Sukses

Resmi Jadi PM Inggris, Rishi Sunak Langsung Reshuffle Kabinet

PM Inggris Rishi Sunak melakukan reshuffle kabinet.

Liputan6.com, London - Usai terpilih menjadi PM Inggris, Rishi Sunak telah menunjuk tim menteri utamanya, pada hari pertamanya sebagai perdana menteri Inggris.

Dalam pidatonya, dia mengatakan ingin menyatukan negara dan partai, serta menjanjikan stabilitas dan kepercayaan ekonomi.

Dilansir BBC, Rabu (26/10/2022), proses perombakan kabinet beberapa dapat diprediksi namun ada juga beberapa yang mengejutkan anggota parlemen.

Kesatuan, pengalaman, dan kesinambungan dalam beberapa peran yang sangat penting adalah tema yang ingin disampaikan olehnya.

Persan tersebut juga digaungkan oleh mantan direktur komunikasi untuk David Cameron, Sir Craig Oliver, yang mengatakan: "Persatuan adalah semboyan dari perombakan ini. Jelas setiap bagian dari partai akan merasa terwakili dalam beberapa cara."

"Elemen penting lainnya dari perombakan ini adalah stabilitas di tiga jabatan teratas: Jeremy Hunt sebagai kanselir, James Cleverly sebagai menteri luar negeri dan Ben Wallace sebagai menteri pertahanan.

Ini mungkin dimaksudkan untuk menjadi pesan yang jelas bahwa, khususnya selama perang di Ukraina dan gejolak ekonomi beberapa bulan terakhir, Sunak ingin meyakinkan anggota parlemen bahwa ia dapat menawarkan stabilitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tekankan Stabilitas

Hunt membuang sebagian besar pemotongan pajak yang dibawa oleh mantan PM Liz Truss, mengembalikan rencana ekonomi ke yang lebih mirip proposal Sunak selama persaingan kepemimpinan musim panas.

Selain sebagai sinyal stabilitas, mempertahankan sekutu Boris Johnson, Wallace sebagai menteri pertahanan - dan , Cleverly sebagai menteri luar negeri adalah cara terbaik yang bisa diterapkan untuk beberapa anggota parlemen senior yang tidak mendukung Sunak. 

"Kabinet ini menyatukan bakat-bakat partai", kata salah satu sumber, berbicara tentang kesimpulan reshuffle.

"Ini mencerminkan partai yang bersatu dan kabinet dengan pengalaman yang signifikan, memastikan bahwa pada saat yang tidak pasti ini ada kesinambungan di jantung pemerintah."

Mereka mengatakan kerja keras akan dimulai sekarang dan kabinet baru akan "memberikan untuk rakyat Inggris".

3 dari 4 halaman

Terpilihnya Rishi Sunak

Rishi Sunak, pria keturunan India dan beragama Hindu terpilih sebagai PM Inggris pada Senin (24/10/2022). Rishi memenangkan pemilihan menggantikan Liz Truss yang mundur beberapa hari lalu.

Para pesaing Rishi seperti eks Perdana Menteri Boris Johnson hingga eks Meteri Pertahanan Penny Mordaunt keluar dari pencalonan.

Ia menjadi PM Inggris berikutnya setelah memenangkan perlombaan untuk memimpin Partai Konservatif. Tugas yang diembannya sangat berat, untuk mengarahkan negara yang sangat terpecah melalui penurunan ekonomi yang akan membuat jutaan orang lebih miskin.

4 dari 4 halaman

Diminta Bentuk Pemerintahan oleh Raja Charles III

Rishi akan diminta untuk membentuk pemerintahan oleh Raja Charles, menggantikan Liz Truss, PM Inggris yang mundur setelah menjabat 44 hari.

"Inggris Raya adalah negara besar, tetapi tidak diragukan lagi kita menghadapi tantangan ekonomi yang besar," kata Sunak saat berbicara kepada publik untuk pertama kalinya.

"Kami sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan dan saya akan menjadikannya prioritas utama untuk menyatukan partai kami dan negara kami," katanya, yang tampaknya menolak seruan dari partai-partai oposisi untuk pemilihan umum dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.