Sukses

6 Oktober 1981: Penembakan Presiden di Parade Militer, Mesir Umumkan Keadaan Darurat

Sejarah hari ini mencatat bahwa Presiden Sadat dari Mesir terbunuh, setelah ditembak oleh orang-orang bersenjata. Penembakan ketika dia menyaksikan pertunjukan udara di sebuah parade militer.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah hari ini mencatat bahwa Presiden Sadat dari Mesir meninggal dunia. Ia terbunuh, setelah ditembak oleh orang-orang bersenjata.

Pada 6 Oktober 1981, pelaku penembakan melepas tembakan ketika dia menyaksikan pertunjukan udara di sebuah parade militer. Sejumlah pejabat tinggi lainnya termasuk diplomat asing tewas atau terluka parah.

Pihak berwenang Mesir kemudian mengumumkan keadaan darurat.

Kala itu, Presiden Sadat menghadiri peringatan kedelapan perang Yom Kippur dengan Israel sebagai Panglima Angkatan Bersenjata.

Dia telah memberi hormat, meletakkan karangan bunga dan sedang menonton pertunjukan dari Angkatan Udara Mesir ketika dua granat meledak.

Orang-orang bersenjata kemudian melompat dari sebuah truk militer di depan tribun peninjauan presiden dan berlari ke arah penonton, menyapu para pejabat dengan tembakan otomatis.

Meskipun biasanya sejumlah besar personel keamanan dikerahkan untuk acara seremonial, saksi mata mengatakan para penyerang mampu terus menembak selama lebih dari satu menit.

Pada saat pengawal Presiden Sadat membalas tembakan, setidaknya sepuluh orang terbaring terluka parah atau tewas di dalam tribun.

Pasukan keamanan kemudian menembak dan membunuh dua penyerang dan mengalahkan sisanya, ketika kerumunan penonton militer dan sipil berebut perlindungan.

Presiden Sadat diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit militer. Dia diyakini telah meninggal sekitar dua jam kemudian.

"Amerika telah kehilangan seorang teman yang hebat, dunia telah kehilangan seorang negarawan yang hebat, dan umat manusia telah kehilangan seorang pejuang perdamaian," kata Presiden AS Ronald Reagan seperti dikutip dari BBC on This Day.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Informasi dari Orang Dalam: Intel?

Ketepatan serangan yang dikoordinasikan telah menimbulkan kecurigaan bahwa para penyerang mendapat informasi dari intelijen dan dukungan tingkat tinggi.

Sebuah kelompok yang menamakan dirinya Independent Organisation for the Liberation of Egypt (Organisasi Independen untuk Pembebasan Mesir) mengatakan mereka melakukan serangan, tetapi klaim tersebut belum diverifikasi.

Setelah pembunuhan Presiden Sadat, lebih dari 700 orang ditangkap.

Dua puluh lima orang menghadapi persidangan rahasia, lima di antaranya kemudian dieksekusi, dan 17 lainnya dijatuhi hukuman penjara dan kerja paksa.

Wakil Presiden Hosni Mubarak menggantikan Presiden Sadat sebagai kepala negara.

 

3 dari 4 halaman

Pro-Kontra Respons Kematian Presiden Sadat

Reaksi atas kematian Presiden Sadat beragam.

Presiden Reagan mengutuk kematian Anwar Sadat sebagai tindakan pencemaran nama baik. Dia berkata: "Amerika telah kehilangan seorang teman yang hebat, dunia telah kehilangan seorang negarawan yang hebat, dan umat manusia telah kehilangan seorang pejuang perdamaian."

Tapi banyak yang merayakan berita itu. Di Libya, radio Tripoli mengatakan setiap tiran memiliki akhir, ketika ribuan orang turun ke jalan-jalan ibu kota dalam kegembiraan.

Palestinian Liberation Organisation (PLO) atau Organisasi Pembebasan Palestina juga tidak mengutuk pembunuhan itu.

Nabil Ramlawi, seorang pejabat PLO, mengatakan: "Kami mengharapkan akhir dari Presiden Sadat ini karena kami yakin dia bertentangan dengan kepentingan rakyatnya, negara-negara Arab dan rakyat Palestina."

 

4 dari 4 halaman

Sekilas Sosok Presiden Sadat

Presiden Sadat adalah pemimpin Arab pertama yang mengakui negara Israel, sejak pembentukannya pada tahun 1948. Meskipun populer di Barat karena upayanya untuk berdamai dengan Israel, kebijakannya mengecewakan banyak dunia Arab.

Di bawah Presiden Sadat, Mesir menandatangani kesepakatan Camp David dengan Israel pada tahun 1978 yang menguraikan "kerangka kerja untuk perdamaian di Timur Tengah". Ini termasuk otonomi terbatas bagi Palestina.

Sebuah perjanjian damai bilateral Mesir-Israel yang bersejarah ditandatangani pada tahun berikutnya. Negara-negara Arab memboikot Mesir karena melanggar batas dan merundingkan perjanjian terpisah dengan Israel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.