Sukses

Misteri 92 Migran Telanjang di Perbatasan Turki-Yunani, PBB Mengecam

Sejumlah migran gelap dalam kondisi tanpa busana ditemukan di dekat perbatasan Turki dan Yunani. Belum jelas bagaimana dan mengapa mereka tak berpakaian.

Liputan6.com, Sungai Evros - Sejumlah migran gelap dalam kondisi tanpa busana ditemukan di dekat perbatasan Turki.

"Polisi Yunani telah menyelamatkan 92 migran gelap yang ditemukan dalam keadaan telanjang, dan sebagian mengalami cedera, dekat perbatasan Turki," kata polisi pada Sabtu 15 Oktober 2022.

Para migran itu, semuanya laki-laki, ditemukan dekat Sungai Evros yang menandai perbatasan antara Yunani dan Turki pada Jumat 14 Oktober, kata polisi Yunani dalam pernyataan seperti dikutip dari VOA Indonesia Senin (17/10/2022).

Sebuah penyelidikan oleh polisi Yunani dan para pejabat dari dinas perbatasan Uni Eropa, Frontex, mendapati bahwa para migran itu menyeberangi sungai tersebut ke wilayah Yunani naik kapal karet kecil dari Turki, kata polisi.

"Polisi perbatasan... menemukan 92 migran gelap tanpa pakaian, sebagian memiliki luka-luka di tubuh mereka," kata pernyataan itu. Belum jelas bagaimana dan mengapa para pria itu tak berpakaian.

Menteri Migrasi Yunani Notis Mitarachi mengatakan lewat Twitter bahwa perlakuan Turki terhadap para migran merupakan hal yang "memalukan bagi peradaban." Ia mengatakan Athena mengharapkan Ankara akan menyelidiki insiden itu.

Pihak berwenang Turki belum segera berkomentar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PBB Mengecam

PBB mengutuk penemuan 'sangat menyedihkan' dari 92 migran telanjang di perbatasan Yunani-Turki.

Mengutip BBC, Senin (17/10/2022), badan pengungsi PBB mengatakan "sangat tertekan" dengan penemuan hampir 100 pria telanjang di perbatasan antara Yunani dan Turki.

Sebagai tanggapan, UNHCR mengatakan "sangat tertekan oleh laporan dan gambar yang mengejutkan", tetapi mengatakan belum dapat berbicara dengan kelompok itu secara langsung - sesuatu yang diharapkan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

"Kami mengutuk setiap perlakuan kejam dan merendahkan dan menyerukan penyelidikan penuh," kata UNHCR kepada BBC.

Kedua negara saling menyalahkan atas penderitaan 92 migran tersebut.

Yunani menyalahkan Turki, dengan mengatakan "perilakunya" adalah "memalukan bagi peradaban".

Turki mencap klaim tetangganya sebagai "berita palsu" dan menuduhnya sebagai "kekejaman".

Karena kedua belah pihak saling menyalahkan, badan pengungsi PBB menyerukan penyelidikan dan mengatakan "sangat tertekan oleh laporan dan gambar yang mengejutkan".

Polisi Yunani mengatakan mereka menyelamatkan 92 pria yang ditemukan telanjang, dan beberapa terluka, di dekat perbatasan utara dengan Turki pada Jumat 14 Oktober

3 dari 4 halaman

Penyelidikan Awal: Migran Menyeberang dengan Perahu Karet

Polisi Yunani mengatakan penyelidikan oleh mereka dan pejabat dari badan perbatasan Uni Eropa Frontex, menemukan bukti bahwa para migran menyeberangi Sungai Evros ke wilayah Yunani dengan perahu karet dari Turki.

"Polisi perbatasan ... menemukan 92 migran ilegal tanpa pakaian, beberapa di antaranya mengalami luka di tubuh mereka," kata pernyataan itu.

Pihak berwenang Yunani mengatakan orang-orang itu segera diberi pakaian, makanan, dan pertolongan pertama.

Tidak jelas bagaimana dan mengapa para pria itu kehilangan pakaian mereka.

Frontex mengatakan orang-orang itu sebagian besar berasal dari Afghanistan dan Suriah, dan bahwa petugas hak-hak dasar organisasi mereka telah diberitahu tentang potensi pelanggaran hak.

Menteri Yunani untuk perlindungan sipil, Takis Theodorikakos, menuduh Turki "menginstrumentasi imigrasi ilegal" dalam pertikaian terbaru atas migrasi antara tetangga.

Berbicara di televisi Yunani, dia mengklaim bahwa banyak migran telah mengatakan kepada Frontex bahwa "tiga kendaraan tentara Turki telah memindahkan mereka" ke sungai yang bertindak sebagai perbatasan antara kedua negara. BBC belum dapat memverifikasi klaim ini secara independen.

"Orang akan mengharapkan penjelasan kerja dari pihak pemerintah Turki," kata Theodorikakos.

Sehari sebelumnya, Menteri Migrasi Yunani Notis Mitarachi mengatakan dalam sebuah twit bahwa perlakuan Turki terhadap para migran adalah "memalukan bagi peradaban". Dia mengatakan Athena mengharapkan Ankara untuk menyelidiki insiden itu dan "melindungi ... perbatasannya dengan UE".

Perselisihan telah mencapai tingkat pemerintahan tertinggi di Turki, dengan twit atas nama presiden yang menyangkal bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi dan menyalahkan Yunani atas situasi "tidak manusiawi".

"Mesin berita palsu Yunani kembali bekerja," tulis ajudan pers utama Presiden Recep Tayyip Erdogan Fahrettin Altun di situs media sosial.

Dia menggambarkan tuduhan itu sebagai "sia-sia dan konyol", menuduh Yunani tidak menghormati para pengungsi dengan memposting foto-foto mereka.

4 dari 4 halaman

Kisruh Turki Vs Yunani

Penemuan orang-orang itu, migran tanpa busana, terjadi beberapa hari setelah sebuah laporan yang bocor oleh sebuah badan Uni Eropa mengkritik beberapa staf senior di Frontex karena menutupi dorongan ilegal para migran oleh Yunani ke Turki, sesuatu yang dibantah oleh Athena. Frontex mengatakan praktik seperti itu oleh stafnya adalah sesuatu dari masa lalu.

Bulan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggunakan pidato PBB untuk menuduh Yunani mengubah Laut Aegea menjadi "pemakaman" dan mengatakan memiliki "kebijakan yang menindas" tentang imigrasi.

Yunani berada di garis depan krisis migrasi Eropa pada 2015 dan 2016, ketika sekitar satu juta pengungsi yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan di Suriah, Irak, dan Afghanistan tiba di negara itu, terutama melalui Turki.

Jumlah kedatangan telah menurun sejak itu, tetapi pihak berwenang Yunani mengatakan mereka baru-baru ini melihat peningkatan dalam upaya kedatangan melalui perbatasan darat Turki dan pulau-pulau Yunani.

Yunani telah mendesak Turki untuk menghormati kesepakatan 2016 dengan Uni Eropa di mana Ankara setuju untuk menahan aliran migran ke Eropa dengan imbalan bantuan miliaran euro.

Athena akan segera memperpanjang pagar sepanjang 25 mil (40 kilometer) di sepanjang perbatasan utaranya dengan Turki untuk mencegah para migran memasuki negara itu, kata Theodorikakos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.