Sukses

40 Hari Kematian Mahsa Amini, Polisi Tembaki Ribuan Pelayat di Makamnya dan Lepas Gas Air Mata

Polisi Iran dilaporkan telah menembaki pengunjuk rasa di Saqqez, kota asal Mahsa Amini yang meninggal dalam tahanan setelah ditangkap karena diduga mengenakan jilbabnya "secara tidak benar".

Liputan6.com, Saqqez - Polisi Iran dilaporkan telah menembaki pengunjuk rasa di Saqqez, kota asal Mahsa Amini yang meninggal dalam tahanan setelah ditangkap karena diduga mengenakan jilbabnya "secara tidak benar".

Ribuan orang berkumpul di dekat makam wanita Kurdi itu dan bentrok dengan pihak keamanan, 40 hari sejak kematiannya.

Mengutip laporan BBC, Kamis (27/10/2022), sebuah kelompok hak asasi manusia dan saksi mata mengatakan petugas menembakkan peluru tajam dan gas air mata ke kerumunan di kota.

Pada Rabu 26 Oktober, pasukan keamanan dikerahkan di Saqqez dan bagian lain dari provinsi Kurdistan, untuk mengantisipasi demonstrasi baru pada hari berkabung ke-40 untuk Mahsa Amini - acara budaya yang signifikan bagi Iran.

Video menunjukkan ribuan pelayat berjalan di sepanjang jalan, melalui lapangan dan menyeberangi sungai untuk melewati penghalang jalan dan mencapai kuburan tempat Amini dimakamkan.

Kerumunan terdengar meneriakkan "Perempuan, hidup, kebebasan" dan "Matilah diktator" - dua nyanyian khas gerakan protes - serta "Hancurkan pengkhianat" dan "Kurdistan akan menjadi kuburan fasis".

Tidak jelas apakah anggota keluarga Amini hadir.

Sebuah sumber yang dekat dengan keluarga mengatakan kepada wartawan BBC Jiyar Gol bahwa agen intelijen Iran menekan ayahnya untuk mengatakan bahwa mereka tidak mengadakan peringatan.

Kelompok hak asasi manusia Kurdi Hengaw, yang berbasis di Norwegia, kemudian mentweet bahwa pelayat telah berbaris menuju kantor pemerintah provinsi di Saqqez, dan bahwa pasukan keamanan telah menembaki orang-orang di alun-alun Zindan.

Kantor berita Reuters mengutip seorang saksi mata yang tidak disebutkan namanya mengatakan: "Polisi anti huru hara menembak pelayat yang berkumpul di kuburan ... Puluhan lainnya telah ditangkap."

Kantor berita semi-resmi Isna melaporkan bahwa "sejumlah kecil dari mereka yang hadir di peringatan Mahsa Amini bentrok dengan pasukan polisi di pinggiran Saqqez dan bubar".

Hengaw juga melaporkan demonstrasi di beberapa kota di Kurdistan. Dikatakan polisi telah menggunakan tembakan langsung di beberapa tempat, termasuk di Marivan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deret Protes

Protes melanda Iran setelah Amini yang berusia 22 tahun itu meninggal pada 16 September.

Dia telah ditahan tiga hari sebelumnya oleh polisi moral di ibu kota, Teheran, dan mengalami koma setelah pingsan di sebuah pusat penahanan.

Ada laporan bahwa petugas memukulinya dengan tongkat dan membenturkan kepalanya ke kendaraan, tetapi polisi membantah bahwa dia dianiaya dan mengatakan dia menderita serangan jantung.

Protes juga terjadi setelah pemakaman Amini di Saqqez, dengan para wanita merobek jilbab mereka sebagai bentuk solidaritas.

Protes berkembang menjadi salah satu tantangan paling serius bagi Republik Islam sejak revolusi Iran 1979.

Perempuan telah berada di garis depan, melambai-lambaikan jilbab mereka di udara, membakarnya dan bahkan memotong rambut mereka di depan umum.

 

3 dari 4 halaman

234 Pengunjuk Rasa Tewas

Organisasi lain yang berbasis di Norwegia, Iran Human Rights, mengatakan setidaknya 234 pengunjuk rasa, termasuk 29 anak-anak, telah dibunuh oleh pasukan keamanan dalam tindakan keras terhadap apa yang digambarkan oleh para pemimpin Iran sebagai "kerusuhan" yang dipicu oleh orang asing.

Aktivis oposisi mengatakan protes yang menandai hari berkabung ke-40 untuk Amini juga diadakan di bagian lain negara itu, termasuk Teheran.

Video muncul untuk menunjukkan bahwa pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke dalam sekolah perempuan di ibu kota sebagai tanggapan atas protes oleh siswa.

Seorang pemrotes wanita muda di Iran mengatakan kepada BBC World News: "Anda tidak dapat membayangkan betapa sulitnya turun ke jalan mengetahui bahwa mereka siap untuk menembak. Tapi kami tidak takut.

"Ini bukan tentang saya. Ini tentang generasi berikutnya. Kami ingin memiliki kehidupan yang normal."

Dia menambahkan: "Saya tidak tahu kapan protes kami akan berakhir, tetapi hari ini masyarakat Iran lebih terjaga dari sebelumnya dan kami siap untuk perubahan besar."

4 dari 4 halaman

Setelah Mahsa Amini, Kematian Remaja Asra Panahi Kembali Picu Kemarahan Publik Iran

Protes Iran semakin meluas dan semakin sengit akibat kematian Mahsa Amini. Kini amarah publik di Kota Ardabil, barat laut negara itu, kian meledak karena seorang siswi SMA di wilayah itu diduga meninggal akibat pasukan keamanan. 

Menurut laporan DW Indonesia yang dikutip Kamis (20/10/2022), publik makin geram setelah laporan bahwa remaja dari etnis minoritas Azeri itu ditemukan meninggal pada Jumat 14 Oktober, setelah dia diduga tewas dipukuli oleh pasukan keamanan Iran.

Sedangkan pihak berwenang membantah laporan tersebut, dan mengatakan bahwa Panahi meninggal karena komplikasi jantung kronis dan pasukan keamanan Iran tidak pernah memukulnya.

Namun, kematian Asra Panahi ini semakin memicu kemarahan publik, di mana protes warga juga masih memanas usai kematian Jina Mahsa Amini yang berusia 22 tahun. Ia dikabarkan tewas setelah ditangkap oleh polisi moral Iran di Teheran, karena dianggap melanggar aturan berpakaian ketat negara Republik Islam tersebut.

Akibatnya, negara Timur Tengah itu harus menghadapi protes massal anti-rezim di seluruh negeri dalam beberapa pekan terakhir.

Tragedi Kematian Panahi

Dilaporkan bahwa Panahi, remaja 16 tahun itu meninggal dunia setelah petugas keamanan Iran menggerebek SMA Khusus Perempuan Shahed di Ardabil pada 13 Oktober lalu, dan memerintahkan sekelompok gadis itu untuk menyanyikan lagu pro-rezim yang memuji negara Republik Islam tersebut.

Ketika beberapa siswi itu menolak untuk berpartisipasi, mereka dipukuli dengan kejam, yang kemudian menyebabkan beberapa dari siswi-siswi itu harus dibawa ke rumah sakit. Salah satunya adalah Panahi.

Hingga pada Jumat 14 Oktober, Panahi dilaporkan telah meninggal dunia di rumah sakit akibat luka yang dideritanya usai insiden yang terjadi di sekolah, sehari sebelum kematiannya.

Meskipun akses ketat penggunaan internet masih diberlakukan di Iran, berita kematian Panahi itu menyebar dengan cepat melalui jaringan media sosial.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.