Dubes AS Yohannes Abraham Serahkan Surat Kepercayaan kepada Sekjen ASEAN

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 06 Okt 2022, 18:35 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 18:35 WIB
Dubes AS Yohannes Abraham Serahkan Surat Kepercayaan kepada Sekjen ASEAN (Kedubes AS)
Perbesar
Dubes AS Yohannes Abraham Serahkan Surat Kepercayaan kepada Sekjen ASEAN (Kedubes AS)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat yang baru untuk ASEAN Yohannes Abraham menyerahkan surat kepercayaannya kepada Sekretaris-Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi pada 5 Oktober 2022 di Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Dubes Abraham dilantik dan diambil sumpah oleh Wakil Presiden Kamala Harris pada 19 September 2022, demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Kedubes AS, Kamis (6/10/2022).

Sebelum menjabat posisi ini, Dubes Abraham bertugas di Gedung Putih sebagai Asisten Deputi Presiden, Kepala Staf, dan Sekretaris Eksekutif Dewan Keamanan Nasional.

Sebelumnya, menjabat Direktur Eksekutif Transisi Biden-Harris, dan mengelola kegiatan harian dan mengawasi keamanan nasional, ekonomi, dan kebijakan domestik dan tim personel.

Selama pemerintahan Obama-Biden, Dubes Yohannes Abraham menjabat sebagai Asisten Deputi Presiden dan Penasihat Senior Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, serta Kepala Staf Kantor Urusan Publik dan Antar Pemerintah Gedung Putih. Dia juga bekerja sebagai Penasihat Senior Obama Foundation dan mengajar di Harvard Kennedy School of Government.

Dubes Abraham berasal dari Springfield, dan meraih gelar BA dari Yale College dan MBA dari Harvard Business School.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Deputi Administrator USAID Isobel Coleman ke Indonesia, Perkuat Kemitraan AS-ASEAN

Perjalanan Deputi Administrator USAID Coleman ke Jakarta.
Perbesar
Perjalanan Deputi Administrator USAID Coleman ke Jakarta. (Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia).

Pada 9-10 September 2022, Deputi Administrator USAID, Isobel Coleman berkunjung ke Jakarta. Kedatangannya untuk menegaskan kemitraan yang telah berjalan lama dengan pemerintah dan rakyat Indonesia.

"Administrator Coleman bertemu dengan staf USAID Indonesia untuk merayakan rekam jejak panjang keberhasilan USAID bersama Indonesia dalam mempromosikan pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, keadilan dan kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi, dan perlindungan lingkungan hidup," ujar Shejal Pulivarti selaku Pelaksana Tugas Juru Bicara dari Departemen Luar Negeri AS, Shejal Pulivarti, ‎seperti dikutip dari pernyataan tertulis Kedutaan Besar AS di Indonesia, yang dikutip Rabu (14/9/2022).

"Deputi Administrator bertemu dengan staf lokal USAID Indonesia dan menyatakan terima kasih atas dukungan penuh dan dedikasi mereka untuk masyarakat Indonesia," lanjut Shejal Pulivarti. 

Menurut Shejal Pulivarti, Deputi Administrator memahami kesulitan yang terus dihadapi Indonesia dalam mengatasi pandemi COVID-19 dan memuji staf yang terus mendukung pelaksanaan vaksinasi dan membawa Indonesia semakin mendekati pemulihan ekonomi secara penuh.

Dalam kunjungan tersebut, Deputi Administrator bertemu dengan Wakil Sekretaris Jenderal Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk memperkuat komitmen Amerika Serikat.

"Selama kunjungannya, Deputi Administrator bertemu dengan Wakil Sekretaris Jenderal Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk memperluas keterlibatan kami dengan ASEAN, termasuk di bidang energi terbarukan, dan menggarisbawahi pentingnya sentralitas ASEAN di kawasan ini."

 


Memperkuat Kemitraan dengan ASEAN

Bendera ASEAN
Perbesar
Ilustrasi ASEAN. (Gunawan Kartapranata/Creative Commons)

Deputi Administrator, sambung Shejal Pulivarti, juga menyoroti bagaimana USAID secara langsung mendukung elemen-elemen kunci Strategi Indo-Pasifik AS, yang bertujuan untuk memajukan kawasan ini agar lebih sejahtera, terhubung, dan tangguh, dengan ASEAN sebagai mitra penting dalam mencapai tujuan tersebut. 

"Secara khusus, Deputi Administrator menekankan bagaimana kegiatan USAID dengan ASEAN memperkuat kemitraan AS-ASEAN di bidang perdagangan, pengembangan sektor digital, dan energi," kata Shejal Pulivarti.

Pada kunjungan ini, Deputi Administrator Coleman, bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Cecep Herawan dukung kawasan Indo-Pasifik.

"Deputi Administrator Coleman kemudian bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Cecep Herawan untuk membahas kemitraan pembangunan AS-Indonesia dan memperdalam komitmen bersama untuk mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".

Deputi Administrator juga bertemu dengan jurnalis dan para pegiat hak asasi manusia Indonesia, untuk mendengarkan langsung isu-isu terkini yang mempengaruhi demokrasi di Indonesia. 

Ia menyoroti dukungan USAID untuk organisasi masyarakat sipil di Indonesia dan peran penting yang dimainkan oleh media dan pejuang hak dalam membela perlawanan terhadap otoritarianisme, memajukan penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan memerangi korupsi.


Dukungan AS Kepada Indonesia

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)
Perbesar
Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Deputi Administrator Coleman kemudian bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, untuk menyampaikan dukungan berkelanjutan AS kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mengatasi krisis iklim dan berbagai tantangan mendesak lainnya yang dihadapi Indonesia. 

Deputi Administrator Coleman memuji kepemimpinan dan pencapaian Indonesia sebagai ketua G20, terutama prioritasnya untuk menggalang aksi bersama dalam memperkuat ketahanan pangan dan energi, memerangi pandemi COVID-19, mengatasi krisis iklim, dan mengatasi volatilitas ekonomi global. 

Deputi Administrator mengakhiri kunjungannya setelah bertemu dengan para staf Amerika di USAID untuk menggarisbawahi prioritas program USAID dan mendengarkan cerita tentang pekerjaan dan pengalaman mereka bertugas di Indonesia.

INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya