Sukses

Prihatin Hak Pekerja Migran Qatar, Paris Boikot Siaran Pertandingan Piala Dunia 2022

Paris tidak akan menyiarkan pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 dengan layar raksasa di zona publik.

Liputan6.com, Prancis - Paris tidak akan menyiarkan pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 dengan layar raksasa di zona publik. Upaya itu dilakukan di tengah keprihatinan seputar pelanggaran hak-hak pekerja migran di Qatar, dan dampak lingkungan dari penyelanggaraan turnamen tersebut di negara tersebut.

Langkah tersebut mengikuti keputusan sejumlah kota di Prancis lainnya, meskipun Prancis datang ke dalam kompetisi tersebut sebagai juara bertahan.

"Kami memiliki kekhawatiran dengan kondisi lingkungan dan sosial di balik (penyelenggaraan) turnamen ini dan (Piala Dunia 2022 Qatar) bukanlah contoh yang baik dari peristiwa besar yang hendak kami promosikan di Paris,” kata Pierre Rabadan, deputi wali kota Paris untuk urusan olah raga, pada Selasa 4 Oktober 2022 seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Langkah tersebut diambil meskipun klub sepak bola di kota itu, Paris Saint-Germain, dimiliki oleh Qatar Sports Investments.

Meskipun Paris tidak langsung mengkritik Qatar, semakin banyak kota di Prancis menolak untuk memasang layar televisi besar guna menyiarkan pertandingan Piala Dunia karena memrotes catatan hak asasi manusia Qatar.

"Membatalkan acara nonton bareng Piala Dunia Qatar, kota ini hendak mengirimkan pesan kepada badan sepak bola dunia FIFA tentang dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh penyelenggaraan piala dunia di Qatar," ujar Wakil Wali Kota Lille, Arnaud Deslandes.

Qatar, negara yang kaya akan minyak, telah mendapat kritik keras dalam satu dekade terakhir soal perlakuan mereka terhadap para pekerja migran, yang kebanyakan berasal dari Asia Selatan, yang dipekerjakan untuk membangun sejumlah stadion bernilai miliaran dolar, jalur metro, jalan raya dan juga hotel untuk persiapan menuju Piala Dunia 2022. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nobar di Bar dan Hotel Selama Piala Dunia 2022 Qatar Bakal Sepi, Ini Penyebabnya

Nonton bareng alias Nobar Piala Dunia 2022 di hotel atau bar di Qatar bakalan sepi. Para penggemar sepakbola yang datang jauh-jauh dan mengeluarkan banyak uang bakalan kecewa karena tidak bisa menikmati nobar. Padahal pasti seru nobar di bar dan restoran bersama fans sepakbola dari berbagai negara.

Seperti dilansir dari Daily Mail, pihak bar dan restoran memastikan tidak bisa menyajikan siaran langsung gelaran Piala Dunia 2022. Termasuk juga untuk di kamar hotel, apartemen dan vila.

Penyebabnya tak lain mahalnya harga dari BeIN sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022.  

BeIN mematok charge sebesar mahal, yaitu 100 ribu rial atau 24 ribu poundsterling (Rp 408 juta bagi bar dan restoran yang ingin menayangkan pertandingan Piala Dunia 2022 untuk para tamunya. Besarnya charge ini tentu dinilai memberatkan.

Ashley Brown dari tim 'Free Lions' Asosiasi Pendukung Sepakbola (FSA), yang bekerja untuk membantu para penggemar yang ingin pergi ke turnamen, mengatakan hal itu bisa menambah rasa frustrasi para fans setia yang datang ke Qatar.

'Penggemar sekarang menghadapi kemungkinan menyewa vila, apartemen, kamar hotel, dan akomodasi lain dimana mereka tidak dapat menonton pertandingan,” tambahnya.

Meskipun Piala Dunia 2022 tinggal dalam hitungan minggu tetap tak menyurutkan banyak penggemar untuk datang ke Qatar. Namun mereka harus menghadapi kenyataan sulit dan mahalnya akomodasi serta penginapan.

Hal itu sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Meski Komite Tertinggi untuk Pengiriman dan Warisan Qatar menyatakan akan menyiapkan hingga 130.000 kamar saat turnamen berlangsung, tetap saja tarif akomodasi yang tersedia sangatlah tinggi.

3 dari 4 halaman

Mahal

Para pengelola turnamen juga menyediakan akomodasi tambahan, seperti menawarkan konsep berbagi kamar di apartemen-apartemen kosong, vila, hingga tenda-tenda tradisional di gurun dan kampung-kampung para pendukung tim Piala Dunia.

Seperti dikatakan oleh salah satu pendukung tim nasional Amerika Serikat, Anas Fiali yang menyebut dirinya turis dengan anggaran terbatas, tak ada pilihan akomodasi dengan harga terjangkau.

Berbicara kepada BBC, ia menyebut kabin-kabin yang direfabrikasi di desa-desa dan dibangun di gurun di pinggiran Doha saja, misalnya, dibanderol sekitar 207 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta per malam.

"Harga segitu jelas mahal sekali. Kamar-kamar Airbnb juga sangat mahal. Saya berharap bisa menemukan pilihan yang lebih murah ketika tiba di sana," ungkapnya.

Penduduk setempat juga diizinkan untuk menjamu para pendukung tim sepak bola itu di rumah mereka. Namun, tarifnya juga tak murah.

Alternatif penginapan lainnya, seperti dilansir dari hoteliermiddleeast.com, Senin (3/10/2022) hotel seperti Le Park Hotel di Doha Barat, Crowne Plaza di Doha Taman Bisnis, Warwick Doha dan JW Marriott Marquis City Center sekarang memiliki kamar yang tersedia.

 

4 dari 4 halaman

Harga

Harga termurah misalnya adalah Le Park Hotel, mulai dari QAR605 (USD 169) semalam, sedangkan JW Marriott termahal dengan biaya QAR3,318 (USD 929) per malam.

Namun, ada juga banyak apartemen dan vila yang tersedia untuk dipesan. Fan Village Cabins Free Zone terletak 6km di sebelah barat bandara, dengan biaya QAR740 (USD 207) per malam.

Fan Village Cabins Rawdat Al Jahhaniya, yang terletak di dekat Mall of Qatar, harganya sama. Fan Village Cabins Zafaran di sebelah utara kota Lusail juga memiliki harga yang sama, seperti halnya Desa Fan di Pulau Qetaifan Utara.

Fan Village Al Khor berharga QAR1,512 (USD 423) per malam. Sementara Fan Village Caravan City berharga QAR407 (USD 114) semalam. Yang paling mahal adalah Fan Village Heenat Salma Farm, dengan harga QAR7,312 (USD 2,048) per malam.

Tak hanya penggemar, keluarga dan kerabat para pemain timnas Inggris juga merasakan mahalnya biaya perjalanan dan akomodasi untuk menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Para pemain Inggris, dikutip dari Mirror (28/9/2022), diperkirakan harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membiayai kehadiran keluarga dan kerabatnya di Qatar selama menyaksikan Piala Dunia 2022.

Para pemain bisa menghabiskan ratusan ribu poundsterling (miliaran rupiah) untuk penerbangan, akomodasi mewah dan biaya perjalanan untuk turnamen musim dingin di Qatar.

Terkait mahalnya ongkos menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar sudah disampaikan oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) kepada pemain di Hotel Hilton, Wembley pada 26 September 2022, sebelum duel antara Inggris dan Jerman di UEFA Nations League.FA sendiri telah menyediakan akomodasi untuk keluarga dan kerabat pemain timnas Inggris. Mereka menyediakan hotel atau menawarkan penginapan di kapal pesiar mewah dengan harga per paket mencapai 6 ribu poundsterling (Rp97 juta).

Paket yang ditawarkan belum termasuk penerbangan dari Doha ke Qatar yang hanya 35 menit, tapi biaya tiketnya meningkat lebih dari 600 poundsterling (Rp9,7 juta) karena tingginya permintaan.

Untuk merealisasi kehadiran keluarga dan kerabat minimal 10 orang, beberapa pemain bisa mengeluarkan biaya keseluruhan lebih dari 100 ribu poundsterling (Rp1,6 miliar). Jumlah itu termasuk biaya perjalanan dan biaya hidup selama sebulan di Qatar.

Sedangkan penggemar Three Lions, bisa memilih ongkos yang lebih murah dengan tinggal di kapal pesiar seharga 150 poundsterling (Rp2,4 juta) per malam. Jumlah itu sudah termasuk makanan dan minuman untuk kategori penggemar.

Brian, ayah Jordan Henderson malah memutuskan untuk tidak berangkat ke Qatar karena banyaknya pertimbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.