Sukses

Kebakaran di Penjara Iran, 4 Tahanan Tewas dan 61 Lainnya Alami Luka-Luka

Kebakaran di penjara Iran mengakibatkan sejumlah tahanan tewas.

Liputan6.com, Teheran - Empat tahanan tewas dan 61 lainnya luka-luka menyusul kebakaran besar di penjara Evin yang terkenal di Iran, menurut kantor berita negara Iran.

Dilansir BBC, Senin (17/10/2022), sumber-sumber di dalam penjara - yang dikenal sebagai rumah tahanan politik - mengatakan kepada BBC Persia jumlah korban lebih tinggi.

Video yang tersebar secara online menunjukkan api dan asap di lokasi di Teheran, dan suara tembakan serta ledakan dapat terdengar.

Kebakaran itu terjadi setelah berminggu-minggu protes anti-pemerintah di seluruh Iran. Ratusan dari mereka yang ambil bagian dalam protes telah dikirim ke penjara Evin.

Namun, masih belum diketahui apakah situasi di penjara terkait dengan demonstrasi.

Protes pertama kali meletus bulan lalu setelah kematian Mahsa Amini, warga Kurdi Iran berusia 22 tahun, yang meninggal dalam tahanan polisi. Para pejabat mengatakan dia meninggal karena serangan jantung, tetapi keluarganya membantahnya, dan mengatakan dia dipukuli oleh polisi moral.

Media pemerintah menyatakan peristiwa di penjara Evin tidak terkait dengan protes yang sedang berlangsung, mengutip seorang pejabat yang menyalahkan "elemen kriminal" atas kebakaran tersebut.

Berbicara dari dalam penjara, gubernur Teheran mengatakan kepada TV pemerintah bahwa ada kerusuhan di sayap penjara yang menampung penjahat kecil.

Sementara itu, Mizan News Iran mengatakan para korban mengalami kesulitan bernapas selama kebakaran di bengkel menjahit penjara. Empat dari yang terluka berada dalam kondisi kritis, lapor kantor berita itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diduga Sengaja Dibakar

Menyangkut insiden ini, beberapa jurnalis di media sosial menuduh pihak berwenang "membakar penjara dengan sengaja" karena seorang tahanan politik terkenal dipulangkan sebelum kondisi penjara pecah.

Ia adalah Mehdi Hashemi Rafsanjani - putra mendiang mantan presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani, yang diberi "pembebasan sementara awal", menurut saudaranya. 

3 dari 4 halaman

Kronologi Kebakaran

Rekaman dramatis yang memperlihatkan api dan asap pertama kali diposting di media sosial pada Sabtu malam. 

Dalam beberapa video, terdengar orang di luar penjara meneriakkan "matilah diktator" - salah satu slogan utama gerakan protes anti-pemerintah.

Tembakan dan ledakan terdengar di video lain - mendorong kelompok hak asasi untuk meningkatkan ketakutan besar akan nasib para narapidana.

Kantor berita Fars - yang terkait dengan Pengawal Revolusi Iran - awalnya mengatakan ledakan itu karena ranjau meledak setelah penjara dibobol.

"Beberapa tahanan yang berusaha melarikan diri di tengah kebakaran, berakhir di ladang ranjau di sisi utara penjara," lapornya.

Namun kemudian, agensi mengatakan bukan itu masalahnya, mengutip sumber yang mengatakan tidak ada tahanan yang menginjak ranjau.

4 dari 4 halaman

Pengalaman Mengerikan

Satu video yang diposting secara online tampaknya menunjukkan benda-benda yang ditembakkan ke dalam penjara dari luar perimeternya, diikuti oleh suara ledakan. 

Sementara itu, keluarga dan pengacara tahanan tidak diizinkan berada di dekat penjara tadi malam, dan jalan diblokir, kata keluarga seorang tahanan politik kepada BBC Persia.

Keluarga beberapa tahanan mengatakan bahwa mereka tidak dapat menghubungi kerabat mereka melalui telepon, dan koneksi internet di sekitar penjara tampaknya telah terputus. Namun, kemudian beberapa tahanan dapat menghubungi keluarga mereka untuk memberi tahu mereka bahwa mereka aman.

Suami wartawan Niloufar Hamed mengatakan bahwa dia dapat meneleponnya, dan dia mengatakan kepadanya bahwa dia baik-baik saja, tetapi tidak tahu apa yang terjadi di penjara. Dan Siamak Namazi, yang berkewarganegaraan ganda Iran-Amerika mengatakan kepada pengacaranya bahwa dia telah dipindahkan ke daerah yang aman.

Seorang mantan tahanan, yang menghabiskan 200 hari di sel isolasi di penjara, mengatakan kepada BBC bahwa itu pasti pengalaman yang menakutkan bagi para tahanan.

"Ini benar-benar menakutkan seperti berada di sel beton itu, apalagi api berkobar di luar sel Anda, ledakan terjadi, suara tembakan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.