Sukses

Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Pemimpin India hingga AS Turut Sambut Kemenangannya

Sejumlah pemimpin dunia menyambut Rishi Sunak dalam jabatan terbarunya.

Liputan6.com, London - Para pemimpin dunia telah bereaksi terhadap kemenangan Rishi Sunak dalam persaingan untuk menjadi perdana menteri Inggris berikutnya.

Banyak yang memberikan ucapan selamat, dan menyatakan harapan untuk stabilitas bagi Inggris setelah mengalami berbagai gejolak ekonomi dan politik. 

Dilansir BBC, Selasa (25/10/2022), berikut adalah sejumlah ucapan dan harapan dari pemimpin dunia untuk PM Rishi Sunak:

1. India

PM Narendra Modi mengharapkan kerja sama yang lebih erat antara India dan Inggris setelah Rishi menjabat.

"Ketika Anda menjadi PM Inggris, saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam isu-isu global, dan menerapkan Roadmap 2030," tulis Perdana Menteri Narendra Modi di Twitter, merujuk pada kesepakatan kerangka kerja yang dicapai antara kedua negara.

"Keinginan khusus Diwali untuk membangun 'jembatan hidup' antara orang India dan Inggris, saat kami mengubah ikatan bersejarah kami menjadi kemitraan modern."

Tidak mengherankan bahwa ada banyak minat terhadap kebangkitan Sunak di India.

Kakek-neneknya berasal dari Punjab, sedangkan ayah mertuanya adalah Narayana Murthy, adalah pendiri Infosys dan salah satu pengusaha paling terkenal di India.

Sunak juga seorang Hindu yang mengambil sumpahnya sebagai anggota parlemen pada kitab suci Hindu Bhagavad Gita.

India dan Inggris telah berusaha untuk mencapai kesepakatan perdagangan bebas, tetapi pembicaraan dilaporkan terhenti karena kekhawatiran di antara partai Sunak bahwa hal itu dapat menyebabkan lebih banyak masalah terkait imigrasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Uni Eropa

Presiden Uni Eropa Charles Michel juga mengharapkan kerja sama serupa. 

Presiden Dewan Eropa Charles Michel berkata: "Bekerja bersama adalah satu-satunya cara untuk menghadapi tantangan bersama... dan membawa stabilitas adalah kunci untuk mengatasinya."

Seperti diketahui, Rishi Sunak adalah pendukung Brexit, tetapi ada pendapat bahwa banyak pemimpin UE akan senang karena Rishi dan bukan Boris Johnson, yang mengambil alih sebagai perdana menteri.

Ia dianggap sebagai seorang pragmatis, dan para pejabat Uni Eropa ingin bekerja dengannya untuk meningkatkan biaya energi, dan masalah yang sulit dari protokol Irlandia Utara, pengaturan perdagangan penting yang terjadi selama pembicaraan Brexit.

Selama persaingan pemilihan dalam Agustus lalu, Sunak mengatakan perang dagang dengan UE bukan merupakan kepentingan Inggris. Tetapi menemukan kompromi mungkin sulit secara politis baginya, dan Brussels khawatir dia mungkin menghindar untuk bekerja dengan UE demi melindungi dukungan politiknya di dalam negeri.

3 dari 5 halaman

3. Irlandia

PM Irlandia Michael Martin mengatakan bahwa dia berharap dapat bekerja sama dengan Sunak, terutama "mengenai isu-isu penting yang kita hadapi di pulau-pulau ini dan secara global".

Brexit tetap menjadi salah satu masalah utama antara Inggris dan Irlandia, dengan protokol Irlandia Utara sekarang berada di garis depan agenda.

Saat ini, barang yang diimpor dari Inggris diperiksa sebelum masuk ke Irlandia Utara.

Tetapi pemerintah Inggris sebelumnya menyerukan sistem dua tingkat, dengan pemeriksaan hanya dilakukan pada barang-barang yang ditujukan untuk perjalanan selanjutnya ke republik.

4 dari 5 halaman

4. Amerika Serikat

Pada acara Gedung Putih untuk menandai hari raya Hindu Diwali, Presiden Biden menggambarkan pencalonan Sunak sebagai perdana menteri Inggris berikutnya sebagai "tonggak terobosan".

Presiden AS menahan diri untuk secara resmi memberi selamat kepada Sunak sampai dia bertemu Raja Charles dan diminta untuk membentuk pemerintahan, seperti yang ditentukan oleh protokol.

Joe Biden telah mengatakan bahwa dia akan mempertahankan "hubungan dekat" dengan siapa pun yang menggantikan Truss. Dia menyebut rencana yang ditinggalkannya untuk memotong pajak sebagai "kesalahan". Namun, Biden enggan mengomentari kebijakan domestik sekutunya.

5 dari 5 halaman

5. Ukraina

Presiden Zelensky belum mengomentari kemenangan Sunak.

Namun, Oleksandr Kornienko, Wakil Ketua Pertama parlemen Ukraina, mengatakan dia menyambut Sunak sebagai "rekan". Dia menambahkan: "Selamat kepada rakyat Inggris Raya atas fakta bahwa mereka memiliki stabilitas politik lagi, setelah tahap pergolakan yang singkat."

Kebijakan Inggris terhadap Ukraina tidak akan berubah di bawah Sunak.

Selama persaingan kepemimpinan musim panas, dia mengatakan akan terus mendukung Ukraina, dan melakukan kunjungan awal ke Kyiv. Tapi sementara Truss berjanji untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan dari 2% menjadi 3% dari kekayaan nasional - diukur dengan produk domestik bruto - pada tahun 2030, Sunak mengatakan bahwa target itu "sewenang-wenang".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.