Sukses

Vladimir Putin Rayu Erdogan Agar Rusia Bisa Ekspor Gas Lewat Turki

Presiden Vladimir Putin merayu Recep Tayyip Erdogan agar Rusia dapat mengekspor lebih banyak gas melalui Turki.

Liputan6.com, Moskow - Presiden Vladimir Putin merayu Recep Tayyip Erdogan agar Rusia dapat mengekspor lebih banyak gas melalui Turki, dan menjadikan negara itu sebagai pusat pasokan terbaru.

Rayuan Putin ini dilakukan guna mempertahankan pengaruh energi Rusia di Eropa, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Jumat (14/10/2022).

Dalam pertemuannya di Kazakhstan pada Kamis kemarin, Putin mengatakan bahwa Turki menawarkan rute yang paling dapat diandalkan untuk mengirimkan gas ke Uni Eropa.

Rusia ingin mengalihkan pasokan dari dua jalur pipa gas Nord Stream di Baltik.

Saluran ini rusak bulan lalu dalam ledakan yang masih dalam penyelidikan. Rusia menyalahkan Barat telah menyabotase jaringan pipanya.

Putin mengatakan kepada Erdogan bahwa hub itu akan menjadi “platform tidak hanya untuk pasokan tetapi juga untuk menentukan harga karena ini adalah masalah yang sangat penting”.

"Hari ini, harga sangat tinggi," katanya.

“Kami dapat dengan mudah mengatur pada tingkat pasar normal tanpa nuansa politik apa pun.”

Rusia memasok sekitar 40 persen gas Eropa sebelum invasi 24 Februari ke Ukraina, tetapi kini sudah memotong aliran dengan drastis sejak invasi.

Perusahaan gas milik negara Rusia pada Senin 25 Oktober mengumumkan pengurangan pasokan yang tidak terduga dan drastis ke Eropa, yang menyebabkan Ukraina menyerukan Barat untuk bertindak atas "perang gas".

Dikutip dari laman Channel News Asia, pemotongan gas terjadi di tengah harapan yang dijaga untuk melanjutkan ekspor komoditas utama lainnya minggu ini - gandum Ukraina - di bawah kesepakatan terobosan yang dipertanyakan oleh pemogokan oleh Moskow di pelabuhan utama Odesa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Energi Rusia

Gazprom, raksasa energi Rusia, mengatakan pihaknya memotong pengiriman harian gas ke Eropa melalui pipa Nord Stream menjadi 33 juta meter kubik per hari - sekitar 20 persen dari kapasitas pipa - mulai Rabu.

Perusahaan mengatakan menghentikan pengoperasian salah satu dari dua turbin yang beroperasi terakhir karena "kondisi teknis mesin".

Tetapi Jerman - yang sangat bergantung pada gas Rusia tetapi tampaknya mulai berhenti secara bertahap setelah invasi Moskow 24 Februari ke Ukraina - mengatakan tidak ada pembenaran teknis untuk pemotongan tersebut.

Grup Jerman Siemens Energy, yang ditugaskan untuk memelihara turbin, juga mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada AFP bahwa mereka melihat "tidak ada hubungan antara turbin dan pemotongan gas yang telah diterapkan atau diumumkan".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa pemotongan tersebut menunjukkan bahwa Eropa harus meningkatkan sanksi terhadap Rusia.

3 dari 3 halaman

Perang Gas

"Ini adalah perang gas terbuka yang dilancarkan Rusia melawan Eropa yang bersatu," kata Zelensky.

"Mereka tidak peduli apa yang akan terjadi pada rakyat, bagaimana mereka akan menderita - kelaparan karena pelabuhan yang diblokir, dari musim dingin dan kemiskinan ... atau pendudukan. Ini hanya bentuk teror yang berbeda," katanya dalam bukunya. pesan video harian.

"Makanya harus balas. Jangan pikirkan bagaimana mengembalikan turbin, tapi perkuat sanksinya," katanya.

Pengumuman Rusia datang pada hari yang sama ketika Ukraina mengumumkan menerima yang pertama dari 15 sistem anti-pesawat Gepard yang diharapkan dan puluhan ribu peluru dari Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.