Sukses

Menlu AS Antony Blinken Sebut China Tolak Status Quo Taiwan

Menlu AS Antony Blinken menyebut bahwa China akan menolak status Quo Taiwan.

Liputan6.com, Washington D.C - China telah memutuskan status quo dari situasi Taiwan, dan mengatakan bahwa itu tidak lagi dapat diterima dan telah mulai meningkatkan tekanan pada pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, termasuk menahan kemungkinan menggunakan kekuatan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang berbicara soal Tiongkok. 

Berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Bloomberg, Blinken mengatakan China telah mengubah pemahaman dasar selama beberapa dekade antara Washington dan Beijing bahwa perbedaannya dengan Taiwan akan dikelola secara damai.

"Yang berubah adalah ini: Keputusan pemerintah di Beijing bahwa status quo tidak lagi dapat diterima, bahwa mereka ingin mempercepat proses di mana mereka akan mengejar reunifikasi," kata Blinken, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (27/10/2022). 

Dia menambahkan bahwa China juga telah membuat keputusan untuk memberikan lebih banyak tekanan pada Taiwan. Selain itu, pihaknya juga akan menggunakan kekuatan demi mencapai tujuan tertentu, jika taktik tekanan tidak berhasil.

"Itulah yang secara fundamental berubah."

Washington tidak menginginkan "Perang Dingin" dan tidak berusaha menahan China, tambahnya, tetapi tegas dan membela kepentingannya.

Pekan lalu, diplomat top AS mengatakan Beijing bertekad untuk mengejar reunifikasi dengan Taiwan "pada waktu yang jauh lebih cepat", meskipun ia tidak menentukan tanggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerintahan Biden dan Xi Jinping

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah berulang kali menuduh China menggunakan kunjungan ke Taiwan pada Agustus oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai dalih untuk meningkatkan latihan militer di sekitar pulau itu, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya sendiri.

Jenderal tertinggi AS mengatakan tahun lalu bahwa China tidak mungkin mencoba merebut Taiwan secara militer dalam beberapa tahun ke depan dan komandan Komando Indo-Pasifik AS pada waktu itu mengatakan kepada Kongres bahwa ancaman ini dapat terwujud dalam enam tahun.

Sementara itu, Pemimpin China Xi Jinping mengatakan kepada kongres lima tahunan Partai Komunis China yang berkuasa bulan ini bahwa Beijing tidak akan pernah melepaskan hak untuk menggunakan kekuatan atas Taiwan, tetapi akan berusaha untuk resolusi damai.

3 dari 4 halaman

Presiden Xi Jinping Sebut Taiwan Adalah Urusan China

Xi Jinping mengatakan pada hari Minggu bahwa Partai Komunis China (CPC) akan menerapkan kebijakan keseluruhannya untuk menyelesaikan masalah Taiwan di era baru, dan dengan teguh memajukan penyebab reunifikasi nasional.

"Menyelesaikan masalah Taiwan adalah masalah bagi Tiongkok, masalah yang harus diselesaikan oleh Tiongkok," kata Xi pada sesi pembukaan Kongres Nasional CPC ke-20.

"Kami akan terus berjuang untuk penyatuan kembali secara damai dengan ketulusan terbesar dan upaya maksimal, tetapi kami tidak akan pernah berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan, dan kami memiliki opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan. Ini semata-mata ditujukan pada campur tangan oleh pasukan luar dan beberapa separatis yang mencari 'kemerdekaan Taiwan' dan kegiatan separatis mereka; itu sama sekali tidak ditargetkan pada rekan senegaranya Taiwan kami," katanya.

4 dari 4 halaman

Serukan Reunifikasi

Xi mengatakan bahwa roda sejarah bergulir menuju penyatuan kembali Tiongkok dan peremajaan bangsa Tiongkok. "Penyatuan kembali negara kita sepenuhnya harus diwujudkan, dan itu bisa, tanpa diragukan lagi, terwujud!"

"Kami selalu menunjukkan rasa hormat dan kepedulian terhadap rekan-rekan Taiwan kami dan bekerja untuk memberikan manfaat kepada mereka. Kami akan terus mempromosikan pertukaran dan kerja sama ekonomi dan budaya di seluruh Selat," kata Xi.

"Kami akan mendorong orang-orang di kedua sisi Selat untuk bekerja sama mempromosikan budaya Tiongkok dan menjalin ikatan yang lebih erat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.