Sukses

Indonesia dan Selandia Baru Eratkan Hubungan Diplomatik Lewat Acara Gebyar Nusantara

Indonesia dan Selandia Baru berkomitmen untuk mempererat hubungan diplomasi.

Liputan6.com, Wellington - Resepsi Diplomatik merupakan puncak dari rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sekaligus memperingati HUT TNI yang bertempat di National Library of New Zealand (12/10/2022).

Hadir sebagai Tamu Kehormatan, Deborah Geels (Deputy Secretary — Americas and Asia Group) dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru.

“Pasca pandemi, Indonesia dan Selandia Baru bahu membahu bekerja sama mengejar pemulihan ekonomi pasca pandemi, masalah perubahan iklim, pemberdayaan perempuan, dan tujuan pembangunan berkelanjutan" ungkap Dubes Fientje dalam pidato sambutannya, seperti dikutip dari laman resmi Kemlu, Sabtu (22/10/2022). 

Dalam sambutannya, Duta Besar Fientje Suebu yang dibalut pakaian tradisional dari Provinsi Papua, menyampaikan apresiasi tinggi atas hubungan bilateral dan kerja sama yang terjalin kuat antara Indonesia dengan Selandia Baru di berbagai bidang khususnya politik dan ekonomi. 

Kedua negara telah menjalin Kemitraan Komprehensif sejak tahun 2018. Diharapkan dengan telah dibukanya penuh perbatasan, intensitas hubungan akan semakin meningkat dan arus barang dan orang akan kembali normal untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Senada dengan hal tersebut, Deborah Geels, menggarisbawahi arti penting Indonesia di kawasan sebagai mitra di bawah payung kemitraan komprehensif dengan implementasi kerja sama di berbagai bidang. Ia juga menyampaikan harapan terbaik bagi Indonesia dalam keketuaan ASEAN tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampilan Budaya Indonesia

Dalam pembukaan acara, dilakukan pula prosesi pemotongan tumpeng. Selain itu,  Duta Besar Fientje Suebu juga sempat mengajak para hadirin untuk berkabung sejenak sebagai ungkapan duka mendalam atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan di Malang beberapa waktu lalu.

Undangan yang hadir berasal dari berbagai kalangan baik korps diplomatik, Atase Pertahanan, anggota parlemen, politisi, dan akademisi serta para Indonesianis.

Para hadirin mencicipi berbagai makanan khas Indonesia dan dihibur penampilan tari piring dari kelompok tari Caraka Seni dan medley lagu nusantara yang dibawakan oleh perwakilan KBRI Wellington.  

3 dari 3 halaman

Pemberian Cinderamata

Kemeriahan dan suasana nusantara juga terasa kental dengan dikenakannya berbagai pakaian daerah dari Indonesia oleh keluarga besar KBRI Wellington. Para hadirin juga memperoleh cinderamata berupa kain tenun Timor yang dikalungkan saat kedatangan.

Resepsi diplomatik ini merupakan yang pertama dalam dua tahun terakhir setelah pada tahun lalu tidak dapat terselenggara akibat dampak dari kuncitara di Selandia Baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.