Relawan Peace Corps AS Akan Kembali Dikirim ke Indonesia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 06 Okt 2022, 08:04 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 08:04 WIB
Peace Corps, sebuah lembaga independen pemerintah Amerika Serikat yang mempromosikan perdamaian dan persahabatan dunia, mengumumkan kembalinya para Relawan ke Indonesia pada Januari 2023 (Kedubes AS).
Perbesar
Peace Corps, sebuah lembaga independen pemerintah Amerika Serikat yang mempromosikan perdamaian dan persahabatan dunia, mengumumkan kembalinya para Relawan ke Indonesia pada Januari 2023 (Kedubes AS).

Liputan6.com, Jakarta - Peace Corps, sebuah lembaga independen pemerintah Amerika Serikat yang mempromosikan perdamaian dan persahabatan dunia, mengumumkan kembalinya para Relawan ke Indonesia pada Januari 2023.

Peace Corps mengumumkan kembalinya relawan mereka ke Indonesia dalam sebuah acara resepsi bertempat di MyAmerica Jakarta di Kedutaan Besar AS yang mempertemukan mitra pemerintah, Relawan Purna Tugas Peace Corps, serta guru dan murid dari sekolah mitra Peace Corps.

Acara tersebut bertujuan untuk merayakan keberhasilan kegiatan staf Peace Corps dan mitra sekolah di Indonesia yang telah bekerja bersama selama pandemi untuk mengatasi tantangan pembelajaran virtual dan mempersiapkan guru untuk dapat kembali melaksanakan pembelajaran di ruang kelas.

Selain kehadiran langsung di lokasi acara, lebih dari 90 kepala sekolah dan guru dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur mengikuti acara tersebut melalui siaran langsung secara daring, demikian disampaikan Kedubes AS ke Liputan6.com, Kamis (6/10/2022).

Pada acara tersebut, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim, menggarisbawahi pekerjaan penting Relawan Peace Corps dan mitra komunitas mereka, seraya mengatakan; “Saya sangat senang bahwa kami sekarang dapat mempersiapkan kembalinya Relawan Peace Corps ke Indonesia, dan memiliki sekelompok orang yang berbakat dan bermotivasi untuk bekerja dengan Peace Corps guna memperluas hubungan antara kedua negara kita.”

Lebih dari 7.300 Relawan Peace Corps AS telah bekerja di 62 negara ketika semua Relawan dievakuasi pada Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


116 Relawan AS Ada di Indonesia

Ribuan Bendera AS Sambut Pelantikan Joe Biden
Perbesar
Capitol AS terlihat di antara bendera-bendera yang ditempatkan di National Mall menjelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden di Washington, Senin (18/1/2021). Acara pengambilan sumpah Joe Biden akan berada dalam situasi berbeda dari pelantikan-pelantikan sebelumnya. (AP Photo/Alex Brandon)

Saat itu, Peace Corps Indonesia memiliki 116 Relawan pengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (Teaching English as a Foreign Language) di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

“Seiring dengan tingkat vaksinasi yang tinggi di Indonesia dan penurunan drastis risiko yang terkait dengan COVID-19, dengan senang hati saya menyampaikan berita bahwa Peace Corps Indonesia berencana untuk menyambut calon Relawan kami pada awal Januari 2023. Setelah menempuh pelatihan intensif selama hampir tiga bulan, kelompok calon Relawan ini akan diambil sumpah sebagai Relawan Peace Corps pada akhir Maret dan kemudian akan bekerja selama dua tahun melayani masyarakat di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur sebagai guru Bahasa Inggris dan pelatih guru,” kata Jennifer Goette, Country Director Peace Corps Indonesia.

Mewakili pemerintah Indonesia, Iwan Freddy Hari Susanto, Direktur Amerika I Kementerian Luar Negeri, menegaskan kembali dukungan pemerintah terhadap kembalinya Relawan Peace Corps untuk bertugas, “Negara kita sangat berkomitmen untuk memulai proses mendatangkan kembali Relawan Peace Corps. Ini tentunya merupakan tonggak besar dan batu loncatan yang kokoh untuk kerja sama kita di masa depan.”


Tentang Peace Corps dan Peace Corps Indonesia

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)
Perbesar
Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Misi Peace Corps adalah untuk mendorong persahabatan dan perdamaian Dunia. Sejak 1961, Peace Corps telah bekerja di 142 negara di seluruh dunia untuk memperlihatkan salah satu kekuatan watak bangsa Amerika: kesediaan untuk membantu sesama.

Saat ini lebih dari 7.300 Relawan Peace Corps bertugas di 65 negara. Peace Corps merupakan organisasi dengan asas people-to-people, yakni menyediakan sumber daya manusia untuk membantu dalam pembangunan masyarakat.

Sebelum ditugaskan, para Relawan Peace Corps menjalani Pelatihan Pra-Tugas selama 11 minggu di Indonesia untuk menyiapkan mereka agar bisa bekerja secara efektif di sekolah dan masyarakat tempat mereka ditugaskan.

Dalam pelatihan ini mereka juga belajar Bahasa Indonesia dan/atau salah satu bahasa daerah di Indonesia.

Di samping mengajar minimal 20 jam per minggu dan membantu kegiatan-kegiatan pelatihan guru Bahasa Inggris di tingkat sekolah dan di kecamatan, atau kabupaten, Relawan Peace Corps juga memberikan les Bahasa Inggris untuk masyarakat sekitar, serta terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mereka.


Keterlibatan Relawan

Bendera AS
Perbesar
Ilustrasi negara Amerika Serikat merayakan Memorial Day. Credits: pexels.com by Brett Sayles

Para relawan ini juga terlibat dalam proyek di luar kelas, di antaranya, klub bahasa Inggris, kemah kepemimpinan, lomba bahasa Inggris, tutor, pengembangan perpustakaan, kegiatan untuk mendorong minat baca, serta pelatihan untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris.

Agar bisa membaur dengan masyarakat, para Relawan Peace Corps di Indonesia tinggal dengan keluarga asuh sepanjang masa penugasan mereka. Keluarga ini diusulkan oleh pihak sekolah, dan dikunjungi serta diseleksi oleh staf Peace Corps.

Relawan Peace Corps tidak menerima gaji. Mereka hidup mengikuti standar masyarakat setempat dan menjadi bagian dari masyarakat dan sekolah penugasannya.

Sebuah Tim Teknis yang terdiri dari berbagai kementerian dan institusi tingkat provinsi dan dikoordinatori oleh Direktorat Amerika I Kementerian Luar Negeri dibentuk untuk mengelola dan menaungi Peace Corps Indonesia.

Sekolah yang tertarik untuk mendapatkan relawan dapat melakukan aplikasi melalui situs web Peace Corps Indonesia.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya