Sukses

Dekret Zelensky: Tak Mungkin Adakan Pembicaraan dengan Putin

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menandatangani dekret untuk memberlakukan keputusan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (NSDC).

Liputan6.com, Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menandatangani dekret untuk memberlakukan keputusan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (NSDC).

Isinya yaitu, mengesampingkan negosiasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, demikian disampaikan oleh layanan pers Zelensky, dikutip dari Xinhua, Rabu (5/10/2022).

Dokumen tersebut dipublikasikan di situs Zelensky, menuliskan bahwa NSDC Ukraina menganggap mengadakan pembicaraan dengan Putin "tidak mungkin."

Dalam dekretnya, Zelensky juga menginstruksikan pemerintah untuk menyiapkan proposal pembuatan sistem jaminan keamanan multi-level yang dirancang untuk meningkatkan potensi pertahanan Ukraina.

Pada 30 September 2022, NSDC mengadopsi keputusan yang bertujuan untuk menjamin keamanan Ukraina dan memulihkan integritas teritorialnya menyusul pengakuan resmi Moskow atas empat wilayah Ukraina, yang sebagian dikendalikan oleh Rusia sebagai wilayahnya.

Para perunding dari Ukraina dan Rusia mengadakan putaran terakhir pembicaraan damai tatap muka di Istanbul, Turkiye, pada 29 Maret 2022.

Sementara itu, untuk melawan Rusia, paket bantuan keamanan terbaru dari pemerintahan Presiden Joe Biden akan dikirim ke Ukraina. Mencakup empat sistem roket artileri dengan mobilitas tinggi (HIMARS), amunisi, ranjau, dan kendaraan anti-ranjau, demikian dilaporkan oleh Reuters pada Senin (3/10). Laporan tersebut mengutip dua sumber yang menerima pengarahan mengenai paket bantuan senilai US$ 625 juta (Rp9,5 triliun).

Paket tersebut, yang diperkirakan akan diumumkan secara resmi pada Selasa (4/10), merupakan paket bantuan pertama sejak Rusia mengumumkan pelaksanaan referendum di beberapa wilayah Ukraina yang mereka kuasai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukraina Bikin Kemajuan Lawan Rusia

Paket tersebut juga menjadi Presidential Drawdown Authority (PDA) kedua sejak Ukraina berhasil membuat kemajuan besar di medan tempur pada pertengahan September. PDA adalah wewenang presiden untuk mengalokasikan peralatan militer, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (5/10/2022).

Rusia mendeklarasikan aneksasi terhadap sejumlah wilayah Ukraina dan mengadakan apa yang mereka sebut sebagai “referendum” di wilayah-wilayah tersebut. Pemerintahan negara-negara Barat dan Kyiv mengatakan, referendum itu melanggar hukum internasional serta bersifat memaksa dan tidak mewakili kehendak warganya.

Lewat PDA tersebut, keempat peluncur HIMARS dan roket pelengkapnya, ditambah sekitar 200 kendaraan anti-ranjau taktis MRAP, serta amunisi untuk meriam Howitzer dan ranjau, bisa dikirim ke Ukraina dalam beberapa hari ke depan.

PDA memungkinkan pemerintah AS mengalihkan peralatan dan jasa dari stok militer dengan segera tanpa persetujuan kongres untuk menanggapi situasi darurat.

Paket bantuan itu merupakan paket pertama pemerintah Amerika Serikat untuk tahun fiskal 2023, yang saat ini beroperasi di bawah sistem anggaran sementara dan memungkinkan Presiden Biden untuk mengalokasikan surplus persenjataan senilai US$3,7 miliar untuk dikirim ke Ukraina hingga pertengahan Desember nanti.

3 dari 4 halaman

Joe Biden Umumkan Bantuan Senjata Senilai 1 Miliar Dolar untuk Ukraina

Pada Juni lalu, Presiden Joe Biden mengumumkan suntikan senjata baru senilai US$1 miliar untuk Ukraina yang menurut sumber-sumber yang mengetahui paket itu termasuk sistem roket anti-kapal, roket artileri, dan peluru untuk howitzer.

Dalam panggilan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Biden mengatakan dia memberi tahu pemimpin yang diperangi tentang persenjataan baru.

"Saya memberi tahu Presiden Zelenskyy bahwa Amerika Serikat memberikan bantuan keamanan US$1 miliar lagi untuk Ukraina, termasuk artileri tambahan dan senjata pertahanan pantai, serta amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Presiden juga mengumumkan bantuan kemanusiaan tambahan sebesar US$225 juta untuk membantu orang-orang di Ukraina, termasuk dengan menyediakan air minum yang aman, pasokan medis dan perawatan kesehatan penting, makanan, tempat tinggal, dan uang tunai untuk keluarga guna membeli barang-barang penting.

Paket bantuan, yang datang saat Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin bertemu dengan sekutu di Brussel, dapat dibagi menjadi dua kategori: transfer barang pertahanan berlebih dari stok AS dan senjata lain yang didanai oleh Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), sebuah program terpisah yang disahkan secara kongres.

Tiga sumber yang mengetahui rinciannya, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa satu paket sekitar US$350 juta diharapkan mencakup lebih banyak roket untuk Multiple Launch Rocket Systems (MLRS) yang telah dikirim ke Ukraina dan peluru artileri untuk howitzer M777 dan suku cadang.

4 dari 4 halaman

Bantuan dari AS

Paket kedua, diperkirakan berjumlah lebih dari US$ 650 juta dan didanai menggunakan USAI, dapat mencakup peluncur rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, radio aman, penglihatan malam dan pelatihan.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia pada hari Rabu menuduh negara-negara Barat "memerangi perang proksi dengan Rusia," mengatakan kepada wartawan: "Saya ingin mengatakan kepada negara-negara Barat yang memasok persenjataan ke Ukraina - darah warga sipil ada di tangan Anda."

Ukraina mendesak Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya untuk pengiriman cepat senjata dalam menghadapi tekanan yang meningkat dari pasukan Rusia di wilayah Donbass timur.

Oleksandra Ustinova seorang anggota Parlemen Ukraina mengatakan kepada wartawan di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Dana Marshall Jerman: "Kami membutuhkan semua senjata ini untuk dikonsentrasikan dalam sekejap untuk mengalahkan Rusia, tidak hanya terus datang setiap dua atau tiga minggu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.