Sukses

Polisi: Pelaku Penembakan di Tempat Penitipan Anak Thailand Sepertinya Dalam Pengaruh Narkoba

Liputan6.com, Na Klang - Seorang mantan polisi dengan riwayat penyalahgunaan narkoba menjadi penyerang dalam penembakan massal di Thailand pada Kamis 6 Oktober 2022 ini. 

Mantan polisi berusia 34 tahun itu telah teridentifikasi sebagai Kopral Pol Panya Kamlarb. Ia melakukan serangan penembakan massal menggunakan senjata api dan penikaman memakai pisau, di pusat penitipan anak dan menewaskan 35 orang --sebelumnya 34, 24 di antaranya adalah anak-anak. 

Dilansir dari AA News, Kamis (6/10/2022), insiden mematikan itu terjadi sekitar pukul 12.50 siang waktu Thailand di Provinsi Nong Bua Lam Phu, di sebuah tempat penitipan anak yang bertempat di kantor Administrasi Tambon uthai Sawan di Distrik Na Klang. 

Dilaporkan bahwa 12 orang lainnya yang terluka sedang dirawat. 

Setelah serangan di tempat penitipan anak itu, Kamlarb membunuh istri dan anaknya sebelum ia bunuh diri. 

"Pria bersenjata yang tewas itu tampaknya berada dalam pengaruh narkoba," kata Mayor Pol Paisal Luesomboon kepada lembaga penyiaran publik Thailand PBS News.

"Pria bersenjata itu adalah mantan polisi yang diberhentikan tahun lalu atas tuduhan penyalahgunaan narkoba," tambah Luesomboon. 

Luesomboon mengatakan Kamlarb dipersenjatai dengan senapan, pistol dan pisau.

"Kamlarb melepaskan tembakan lalu menewaskan 23 orang, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak kecil," kata Luesomboon, yang merupakan wakil komandan Polisi Wilayah 4 Thailand.

"Pria bersenjata itu juga menembaki orang yang lewat secara acak saat dia melarikan diri dari tempat penitipan anak, menewaskan sembilan orang lainnya," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penikaman

Sebelumnya disebutkan bahwa selain penembakan juga terjadi penikaman di tempat penitipan anak di Thailand.

"Sedikitnya 31 orang tewas (yang kini sudah bertambah jadi 35) dalam serangan senjata dan pisau, oleh seorang mantan polisi di pusat penitipan anak prasekolah di Thailand," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/10/2022).

Pelaku juga dikabarkan tengah diburu polisi, namun kemudian diberitakan tewas akibat menembak diri sendiri.

"Penyerang menembak dan menikam anak-anak serta orang dewasa dan sekarang dalam pelarian," kata polisi sebelumnya.

Polisi mengatakan anak-anak dan orang dewasa termasuk di antara korban tewas.

Sejauh ini belum diketahui motif penyerangan tersebut.

Laporan di Thailand mengatakan petugas itu baru-baru ini diberhentikan.

Polisi mengatakan dia terakhir terlihat mengendarai truk pikap Toyota empat pintu putih dengan plat nomor Bangkok.

Seorang perwira polisi senior di Provinsi Nong Bua Lamphu mengatakan 23 anak-anak termasuk di antara korban, lapor kantor berita AFP.

Penembakan massal di Thailand jarang terjadi. Pada tahun 2020 seorang tentara membunuh 21 orang dan melukai puluhan lainnya di kota Nakhon Ratchasima.

 
3 dari 4 halaman

12 Orang Terluka

Mengutip ABC News, jumlah korban dilaporkan terus bertambah. Sedikitnya 34 orang, terutama anak-anak, tewas dalam penembakan massal setelah seorang mantan polisi melepaskan tembakan ke sebuah pusat penitipan anak di timur laut Thailand, kata pihak berwenang.

Korban tewas termasuk sedikitnya 23 anak (sebelumnya 22), dua guru dan satu polisi.

Sedikitnya 12 orang terluka selain 34 korban jiwa.

Seorang pejabat Thailand mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa pria bersenjata itu juga membunuh istri dan anaknya selama insiden pada Kamis sore, sebelum bunuh diri.

Sekitar 30 anak berada di pusat ketika pria bersenjata itu datang sekitar waktu makan siang, kata pejabat distrik Jidapa Boonsom.

Pria itu pertama kali menembak empat atau lima staf, termasuk seorang guru yang sedang hamil delapan bulan, katanya.

"Awalnya orang mengira itu kembang api," tambahnya.

4 dari 4 halaman

KBRI Bangkok: Sejauh Ini Tak Ada WNI Korban Penembakan di Penitipan Anak Thailand

KBRI Bangkok sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Thailand, serta berkomunikasi dengan simpul masyarakat WNI perihal insiden tersebut.

"Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya WNI yang menjadi korban peristiwa penembakan di Distrik Nong Bua, Propinsi Lamphu Thailand," demikian informasi dari KBRI Bangkok dalam keterangannya yang dikutip Kamis (6/9/2022).

Penembakan terjadi di Distrik Na Klang di Provinsi Nong Bua Lamphu pada Kamis sore waktu setempat, ketika anak-anak di pusat penitipan sedang tidur. Polisi mengatakan pria bersenjata itu menembak dirinya sendiri, istri dan anaknya selama insiden itu.

Chanpen Dechpok, seorang kepala desa, mengatakan bahwa anak-anak di pusat tersebut adalah anak-anak berusia antara satu hingga tiga tahun atau familiar disebut balita.

Mayor Jenderal Paisan Leusomboon, wakil komisaris polisi, mengatakan kepada saluran Thailand PPTV HD 36 bahwa pelaku adalah mantan polisi yang baru saja dipecat dari pekerjaannya dan memiliki masalah kecanduan narkoba.

Foto-foto yang beredar menunjukkan setidaknya dua jasad di lantai tengah ditutupi kain putih. Sebuah rumah sakit setempat dilaporkan telah meminta pasokan darah.

Tingkat kepemilikan senjata di Thailand tinggi dibandingkan dengan beberapa negara lain di kawasan itu, tetapi angka resmi tidak termasuk sejumlah besar senjata ilegal. Banyak di antaranya telah dibawa melintasi perbatasan selama bertahun-tahun dari tetangga yang dilanda perselisihan.

Penembakan massal di Thailand jarang terjadi, tetapi pada tahun 2020 seorang tentara yang marah atas kesepakatan properti menewaskan sedikitnya 29 orang dan melukai 57 dalam amukan yang membentang di empat lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.