Sukses

Tiga Pria Bersenjata Serang Masjid Syiah di Iran Tewaskan 15 Orang, ISIS Klaim Dalangnya

Sebuah serangan terjadi di sebuah masjid syiah Iran hingga menewaskan 15 orang.

Liputan6.com, Teheran - Sedikitnya 15 orang tewas dan 40 lainnya luka-luka dalam serangan terhadap tempat suci, masjid syiah di Kota Shiraz, Iran selatan, menurut kantor media pemerintah negara itu, IRNA.

Dilansir Al Jazeera, Kamis (27/10/2022), laporan itu mengatakan bahwa serangan, yang terjadi di Masjid Shah Cheragh pada Rabu malam, dilakukan oleh tiga pria bersenjata yang memasuki masjid syiah.

Dua dari penyerang telah ditangkap, dengan satu di antaranya masih dalam pelarian.

ISIL (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan di saluran telegram mereka.

Nour News, outlet media yang berafiliasi dengan negara Iran, sebelumnya melaporkan bahwa para penyerang bukanlah warga negara Iran.

Kantor Berita Fars mengatakan bahwa seorang wanita dan dua anak termasuk di antara mereka yang tewas di Shiraz.

"Kami sedang bersiap untuk salat dan kemudian kami mendengar suara tembakan, kami mencoba melarikan diri dari sisi lain dan kemudian saya menyadari bahwa saya berdarah," seorang saksi dan korban selamat dari serangan itu mengatakan kepada Al Jazeera.

“Saya tidak bisa melihat siapa yang menembak … Itu dimulai dari jalan dan kemudian mereka datang ke kuil dan mereka menembak siapa pun yang mereka lihat. Saya melihat beberapa orang terluka dan terbunuh, tetapi saya tidak melihat para penyerang,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyerang Jemaah

Fouad Izadi, seorang profesor di Fakultas Studi Dunia di Universitas Teheran, mengatakan tujuan penembakan itu adalah untuk "menyerang jemaah".

“Ini adalah merek dagang ISIS – mereka menyerang masjid, mereka menyerang tempat suci,” kata Izadi.

3 dari 4 halaman

Situs Penting

Dorsa Jabbari dari Al Jazeera, melaporkan dari Teheran, mengatakan bahwa kuil itu adalah situs penting bagi peziarah religius.

Shiraz adalah tujuan populer untuk ziarah dan pariwisata, dan serangan terakhir yang terjadi di kota itu terjadi pada April 2008, ketika sebuah bom yang ditanam di sebuah masjid menewaskan 14 orang.

"Ini adalah insiden yang sangat jarang terjadi pada waktu yang sangat penting di Iran, ketika keamanan dalam siaga tinggi mengingat banyaknya protes yang telah terjadi di seluruh negeri," kata Jabbari.

4 dari 4 halaman

Bersamaan dengan Peringatan Mahsa Amini

Serangan tersebut terjadi ketika Iran terus menghadapi protes sejak kematian Mahsa Amini pada September lalu,  yang meninggal setelah dia ditahan oleh polisi moral negara itu karena mengenakan "hijab yang tidak pantas".

Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan serangan di Shiraz tidak akan dibiarkan begitu saja, menurut kantor berita semi-resmi Tasnim.

“Pengalaman menunjukkan bahwa musuh-musuh Iran, setelah gagal menciptakan perpecahan dalam barisan persatuan bangsa, membalas dendam melalui kekerasan dan teror. Kejahatan ini pasti tidak akan terjawab, dan lembaga keamanan dan penegak hukum akan memberikan pelajaran kepada mereka yang merancang serangan itu," kata Raisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.