Sukses

Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Warga India Bangga dan Beri Ucapan Selamat

Media sosial dan saluran TV di India dibanjiri ucapan selamat untuk Sunak yang saat ini masih berusia 42 tahun.

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak diketahui memeluk warisan India dan Hindu. Pada Senin kemarin, orang-orang di India bangga merayakan kemenangannya.

Media sosial dan saluran TV di India dibanjiri ucapan selamat untuk Sunak yang saat ini masih berusia 42 tahun.

Selain yang termuda, ia akan menjadi orang kulit berwarna pertama yang memimpin Inggris, dikutip dari AP News, Selasa (25/10/2022).

Mantan kepala Departemen Keuangan itu dipilih oleh Partai Konservatif yang berkuasa untuk membawa Inggris melalui turbulensi ekonomi dan politik.

Bagi banyak orang India, yang saat ini merayakan Diwali -- salah satu festival Hindu terpenting -- dengan bangga menyebut Sunak adalah salah satu dari bagian kita.

“Ini adalah momen kebanggaan bagi India bahwa negara yang pernah memimpin kami selama bertahun-tahun sekarang telah menjadi perdana menteri di sana,” kata Manoj Garg, seorang pengusaha New Delhi.

Kakek-nenek Sunak berasal dari negara bagian Punjab. Mereka pindah ke Afrika Timur pada akhir 1930-an sebelum akhirnya menetap di Inggris pada 1960-an. Sunak lahir pada tahun 1980 di Southampton di pantai selatan Inggris.

Hubungan leluhurnya bukan satu-satunya asosiasinya dengan India. Dia menikah dengan Akshata Murty, yang ayahnya adalah miliarder India N.R. Narayana Murthy, pendiri perusahaan raksasa teknologi Infosys.

Saluran TV India menampilkan kemenangan Sunak. Di New Delhi Television memuat kata-kata: "Putra India bangkit."

Tahun lalu, orang India merayakan kemanangan Kamala Harris yang sukses menjadi wakil presiden AS.

Perdana Menteri Narendra Modi memberi selamat kepada Sunak di Twitter dan mengatakan dia berharap bosa “bekerja sama secara erat dalam isu-isu global.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diwarisi Segudang Masalah Ekonomi Inggris

Perdana menteri Inggris terbaru, yang juga mantan menteri keuangan Rishi Sunak, mewarisi kondisi ekonomi Inggris yang menuju resesi bahkan sebelum gejolak baru-baru ini dipicu oleh Liz Truss.

Dilansir Channel News Asia, Selasa Perdana Menteri Truss mengundurkan diri setelah anggaran pemotongan pajak yang didanai oleh utang hingga mengakibatkan poundsterling turun.

Hal itu menyebabkan pemerintah memutar balik sebagian besar anggarannya, termasuk mengurangi batas atas melonjaknya tagihan energi yang telah berkontribusi besar terhadap krisis biaya hidup bagi puluhan juta warga Inggris.

Data pada Senin (24 Oktober) menunjukkan penurunan ekonomi Inggris telah memburuk pada Oktober, dengan output sektor swasta pada level terendah 21 bulan.

"Purchasing Managers' Index (PMI) atau Data PMI kilasan Oktober menunjukkan laju penurunan ekonomi, mengumpulkan momentum setelah gejolak pasar politik dan keuangan baru-baru ini," kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di S&P Global Market Intelligence yang membantu mengumpulkan angka-angka tersebut.

"Ketidakpastian politik dan ekonomi yang meningkat telah menyebabkan aktivitas bisnis turun pada tingkat yang tidak terlihat sejak krisis keuangan global pada 2009 jika bulan-bulan penguncian pandemi dikecualikan."

Williamson menambahkan bahwa data yang akan datang kemungkinan akan menunjukkan Inggris sudah berada dalam resesi.

3 dari 4 halaman

Mundurnya Liz Truss

Liz Truss mengundurkan diri pada Kamis lalu setelah hanya 45 hari menjabat sebagai perdana menteri. Dia menggantikan Boris Johnson pada 6 September setelah kampanye selama berminggu-minggu melawan rival Tory, Sunak.

Mantan kanselir keuangan telah memperingatkan dalam pertempuran untuk menggantikan Johnson bahwa pemotongan pajak yang dijanjikan oleh Truss ketika utang pemerintah telah melonjak pada intervensi COVID-19 adalah kebijakan yang salah untuk dikejar.

Dia terbukti benar karena anggaran mengirim poundsterling jatuh ke rekor terendah mendekati paritas dengan dolar dan memicu imbal hasil obligasi pemerintah melonjak.

4 dari 4 halaman

Harapan Investor Terhadap Rishi Sunak

Dengan Sunak dipandang membawa stabilitas ke pasar, poundsterling naik dan imbal hasil turun pada hari Senin.

"Investor jelas berharap Sunak akan menstabilkan ekonomi dan situasi politik - meskipun sulit untuk bekerja pada saat ini yang merupakan tugas yang lebih sulit," kata analis keuangan AJ Bell Danni Hewson.

"Selain pemulihan poundsterling dan pengurangan biaya pinjaman pemerintah (sebagai hasil turun), Sunak akan senang melihat harga gas Eropa" jatuh.

Namun, dengan inflasi Inggris pada level tertinggi 40 tahun di atas 10 persen, Bank of England akan mengungkap kenaikan suku bunga besar pada pertemuan kebijakan reguler minggu depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.