Sukses

Korban Tewas Akibat Badai Ian Kini Sentuh Angka 90, Evakuasi Masih Dilakukan

Badai Ian di Florida telah menewaskan 90 orang.

Liputan6.com, Miami - Korban tewas akibat Badai Ian dilaporkan telah meningkat menjadi lebih dari 90 orang di Florida saat upaya penyelamatan korban masih terus dilakukan. 

Dilansir Channel News Asia, Selasa (4/10/2022), para pejabat di Florida mendapat kecaman karena para kritikus menuduh penduduk di beberapa daerah yang terkena dampak parah tidak menerima cukup peringatan sebelumnya untuk mengungsi.

Setidaknya setengah dari kematian yang tercatat sejauh ini berada di Kabupaten Lee, di mana badai Ian dikategorikan sebagai badai Kategori 4.

Presiden Joe Biden diperkirakan akan mengunjungi Florida pada hari Rabu besok.

Pada hari Senin, Biden mengunjungi Puerto Rico - yang dilanda Badai Fiona hanya beberapa hari sebelum truk Ian Florida - di mana dia menjanjikan $60 juta (£53m) bantuan untuk membantu wilayah AS.

"Kami akan memastikan Anda mendapatkan setiap dolar yang dijanjikan," katanya di kotamadya Ponce, yang sebagian masih tanpa listrik pada hari Senin.

Jumlah korban tewas akibat badai di Florida naik menjadi sedikitnya 94 pada Senin sore. 

Empat kematian lainnya telah dikonfirmasi di North Carolina.

Komisi Pemeriksa Medis Distrik Florida, bagaimanapun, telah menempatkan korban tewas di angka 58. Angka-angka berbeda karena sementara pejabat lokal dapat melaporkan kematian tambahan terkait badai, petugas pemeriksa medis hanya menghubungkan kematian dengan badai setelah otopsi dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban Kematian

Mayoritas kematian, yakni sebanyak 54, telah dilaporkan di Lee County, yang meliputi daerah yang terkena dampak parah Fort Myers, Sanibel dan Pine Island, kata Sheriff Carmine Marceno pada konferensi pers pada hari Senin.

Marceno mengatakan akses ke daerah pantai Fort Myers sedang dibatasi untuk memungkinkan pihak berwenang untuk menyelidiki kematian dan untuk melestarikan TKP potensial. 

Dia menambahkan bahwa beberapa penangkapan telah dilakukan setelah insiden penjarahan dilaporkan.

Pada hari Jumat, Gubernur Florida Ron DeSantis menggambarkan daerah itu sebagai "ground zero" untuk badai.

3 dari 4 halaman

Jumlahnya Belum Pasti

Kebingungan mengenai jumlah korban tewas sering terjadi setelah badai. Pada tahun 2020, misalnya, kurang dari 20 kematian dilaporkan dari Badai Laura beberapa hari setelah terjadi di Louisiana - angka yang kemudian direvisi oleh Pusat Badai Nasional menjadi 47. 

Sementara jumlah korban tewas akibat Badai Ian telah menjadikannya salah satu badai paling mematikan dalam ingatan baru-baru ini, jumlah itu masih sedikit dibandingkan dengan Badai Katrina tahun 2005, yang menewaskan lebih dari 1.800 orang.S

etelah badai, para pejabat di Kabupaten Lee menghadapi pertanyaan tentang waktu perintah evakuasi mereka, yang dikeluarkan pada 27 September, kurang dari 24 jam sebelum Ian mendarat. 

Beberapa kabupaten lain di jalur badai yang datang mengeluarkan perintah evakuasi mereka sendiri sehari sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Hadapi Badai

Pejabat lokal, serta Gubernur DeSantis, telah mengatakan bahwa persiapan Kabupaten Lee untuk badai cukup terencana.

"Semua orang ingin fokus pada rencana yang mungkin dilakukan secara berbeda," kata Sheriff Lee County Carmine Marceno. 

"Saya mendukung 100% komisaris county saya, manajer county saya. Kami melakukan apa yang harus kami lakukan pada saat yang sama. Saya tidak akan mengubah apa pun."

Sebuah dokumen perencanaan tahun 2015 di situs resmi pemerintah Lee County mencatat bahwa "karena populasi kita yang besar dan sistem yang terbatas, Florida Barat Daya adalah tempat tersulit di negara ini untuk dievakuasi dalam bencana." 

Dokumen tersebut menambahkan bahwa prosedur pengambilan keputusan evakuasi mempertimbangkan "risiko evakuasi, gangguan terhadap kehidupan penghuni/pengunjung kami, bisnis, dan besarnya potensi ancaman yang akan datang".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.