di prefektur Turpan Xingjian, yang berada di daerah Shanshan, menewaskan 27 orang. Media pemerintah mengatakan polisi melepaskan tembakan setelah massa bersenjatakan pisau menyerang kantor polisi dan gedung pemerintah setempat.

Pada bulan April insiden lain di kota Kashgar menyebabkan 21 orang tewas. Pemerintah mengatakan kekerasan itu terkait dengan kegiatan teroris, tetapi penduduk setempat mengatakan kepada BBC bahwa itu melibatkan keluarga setempat yang telah lama berselisih dengan para pejabat mengenai kebebasan beragama.

 

 

3 dari 4 halaman

Serangan Bunuh Diri?

Satu laporan yang belum dikonfirmasi mengatakan bahwa pihak berwenang menduga bahwa insiden Senin itu adalah serangan bunuh diri.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa sumber yang tidak disebutkan namanya yang memiliki hubungan dengan kepemimpinan mengatakan bahwa kecelakaan itu tampak "seperti serangan bunuh diri yang direncanakan".

Sehari setelah serangan, pada hari Selasa, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menolak untuk mengatakan apakah insiden itu adalah serangan bunuh diri. "Departemen dan otoritas China terkait sedang melakukan penyelidikan atas insiden tersebut," katanya.

"Pada saat yang sama, kami mengakui bahwa ada kasus kekerasan dan teror di beberapa wilayah tertentu di Xinjiang,"katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah secara tegas menentang tindakan kekerasan dan teror.

Jika bukti hubungan Uyghur dengan kebakaran mobil setelah serangan di Tiananmen Square dikonfirmasi, itu akan menjadi pertama kalinya kelompok-kelompok seperti itu melakukan serangan di Beijing, kata para koresponden.

Wartawan BBC Damian Grammaticas di Beijing mengatakan ini akan berdampak serius bagi Xinjiang dan negara China, dan akan menambah perasaan bahwa benar-benar ada masalah serius di bawah permukaan di sana.

Tiananmen Square adalah situs yang sangat sensitif karena hubungannya dengan protes pro-demokrasi China 1989, yang diakhiri dengan tindakan keras militer.

Alun-alun ini umumnya dijaga dengan pengamanan yang sangat ketat baik karena kedekatannya dengan lembaga-lembaga politik utama, dan karena itu tidak berfungsi sebagai pusat pengunjuk rasa dan pembuat petisi, meskipun insiden telah terjadi di sana sebelumnya.

4 dari 4 halaman

5 Tersangka Ditahan dalam 10 Jam

Polisi China kemudian menahan lima tersangka sehubungan dengan apa yang sekarang mereka sebut sebagai serangan teroris di Lapangan Tiananmen.

Mereka menangkap orang-orang itu dalam beberapa jam setelah insiden "yang direncanakan dengan hati-hati, terorganisir dan direncanakan" pada hari Senin, menurut sebuah pernyataan di mikroblog polisi Beijing seperti dikutip dari The Guardian.

Media pemerintah mengatakan penumpang SUV yang menabrak kerumunan dan terbakar adalah suami dan istri dan ibu pria itu, yang semuanya meninggal setelah menyiram bensin di kendaraan mereka yang terdaftar di Xinjiang.

Polisi menemukan kontainer bensin, dua parang dan batang logam di dalam mobil, kata kantor berita Xinhua, bersama dengan sebuah bendera dengan "konten agama yang ekstrem".

Yang lain ditahan dengan bantuan polisi dari Xinjiang dan daerah lain, lapor media tersebut, menambahkan bahwa polisi menemukan pisau panjang dan apa yang digambarkan sebagai bendera jihad di tempat yang tidak ditentukan di mana mereka tinggal.

"Setelah penyelidikan awal [para tersangka] mengaku bahwa mereka mengenal para penjahat, dan berkonspirasi [dengan mereka] dan melakukan serangan teror, dan mengatakan mereka tidak menyangka bahwa hanya dalam 10 jam polisi akan menangkap mereka," kata Xinhua.

Kedelapan orang yang terkait dengan insiden itu tampaknya memiliki nama Uyghur.

Para pejabat sebelumnya menolak berkomentar secara terbuka tentang apakah mereka menganggapnya sebagai serangan yang disengaja atau kecelakaan, apalagi pelanggaran terkait terorisme, yang menurut para ahli belum pernah terjadi sebelumnya di jantung kota Beijing. Lapangan Tiananmen adalah pusat politik ibu kota.

Eksekusi Mati

Menurut laporan BBC pada Juni 2014, tiga orang kemudian dijatuhi hukuman mati di China atas kecelakaan mobil di Lapangan Tiananmen Beijing 28 Oktober yang menewaskan lima orang.

Orang-orang itu dihukum karena melakukan "serangan teror kekerasan" oleh pengadilan di Provinsi Xinjiang, kata media pemerintah.

Laporan mengatakan setidaknya dua di antaranya tampaknya berasal dari etnis minoritas Uyghur di Xinjiang, yang dituduh Beijing melancarkan kampanye separatis dengan kekerasan.

Memverifikasi laporan dari Xinjiang sulit karena arus informasi dikontrol dengan ketat.

Kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan bahwa tiga orang yang dijatuhi hukuman sehubungan dengan kecelakaan mobil Tiananmen - Husanjan Wuxur, Yusup Umarniyaz dan Yusup Ahmat - bersalah karena "mengorganisir dan memimpin kelompok teroris dan membahayakan keamanan publik".

Lima lainnya yang terkait tragedi tersebut dijatuhi hukuman penjara karena "berpartisipasi dalam kelompok teroris" dan membahayakan keamanan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.